Cara Cek Nomor Smartfren dengan Mudah

Seperti provider lainnya, langkah-langkah untuk cek nomer Smartfen cukup mudah diikuti. Akan tetapi, kalian yang belum pernah menggunakan Smartfren mungkin membutuhkan panduan singkat untuk mengecek nomor yang baru dibeli.

Smartfren sendiri termasuk salah satu provider populer yang bisa kalian pakai untuk macam-macam kebutuhan. Dari berkirim pesan singkat, menelepon, hingga mengakses internet berkecepatan tinggi. Harga yang dibanderol untuk pembelian nomor baru, pulsa, hingga voucher untuk kuota datanya pun ramah di dompet.

Baru membeli nomor baru Smartfren, tetapi lupa menyimpannya? Dalam situasi seperti ini, kalian jelas tak bisa meminjam ponsel orang lain karena belum mengingat nomor tersebut. Lantas, seperti apa cara cek nomer Smartfren yang bisa kalian lakukan?

Kabar baiknya, ada tiga mekanisme yang bisa kalian terapkan untuk mendapatkan data berupa nomor Smartfren yang belum sempat disimpan. Antara lain dengan aplikasi, kode dial, dan SMS. Untuk lebih lengkapnya, mari ikuti panduan berikut ini!

Cara Mengecek nomor Smartfren Lewat Aplikasi

Sebagian besar provider di Indonesia sudah menyiapkan aplikasi ponsel dengan berbagai fitur, dari mengecek saldo pulsa, membeli voucher, hingga mencari nomer telepon. Smartfren juga mempunyai aplikasi bernama MySmartfren yang bisa kalian manfaatkan buat cara cek nomer Smartfren unlimited. Berikut langkah-langkah yang dapat kalian ikuti:

  1. Unduh dan instal terlebih dulu aplikasi MySmartfren di app store masing-masing ponsel;
  2. Tunggu MySmartfren terpasang sepenuhnya pada ponsel, lalu buka aplikasi tersebut;
  3. Ketika layar utama muncul, biasanya nomor yang kalian pakai akan terpajang di bagian atas dengan nama dan jenis nomor yang dipakai (prabayar atau pascabayar).

Cukup praktis, bukan? MySmartfren juga bisa kalian andalkan untuk memantau penggunaan kuota hingga kecepatan unduh dan unggah pada perangkat Wi-Fi. Ukuran file-nya terbilang kecil, sehingga tak akan melambatkan performa RAM atau memakan tempat di memori penyimpanan.

Cara Cek Nomor Smartfren Melalui Kode USSD

Cara cek nomor Smartfren yang pertama adalah melalui kode USSD. Cara ini merupakan langkah paling umum yang biasa dilakukan oleh pengguna kartu baru. Masing-masing operator memiliki kode USSD yang berbeda dengan tipe tampilan pop-up yang berbeda pula. Untuk kode USSD Smartfren kalian bisa mengaksesnya melalui langkah berikut.

  1. Buka aplikasi dial up pada smartphone
  2. Masukkan kode USSD *123# lalu Call dan tunggu sejenak
  3. Setelah muncul pop-up di layar, pilih nomor 7 yang tertera “Info Anda” lalu klik OK
  4. Setelahnya akan kembali muncul pop-up dan pilih bagian nomor 1 dengan informasi “Cek Pulsa”
  5. Nantinya akan muncul informasi nomor Smartfren kalian beserta sisa kuota dan masa aktif kartu yang sedang digunakan

Apakah cara di atas terlalu panjang? Jika enggan menunggu tampilan pop-up berkali-kali, kalian bisa mempersingkat jalannya dengan memasukkan kode dial up *999# dan tunggu sejenak maka Smartfren akan langsung memunculkan informasi yang kalian minta.

Cara Mengecek nomor Smartfren dengan Dial Up

Kapasitas penyimpanan pada ponsel kalian sudah hampir penuh atau gawainya termasuk jadul? Dalam hal ini, kalian bisa pakai dial up untuk cek nomor Smartfren. Bukan cuma mudah, metode ini juga tak akan mengenakan biaya sepeser pun.

Berikut ini langkah-langkah memeriksa nomor Smartfren dengan dial up:

  1. Masukkan *999# pada kontak di ponsel kalian, lalu ketuk ikon telepon untuk mengakses informasi;
  2. Tunggu selama beberapa detik sampai muncul kotak dialog yang berisi nomor telepon yang aktif digunakan beserta saldo pulsa.

Familier dengan cara ini? Ya, dial up merupakan metode yang paling umum digunakan saat akan memeriksa nomor telepon maupun sisa pulsa. Hanya saja, kalian harus mengingat kode yang akan dimasukkan dalam cara cek nomer Smartfren. Selain itu, provider juga kadang mengganti kode dial up secara berkala. Seperti Smartfren yang mulanya memakai *995# sebelum diganti pada 2020. Kalian juga bisa menekan kombinasi angka 1 untuk langsung memunculkan nomor telepon di layar.

Cek Nomor Smartfren Menggunakan SMS

Meski popularitas SMS sudah dikalahkan aplikasi chatting, kenyataannya fitur tersebut masih memberikan berbagai manfaat. Khususnya saat kalian sedang tak punya kuota data internet atau kode dial up sedang bermasalah.

Cara cek nomor Smartfren unlimited dengan SMS sangat mudah diterapkan. Berikut langkah-langkah yang dapat kalian ikuti:
  1. Buka aplikasi SMS atau perpesanan pada ponsel yang kalian pakai;
  2. Ketik CEK pada draf pesan (pastikan semuanya kapital), lalu kirim ke nomor 995;
  3. Tunggu selama beberapa detik atau menit sampai Smartfren mengirimkan pesan balasan berupa nomor telepon yang aktif dipakai dan masa berlaku paket yang kalian gunakan.

Jangan khawatirkan masalah pulsa, karena untuk mengirim SMS ini pun kalian tidak akan ditagih biaya sepeser pun. Namun, kalian juga harus mengantisipasi masalah seperti pemeliharaan jaringan yang kadang menghambat pengiriman pesan menuju pihak provider atau sebaliknya.

Cara Cek Nomor Smartfren Melalui Customer Service Smartfren

Cara terakhir untuk mengetahui nomor Smartfren yang sedang digunakan adalah berkomunikasi langsung dengan CS yang sedang bertugas. Cara ini memang terbilang simple namun kalian akan dikenai biaya panggilan Rp300 atau sesuai ketentuan yang berlaku. Nah, untuk cara cek-nya sendiri kalian bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi panggilan atau dial up pada smartphone kalian
  2. Masukkan nomor 888 lalu CALL dan tunggu sejenak hingga direspon otomatis
  3. Pilih nomor 2 berupa keterangan bicara langsung dengan Customer Service
  4. Setelah diangkat, kalian bisa menanyakan apa saja seputar kartu Smartfren

Itulah cara utama yang bisa kalian aplikasikan ketika lupa dengan nomor Smartfren yang sedang digunakan. Untuk berjaga-jaga ketika lupa lagi, maka sebaiknya catat nomor telepon untuk disimpan di dalam kontak pribadi agar tidak sulit mengingatnya ketika dibutuhkan. Semoga informasi di atas bisa membantu kalian untuk mengetahui cara cek nomor Smartfren ya.