Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kuota Smartfren Unlimited dengan Mudah

Apakah kalian merupakan pengguna salah satu provider layanan internet terbaik di Indonesia, yaitu Smartfren? Kalau iya, kalian tentu harus tahu bagaimana caranya mengecek kuota Smartfren kalian, dong! Dengan begitu, kalian selalu bisa memantau kuota internet yang masih tersisa sampai, bahkan hingga status masa aktif paket yang kalian punya. Lalu, bagaimana ya cara cek kuota Smartfren unlimited? Ternyata, Smartfren menyediakan lebih dari 1 (satu) cara yang bisa kamu lakukan untuk cek kuota internet Smartfren yang kamu punya, lho! Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Lewat Kode Dial

Kalian bisa langsung cek kuota Smartfren melalui kode dial USSD alias telepon langsung dari smartphone kalian, lho!
  1. Pertama, lakukan panggilan ke nomor *995#. Kalau smartphone kalian punya dua nomor, pastikan kalian melakukan panggilan dengan nomor atau kartu Smartfren, ya!
  2. Tunggu beberapa saat dan layar akan menampilkan pesan pop-up.
  3. Dalam pesan pop-up tersebut, kalian bisa langsung temukan informasi tentang nama paket internet Smartfren yang kalian pakai, sisa kuota, dan akhir dari masa aktif yang berlaku. Kalau kalian menggunakan paket internet unlimited, kamu hanya akan menemukan info nama paket dan akhir masa aktifnya saja

2. Lewat SMS

Cara lain yang juga bisa kalian lakukan adalah dengan memanfaatkan SMS. Tapi, kalian tak perlu khawatir karena cek kuota dan masa aktif paket internet Smartfren lewat SMS tidak dikenai biaya sama sekali, alias gratis! Langkahnya juga mudah, seperti yang dijelaskan berikut ini.
  1. Buka aplikasi Pesan atau Message, lalu buat pesan baru. Masukkan nomor 995 pada kolom nomor tujuan/penerima pesan, dan ketikkan CEK pada isi pesan.
  2. Kirim pesan dan pastikan kalian mengirim pesan tersebut dengan nomor Smartfren, ya!
  3. Tunggu selama beberapa saat sampai ada SMS balasan yang berisi informasi nomor Smartfren yang kalian gunakan, detail paket internet, sisa kuota, serta masa berlaku paket.

3. Lewat Aplikasi MySmartfren

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi wajib buat kalian pengguna layanan Smartfren, termasuk layanan internetnya. MySmartfren bisa kalian download baik itu dari Google Play Store (Android) maupun Apple App Store (iOS). Dan agar kalian bisa menggunakan seluruh fitur aplikasi MySmartfren, termasuk fitur pembelian pulsa dan pembelian paket internet, kalian harus login terlebih dahulu menggunakan nomor Smartfren yang kalian gunakan.

Berikut cara untuk cek kuota internet lewat MySmartfren
  1. Buka Aplikasi MySmartfren.
  2. Informasi mengenai paket internet, sisa kuota, masa aktif, hingga kuota bonus maupun kuota add-on bisa dicek di kolom Paket Saya.
  3. Untuk informasi yang lebih lengkap lagi, tap menu Paket Saya dan kalian akan dibawa ke halaman baru berisi informasi tentang paket aktif yang saat ini sedang kalian gunakan. Kalau kalian ingin membeli paket Add On seperti booster untuk paket unlimited kalian atau paket bicara, kalian bisa tap menu Add On yang ada di kanan atas.
Dan pastinya kalian juga bisa cara cek kuota Smartfren unlimited lewat aplikasi MySmartfren. Meski demikian, kalian tidak akan menemukan status sisa kuota karena paket unlimited Smartfren memang benar-benar unlimited, alias tidak ada batasan kuota. Yang ada hanyalah limit pemakaian wajar alias Fair Usage Policy (FUP), yang besarnya bervariasi berdasarkan jenis paket yang dipilih. FUP ini bersifat harian dan jika FUP sudah dicapai, kalian tetap bisa menggunakan layanan internet Smartfren namun dengan kecepatan yang disesuaikan.

4. Lewat Website Resmi Smartfren

Kalian juga bisa mengecek sisa kuota lewat website resmi Smartfren, lho! Cara ini bisa sangat berguna kalau kalian kebetulan sedang tidak bisa menggunakan smartphone. Langkah-langkahnya pun tak kalah gampang.
  1. Buka browser dan buka website resmi Smartfren di my.smartfren.com. Website tersebut juga bisa kalian buka dari browser smartphone kalau kalian tidak ingin install aplikasi MySmartfren.
  2. Login dengan alamat email atau user ID yang sudah didaftarkan, dan masukkan password-nya. Kalau kalian belum punya akun MySmartfren, kalian bisa daftar dulu dengan mengklik tombol Daftar.
  3. Klik tombol Detail untuk info lengkap tentang paket internet, sisa kuota, dan masa aktif, termasuk kuota paket telepon maupun SMS.
Sekarang kalian jadi tak perlu bingung lagi cari tahu sisa kuota internet Smartfren kalian, kan?