Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak Handphone yang Hilang

Handphone termasuk alat telekomunikasi yang tidak bisa diabaikan. Apalagi saat ini handphones disertai dengan beragam fitur sehingga layak disebut smartphone. Hampir semua kepentingan ada dalam satu genggaman, sehingga jika handphone hilang menjadi sebuah petaka besar bagi pemiliknya. Jangan panik, Anda bisa menggunakan cara melacak handphone yang hilang berikut ini!

1. Gunakan Fitur Find My Device

Smartphone pantas disebut sebagai hp pintar karena tersedia beragam fitur canggih di dalamnya. Handphones dengan sistem operasi Android maupun iOS kini telah dilengkapi dengan fitur Temukan Perangkat Saya yang berguna ketika handphone Anda hilang. Pengaturan lanjutan yang harus dilakukan agar Anda bisa melacak hp hilang adalah dengan menggunakan langkah mudah berikut:
  1. Pastikan handphone terhubung dengan akun Google, lokasi dan koneksi internet.
  2. Jangan lupa untuk mengaktifkan aplikasi Find My Device pada perangkat, buka pengaturan yang ada pada bagian menu Security atau Keamanan.
  3. Jika kedua langkah tersebut sudah diaktifkan, kini Anda dapat mengakses fitur Find My Device via perangkat lain, baik itu handphone maupun laptop menggunakan browser.
  4. Kunjungi halaman Google Find My Device dan login menggunakan akun Google yang terhubung dengan handphone yang hilang.
  5. Masuk dan pilih Bunyikan Perangkat, Kunci atau Hapus. Menu Hapus akan membuat data yang tersimpan hilang dan tidak bisa digunakan untuk kejahatan.
  6. Jika handphone hilang di rumah, maka pilih saja menu Bunyikan Perangkat.

2. Cek Email Akun Google yang Aktif di Handphone

Cara melacak hp hilang dengan email bisa kalian lakukan dengan melakukan pengecekan pada email akun Google yang digunakan di handphones tersebut. Login email menggunakan perangkat lain, masukkan password yang benar jangan sampai salah. Jika salah maka Google akan mengirimkan email yang membuat pencuri handphone Anda terkecoh dan logout nantinya.

Kemudian cari Google Apps pada bagian kanan atas, pilih Temukan Perangkat Saya. Pilih smartphone yang hilang dan masukkan sandi serta email terkait. Kemudian pilih Temukan, maka akan muncul tampilan peta yang memberikan informasi terkini posisi handphone yang hilang.

3. Cek Google Map

Google Maps akan membuat jejak rekam tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi. Hal ini tentu menguntungkan karena Anda bisa menemukan handphone yang hilang dengan mudah. Cara melacak hp hilang dengan menggunakan Google Maps adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi Google Maps menggunakan smartphone lain, PC atau laptop.
  2. Anda akan berhadapan dengan opsi waktu pelacakan, pilihlah waktu yang paling dekat dengan waktu Anda mencarinya, atau waktu ketika Anda sadar bahwa handphone telah hilang.
  3. Pilih opsi pengguna karena Anda akan diminta untuk mengisi alamat email dan nomor ponsel yang akan dilacak posisinya.
  4. Lalu pilih Bagikan dan Aktifkan.
  5. Setelah itu Anda akan disuguhkan posisi handphone yang hilang dan bisa dilacak dengan mudah.

4. Akses Android Device Manager

Jika Anda pengguna Android, pasti memiliki aplikasi Android Device Manager yang berguna untuk melacak posisi Android device. Sebelumnya Anda harus mengaktifkan fitur Global Positioning System, atau GPS pada perangkat yang dituju. Untuk mengakses, ikuti langkah berikut:
  1. Gunakan perangkat lain agar Anda bisa login ke aplikasi ADM via akun Google Anda.
  2. Lengkapi email serta password yang benar.
  3. Nantinya akan muncul nama ponsel yang terkoneksi dengan email Anda di handphone yang telah hilang.
  4. Anda akan disuguhkan dengan informasi mengenai alamat lokasi smartphone terakhir kali.
  5. Hal ini akan mudah jika handphone Anda hidup.

5. Gunakan IMEI

IMEI adalah International Mobile Equipment Identity yang merupakan nomor identitas dari setiap perangkat handphone. Jika Anda ingin melacak handphone yang hilang menggunakan IMEI maka akan butuh usaha yang besar dan biaya tinggi. Cara melacak hp dengan IMEI harus melibatkan pihak berwajib dan operator seluler. Prosesnya juga panjang, jadi jika data di dalam handphone tidak terlalu penting, maka Anda bisa mengikhlaskannya dibandingkan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.