Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Di era teknologi yang menuntut untuk dapat bekerja secara mobile seperti sekarang ini, menjadikan laptop sebagai solusi terbaik dari kebutuhan aktivitas computing yang dapat dilakukan dimanapun. Dimensinya yang compact dan ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana, cukup taruh dipangkuan dan nyalakan, maka laptop sudah bisa digunakan, tentu yang demikian tidak bisa dipraktekan dengan PC desktop bukan.  Tips Merawat LaptopGambar Asus Zephyrus via asus.com

Bahkan sebenarnya, dengan kecanggihan teknologi saat ini, sebuah laptop sudah bisa menggantikan fungsi utuh sebuah dektop PC untuk melakukan aktivitas pekerjaan seperti pengolahan dokumen, desain dan editing, bahkan gaming sekalipun, meski karena keterbatasan form factor-nya yang kecil, performa laptop belum bisa lebih baik dari sebuah desktop PC. Dengan kenyataan tersebut, tidak mengherankan jika keberadaan laptop sudah seperti kebutuhan primer bagi mereka yang sehari-harinya beraktivitas dengan komputer, baik mahasiswa, pekerja, tak terkecuali para gamers.

Pun begitu, seperti barang elektronik pada umumnya, laptop pun perlu dilakukan pemeliharan agar terhindar dari kerusakan, baik dari segi hardware maupun software-nya, sehingga performanya terus terjaga dan tidak cepat rusak. Nah, berikut beberapa tips cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak.

1. Matikan Laptop Melalui Menu Shutdown

Laptop sebaiknya dimatikan melalui menu shutdown apabila memang tidak digunakan, hal itu untuk mencegah laptop dari cepat panas akibat kenaikan temperatur dan juga agar memberikan waktu istirahat bagi baterai laptop tersebut, terutama bagi laptop yang masih menggunakan storage jenis HDD. Mematikan laptop melalui menu shutdown dapat meminimalisir kerusakan hardware maupun software yang diakibatkan dari mematikan perangkat tidak dengan cara semestinya.

2. Perhatikan Pengisian Daya Baterai

Meskipun kebanyakan laptop keluaran terbaru sudah memiliki fitur cut-off baterai secara otomatis, tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dari overcharging. Pengisian baterai yang berlebih atau overcharging bisa merusak hingga memperpendek usia baterai laptop kalian, oleh karena itu, perhatikan selalu untuk tidak terus-menerus menghubungkan laptop ke alat terminal pengisian. Oleh karena itu, cara merawat baterai laptop untuk lebih awet adalah cukup gunakan baterai tanpa perlu dicolok apabila baterai sudah penuh, kecuali jika kamu sedang menggunakan program pengolahaan yang berat seperti editing gambar, audio dan video yang memang perlu untuk tetap terhubung dengan alat pengisian baterai agar kinerja laptop tetap stabil.

3. Perhatikan Cara Mengemasnya

Jika kalian bepergian membawa laptop dengan menyimpannya di dalam tas, perhatikan selalu kapasitas ruang penyimpanannya, jangan sampai tas terisi terlalu penuh hingga berdesakan, karena hal demikian dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop yang disebabkan mengalami tekanan berlebih.

4. Antivirus untuk Melindungi Data & Software

Guna melindungi data dan software dari kerusakan akibat terjangkit virus spyware, malware, ataupun ransomware, pastikan antivirus sudah aktif terinstall dan diperbaharui secara rutin. Meski sebenarnya laptop dengan windows 10 sudah terinstall dengan antivirus bawaan, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan antivirus tambahan, terutama apabila kamu sering menggunakan perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk dan semisalnya, dimana ini akan sangat berguna untuk scanning secara real-time ketika perangkat eksternal tersebut terhubung.

5. Hati-Hati dalam Mengunduh Aplikasi dan Software

Berhati-hatilah untuk tidak sembarangan mengunduh dan menginstall software atau aplikasi, terutama jika software atau aplikasi tersebut berasal dari situs yang tidak jelas keamanannya. Walaupun gratis, beberapa software atau aplikasi bisa saja sudah disusupi oleh virus yang apabila diunduh dan terinstall, maka bisa menyebabkan kerusakan pada sistem.

6. Update Sistem Operasi Secara Rutin

Masih cukup banyak pengguna laptop yang malas atau enggan untuk memperbaharui software dan aplikasi karena akan menguras banyak kuota dan membuat penyimpanan penuh. Padahal jika dilakukan secara rutin, meng-update sistem operasi termasuk bagian dari perawatan laptop. Hal ini bermanfaat untuk memperbaiki bug, sehingga kinerja laptop dapat berjalan lebih maksimal.

7. Jaga Kebersihan Laptop

Membersihkan laptop bermanfaat sebagai perawatan agar hardware tetap bersih dan tidak mengganggu fungsi komponennya. Seperti misalnya membersihkan debu pada fan, ventilasi, pipe dan bagian dalam laptop lainnya dapat bermanfaat untuk menghindari laptop overheating atau panas akibat sirkulasi udara yang tersumbat. Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk membersihkan, kapanpun dirasa laptop mudah mengalami overheating dan atau bunyi fan terlalu berisik meski pengoperasian laptopnya tergolong normal, maka kalian bisa segera bersihkan atau bawa ke tempat service jika khawatir terjadi kerusakan.

Selain itu, juga operasikan laptop di permukaan yang bersih dan tidak menggangu sirkulasi udara pada kipas. Mengoperasikan laptop di tempat yang kotor dan menutup sirkulasi udara akan berakibat pada penyumbatan pipa sehingga laptop cepat mengalami overheating.

Demikian tips cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk " Tips Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak "