Tips Merawat Smartphone Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tidak seperti 2 dekade yang lalu, fungsi ponsel telah banyak berkembang hingga menjadikannya memiliki gelar baru; smartphone (ponsel cerdas). Tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, melainkan juga alat untuk berkerja, berbisnis, hingga mencari hiburan. Dengan harganya yang terjangkau, tidak mengherankan jika sudah banyak yang menggunakan smartphone untuk menemani aktivitas harian mereka.

Namun, meski telah banyak penggunanya, ternyata tidak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana cara merawat hp mereka dengan benar. Nah untuk itu, berikut tips cara merawat hp agar awet dan tidak cepat rusak.

1. Menggunakan Pelindung Layar

Meskipun kebanyakan smartphone sudah menggunakan layar yang tahan goresan, tidak ada salahnya jika kalian memberi perlindungan lebih dengan menggunakan tempered-glass sehingga lebih aman dari goresan halus yang langsung merusak kaca juga dari resiko pecah ketika terjatuh.

2. Menggunakan Casing Tambahan

Meski menambah sedikit ketebalan smatphone kamu ketika digenggam, menggunakan softcase atau hardcase sangat bermanfaat untuk melindungi smartphone kamu dari resiko rusak atau penyok akibat terjatuh atau terbanting.

3. Pengisian Daya Baterai

Untuk baterai smartphone yang lebih awet, menurut penelitian Cadex sebagai produsen alat penguji baterai, sebaiknya tidak melakukan pengisian daya sampai 100%. Alasannya karena baterai smartphone saat ini banyak berbahan lithium ion yang kapasitasnya dapat menurun apabila mendapatkan tegangan tinggi.

Selain itu, jika lapisan lithium metalik yang ada di dalam baterai mendapatkan arus listrik terus-menerus, maka demikian akan membuat baterai menjadi tidak stabil bahkan sampai bisa menggelembung dan meledak. Saran kami, cara merawat baterai hp agar lebih awet adalah dengan mengisi daya baterai ketika sedang 30 hingga 80 persen saja agar tegangan atau voltasenya tetap rendah, dengan begitu akan membuat baterai smartphone kamu menjadi lebih awet, hal ini juga sebagaimana anjuran notifikasi baterai pada android atau iphone kamu.

4. Tidak Mengoperasikan Ketika Sedang Mengisi Daya

Mengoperasikan smartphone ketika mengisi daya merupakan salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone, padahal hal tersebut dapat merusak baterai smartphone, dimana ketika dioperasikan dan di-charge dalam waktu bersamaan, intensitas temperatur akan naik sehingga berakibat overheat.

5. Kurangi Penggunaan Powerbank dan Gunakan Charger Bawaan

Meskipun sangat membantu ketika sedang berpergian karena dapat digunakan kapan saja tanpa harus tersambung ke arus listrik, namun nyatanya penggunaan powerbank juga beresiko. Di antara penyebabnya adalah dalam beberapa kasus, kualitas baterai powerbank yang buruk mengakibatkan tidak stabilnya arus, dimana hal ini dapat merusak baterai. Dikutip dari Okezone, untuk memastikan kestabilan daya, sebaiknya menggunakan perangkat tambahan seperti USB meter apabila terpaksa menggunakan powerbank.

6. Bersihkan Secara Rutin dari Debu

Rajin membersihkan debu yang menempel merupakan cara termudah yang bisa dilakukan untuk smartphone yang lebih awet. Debu-debu yang menempel di smartphone kamu, selain terlihat jorok ternyata juga bisa menghambat sirkulasi keluar masuk udara sehingga smartphone kamu jadi lebih cepat untuk panas. Gunakan kuas kecil untuk membantu kamu untuk membersihkan HP milikmu.

7. Matikanlah Jika Tidak Digunakan

Mematikan smartphone ketika tidak digunakan bisa kalian lakukan untuk smartphone yang lebih awet. Misalnya ketika malam hari ketika tidur, selain membantu tidur kamu jadi lebih nyenyak tanpa gangguan bunyi notifikasi, hal demikian juga bisa menghemat energi.

8. Gunakan Antivirus

Smartphone baik Android, iOS maupun Windows Phone sebenarnya tidak perlu diinstal antivirus, kecuali jika kamu termasuk orang yang suka melakukan modifikasi atau menginstall software dari luar situs resmi.

Demikian tips cara merawat hp agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat!