Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen

Facebook merupakan satu dari banyaknya jejaring sosial yang hits saat ini. Meskipun demikian, tak jarang ada sebagian penggunanya yang berniat untuk menghapus akun baik sementara alias menonaktifkan maupun secara permanen. Bagi Kalian yang belum mengerti cara menghapus akun Facebook permanen, nanti akan dijelaskan pada uraian berikut.

Alasan Pengguna Facebook Hapus Akun Permanen

Sebelum masuk dalam pembahasan mengenai cara hapus akun Facebook, ada baiknya untuk mengetahui alasan dari pengguna Facebook yang ingin menghapus akun.

1. Buang-buang Waktu
Jejaring sosial adalah jembatan penghubung antara satu orang dengan orang lainnya tanpa harus bertatap muka secara langsung. Harusnya Facebook menjadi media yang sangat bermanfaat, namun alasan menghapus akun Facebook karena buang-buang waktu ini muncul akibat dari tidak mampunya seorang pengguna dalam mengendalikan diri ketika menggunakan Facebook.

2. Tidak Ada Privasi
Layaknya media sosial, Facebook adalah tempat berbagi hal yang menyenangkan dengan orang lain, Oleh karena itu penggunanya tidak wajar berbagi sesuatu yang privasi. Jika alasan ini digunakan untuk menghapus akun maka kurang tepat, karena dalam menggunakan media sosial yang dibutuhkan adalah kebijakan dari pemilik akunnya. Apabila pengguna tidak ingin hal pribadi menjadi tontonan publik maka bisa membatasi diri.

3. Data dan Informasi Pengguna Tidak Aman
Data pengguna yang digunakan oleh pihak Facebook pada bulan Juni lalu membuat banyak penggunanya panik. Pasalnya Facebook mengadakan studi di mana melakukan eksperimen terhadap 689.000 penggunanya. Hal itu tanpa persetujuan dari pemilik akun sehingga hal inilah yang menjadi polemik terbesar sehingga timbul keinginan pengguna untuk menghapus akun secara permanen. Harusnya Facebook dapat memberikan perlindungan untuk data penggunanya, bukan malah dimanfaatkan secara diam-diam.

Apa yang Terjadi Jika Akun Facebook Dihapus

Apabila menghapus akun Facebook sudah menjadi keputusan Kalian, ketahuilah apa yang akan terjadi ketika akun sudah dihapus permanen.
  1. Kalian tidak dapat mengakses akun Facebook setelah menyetujui penghapusan akun.
  2. Pihak Facebook akan menunda penghapusan akun dalam beberapa hari setelah permintaan dilakukan, biasanya berlangsung 14 hari. Jika Kalian login kembali sebelum 14 hari maka permintaan untuk hapus akun akan dibatalkan.
  3. Facebook membutuhkan waktu 90 hari untuk penghapusan seluruh data Kalian yang tersimpan pada sistem pencadangan.
  4. Ada beberapa informasi yang tidak tersimpan di akun Facebook sehingga teman Kalian masih bisa mengakses pesan yang Kalian kirim meskipun akun telah dihapus.
  5. Salinan material seperti catatan log akan tetap ada dalam database akun Kalian, namun tidak terkait dengan identifikasi pribadi.
Setelah melihat apa yang terjadi ketika akun dihapus, apakah Kalian tetap yakin untuk menghapus akun Facebook secara permanen? Kini saatnya Kalian mengikuti cara menghapus akun Facebook yang benar sehingga akun Kalian benar-benar hilang tanpa jejak.

Langkah Penghapusan Akun Facebook Permanen

Berikut adalah langkah penghapusan akun Facebook secara permanen:
  1. Awalnya, Kalian bisa mencadangkan seluruh foto maupun video yang ada di akun Facebook karena nantinya bisa terhapus total dan tidak bisa diakses ulang.
  2. Masuk ke bagian menu pengaturan yang ada pada pojok kanan atas.
  3. Lalu klik Informasi Facebook Kalian.
  4. Kemudian Kalian pilih Hapus Akun dan Informasi Kalian.
  5. Lalu klik Hapus Akun.
  6. Jangan akses akun selama 14 hari karena hal tersebut dapat membatalkan permintaan hapus akun.
Apabila Kalian ingin menghapus akun Facebook yang lupa email dan password, maka lakukan langkah berikut:
  1. Masuk ke akun Facebook menggunakan PC atau laptop.
  2. Isi Username serta Password, jika Kalian benar-benar lupa passwordnya bisa klik Forgotten Password di kolom bagian bawah.
  3. Kalian akan diminta untuk memasukkan email serta nomor telepon yang terhubung ke akun Facebook.
  4. Kemudian cek email untuk memeriksa email dari Facebook.
  5. Buka tautan yang ada pada email Facebook dan masukkan password baru.
  6. Setelah ganti password, maka Kalian bisa menghapus akun Facebook menggunakan langkah yang telah disebutkan di atas.
Cara menghapus akun Facebook permanen sangat mudah, bukan? Jika Kalian tetap ingin menggunakan Facebook dan tidak perlu repot menghapus akun, maka gunakan media sosial dengan bijak.