Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Aman dan Gratis

Belakangan, pemerintah semakin gencar memblokir platform online dan website yang terindikasi memuat konten negatif. Kampanye bertajuk Internet Sehat dan Aman (INSAN) pun dicanangkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemakaian internet yang menurut mereka aman.

Meski begitu, beberapa orang tetap saja bisa menemukan cara membuka situs yang diblok dalam waktu cepat. Jika website tertentu yang kalian pakai kena blokir, berikut tips lengkap cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi dan dengan aplikasi.

1. VPN

Pemakaian VPN (Virtual Private Network) semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah situs yang diblokir pemerintah. Jaringan ini bisa kalian akses melalui ponsel pintar maupun laptop atau PC. Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia di ponsel Android yang bisa kalian manfaatkan dalam cara membuka situs yang diblokir.

Cara kerja yang diberikan aplikasi VPN sebenarnya sama. Setelah kalian menginstalnya di ponsel, buka aplikasi dan pilih server negara mana yang ingin dipakai. Pada versi gratis, jumlah server yang tersedia lebih terbatas, tetapi masih bisa kalian andalkan untuk membuka website yang kena blokir. Pemakaian VPN di PC pun tak jauh berbeda dengan ponsel. Cari aplikasi atau software VPN, unduh dan instal sesuai instruksinya. Kalian juga bisa menggunakan opsi alternatif seperti aplikasi VPN anti-blokir agar situs bisa diakses tanpa kena peringatan Internet Positif.

2. SSH

Berikutnya ada SSH atau Secure Shell yang bisa kalian manfaatkan sebagai cara buka situs blok. SSH berperan sebagai jaringan yang memproteksi pertukaran data dari serangan virus. Karakternya pun hampir menyerupai VPN. Hanya saja, kalian harus memakai pihak ketiga, khususnya untuk menjalankan SSH Tunneling. Salah satu situs SSH yang bisa kalian pakai adalah FastSSH. Setelah memilih server Indonesia, lanjutkan tahap dengan membuat akun. Begitu kalian mendapatkan username, password, dan host IP address, unduh dan instal aplikasi bernama KPNTunnel Revolution.

Kemudian, buka aplikasi tersebut dan buka Settings untuk mengaktifkan SSH Tunnel. Isi username dan password yang kalian peroleh pada Host/IP. Jangan lupa aktifkan Auto Reconnet, lalu isi URL Pinger kalian dengan ‘www.binger.com’. Langkah terakhir dalam cara buka situs block ini adalah mengaktifkan Custom DNS, lalu kembali ke laman utama dan ketuk Start untuk menggunakan SSH.

3. Server DNS

Dalam cara ini, kalian dapat memanfaatkan server DNS untuk mengubah IP address jadi domain address. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Cloudflare 1.1.1.1. Begitu aplikasinya terinstal, kalian lanjutkan dengan menggeser toggle sampai ikon VPN dan tulisan Connected muncul pada notification bar.

Kalian juga bisa menerapkan cara buka situs yang diblok lewat PC dengan sistem operasi Windows melalui Control Panel. Caranya adalah dengan mengaktifkan opsi Use the following DNS server addresses pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu isi Preferred DNS server: 1.1.1.1 serta Alternate DNS server: 1.0.0.1. Klik OK setelah selesai.

4. Web Proxy

Web proxy adalah situs yang menyediakan akses internet lewat server pihak ketiga. Kalian pun bisa memakainya dari ponsel maupun PC. Buka terlebih dulu aplikasi browser pada ponsel, lalu akses website www.proxysite.com. Pilih server yang diinginkan, masukkan website yang kena blokir, lalu ketuk GO.

Menggunakan Web Proxy memang tak sepraktis cara-cara sebelumnya. Untuk mengakali hal tersebut, kalian bisa ganti dulu server yang dipakai. Pastikan juga jaringan internet yang dipakai stabil supaya kalian nyaman berselancar di dunia maya.

5. Add-On

Cara buka situs yang diblokir terakhir adalah memakai add-on yang tersedia di peramban seperti Mozilla Firefox dan Chrome. Kalian yang menggunakan Chrome bisa menginstal ekstensi Browsec VPN – Free and Unlimited VPN. Ketuk Add to Chrome, lalu klik Add Extension. Sementara di Mozilla Firefox ada AnonymoX yang bisa kalian instal dengan mengeklik Add to Firefox dan Add. Setelah add-on terpasang, restart browser terlebih dulu sebelum kalian memakainya.

Meski metode di atas cukup mudah dilakukan, pastikan kalian menggunakan tips cara buka situs blok ini untuk sesuatu yang bermanfaat, ya. Jangan disalahgunakan untuk sesuatu yang merugikan kalian.