Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan dan Mengunci Aplikasi di Smartphone

Smartphone merupakan barang pribadi dan tentunya sangat privasi. Banyak data dan file pribadi di dalamnya yang pastinya tidak semua orang boleh dengan bebas mengakses smartphone seseorang.

Nah, untuk ulasan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara menyembunyikan dan mengunci Aplikasi di Smartphone.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyembunyikan aplikasi. Dintara cara menyembunyikan aplikasi di hp adalah dengan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga atau dengan fitur bawaan hp. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Fitur Bawaan HP

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk menyembunyikan dan mengunci aplikasi di smartphone bisa menggunakan fitur bawaan di smartphone anda. Pertama, anda bisa membuka layanan google play store setelah itu anda bisa memiliki ikon setting di pojok kiri atas lalu memilih pilihan help & feedback. Kemudian anda bisa memilih manajemen aplikasi android selanjutnya akan ada notifikasi dan pilihan tap to go to application settings anda bisa “tap” kemudian pilih mana aplikasi yang ingin anda sembunyikan.

Setelah itu anda akan diberikan opsi disable atau force stop dan anda bisa memilih disable. Ada hal yang perlu anda ketahui jika anda memilih opsi disable maka google akan menyembunyikan semua update dari aplikasi yang sudah anda unduh sebelumnya. Untuk mengembalikan aplikasi yang disembunyikan anda bisa memilih opsi enable.

Jika anda pengguna handphone xiaomi maka anda bisa memanfaatkan fitur MIUI yang diberikan oleh xiaomi. Pertama, anda bisa memilih menu settings lalu lanjutkan ke pilihan app lock untuk mengaktivasi app lock di MIUI. Anda bahkan bisa menyembunyikan hingga 12 aplikasi. Setelah aktif, anda bisa menambahkan aplikasi yang ingin anda sembunyikan dengan pilihan “add”.

Selain xiaomi, samsung juga memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan aplikasi tanpa perlu memasang aplikasi lain. Anda bisa menggunakan pengaturan yang ada di home screen lalu memilih pilihan home screen settings yang terletak di bagian bawah. Selanjutnya anda tinggal memilih pilihan hide apps untuk menyembunyikan aplikasi bawaan yang tidak ingin anda gunakan. Setelah anda selesai menambahkan daftar aplikasi yang anda sembunyikan maka selanjutnya anda bisa memilih tombol “done”.

2. Menggunakan Aplikasi CM locker

CM Locker adalah sebuah aplikasi yang saat ini dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk mengunci aplikasi di ponsel android. Lalu bagaimana cara menyembunyikan dan mengunci aplikasi di smartphone? Anda sebenarnya hanya perlu mengunduhnya dari playstore lalu memasang di perangkat dan langsung dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di handphone anda. Bahkan CM Locker memungkinkan penggunanya untuk menggunakan kode pin atau bahkan kode pattern.

Link - Download Aplikasi CM Locker

3. Menggunakan APP Lock

Selain menggunakan fingerprint unlock, anda bisa menggunakan applock jika anda tidak ingin mengunci homescreen namun ingin aplikasi tetap aman karena applock memungkinkan anda untuk mengunci aplikasi yang anda inginkan. Bahkan menariknya anda tetap bisa melakukan kustomisasi seperti mengakses peraturan perangkat serta menerima panggilan telepon saat perangkat dalam kondisi terkunci.

Link - Download Aplikasi APP Lock

4. Menggunakan Aplikasi Applocker

Yaitu Aplikasi yang dapat mengunci aplikasi, menyembunyikan aplikasi, menyembunyikan foto. Applocker merupakan sebuah aplikasi untuk cara menyembunyikan aplikasi di android. Dan dapat dengan baik dalam memberikan privasi kepada para pelanggan.

Link - Download Aplikasi Applocker

5. Gunakan Microsoft Launcher

Cara menyembunyikan aplikasi di android selanjutnya juga dapat menggunakan microsoft launcher untuk dapat menyembunyikan aplikasi yang anda inginkan. Setelah anda mengunduh dan memasang di perangkat maka selanjutnya anda bisa membuka perangkat tersebut kemudian memilih ikon tiga titik yang berada di bagian atas pada app drawer kemudian anda tinggal memilih hidden apps untuk menyembunyikan aplikasi yang anda inginkan. Setelah itu anda bisa memilih tombol hide apps untuk mengonfirmasi apakah anda ingin menyembunyikan aplikasi atau tidak. Setelah itu anda bisa memilih confirm untuk mengonfirmasi perintah anda. Jika anda ingin menampilkan lagi aplikasi tersebut anda bisa mengikuti langkah yang sama dan melakukan unhide. Mudah sekali bukan?

Link - Download Aplikasi Microsoft Launcher

6. Gunakan Applock – Fingerprint Unlock

Anda juga bisa mengunci aplikasi yang anda inginkan dengan Fingerprint unlock. Bagaimana cara mengunci aplikasi dengan menggunakan fingerprint unlock? Anda bisa mengunduhnya di playstore lalu memasangnya pada perangkat anda. Kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini yakni memberi anda tiga konsep penguncian aplikasi, pertama anda bisa mengunci aplikasi dengan menggunakan pattern, lalu anda juga bisa menggunakan kode pin dan terakhir yang menarik anda bisa menggunakan fingerprint.

Link - Download Aplikasi Applock – Fingerprint Unlock

7. Menggunakan Aplikasi Hide APP

Yaitu salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk dapat menyembunyikan aplikasi di Android. Jika anda merasa kurang puas dengan Fitur bawaan yang ada pada smartphone anda maka anda bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini dapat digunakan pada android root maupun no root. Anda bisa menggunakan aplikasi dengan cara mengikuti langkah berikut ini :
  1. Unduh dan instal aplikasi Hide App di Google Play Store
  2. Buka aplikasi
  3. Muncul jendela Check root Available, lalu pilih later. Setelah masuk halaman awal klik tombol plus.
  4. Selanjutnya centang aplikasi yang ingin anda sembunyikan. Klik Hide untuk menyembunyikan aplikasi tersebut.
  5. Untuk aplikasi yang telah berhasil disembunyikan maka akan muncul di tampilan halaman depan aplikasi Hide App.
  6. Selesai.
Link - Download Aplikasi Hide APP

Cara Mengunci Aplikasi di Iphone

Berikut cara mengunci aplikasi di Iphone agar aplikasi tidak dapat diakses orang lain dengan memanfaatkan fitur Restrictions :
  1. Pilih menu settings atau pengaturan.
  2. Pada halaman settings pilih menu General atau umum.
  3. Selanjutnya pilih restrictions atau pembatasan.
  4. Aktifkan enable Restrictions dan masukan passcode yang dimiliki.
  5. Anda dapat mengaktifkan beragam aplikasi yang ingin anda kunci.
  6. Pastikan anda sudah berhasil menguncinya dengan cara mencoba untuk mengakses aplikasi tersebut.
Nah itulah beberapa cara menyembunyikan dan mengunci aplikasi di smartphone yang bisa kalian coba. Beberapa aplikasi diatas juga bisa kalian jadikan sebagai panduan cara mengunci aplikasi WA agar segala informasi dan pesan anda lebih aman.