Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Desain Baju Terbaik untuk Android dan iPhone

Kini kamu tak perlu buang-buang kertas atau kain untuk belajar merancang pakaian. Bermodalkan smartphone, kamu dapat mengunduh aplikasi desain baju yang disediakan sejumlah developer. Begitu selesai mendesain, kamu bisa mengaplikasikan rancangannya ke dunia nyata.

Kira-kira, aplikasi apa saja yang bakal membantumu menemukan desain pakaian yang bagus? Di bawah ini ada tujuh aplikasi design baju untuk Android dan iOS yang bisa kamu coba!


1. Fashion Design Flat Sketch

Aplikasi Desain Baju

Aplikasi besutan Laura Paez ini mengklaim kalau mereka adalah satu-satunya platform yang menyediakan fitur untuk merancang flat sketch digital dalam waktu singkat. Pernyataan tersebut tak berlebihan, karena Laura sudah berpengalaman di dunia fesyen. Maka wajar saja kalau platform ini yang diandalkan desainer pemula untuk latihan.

Dengan aplikasi desain baju ini, kamu dapat membuat konsep pakaian seperti dress, blazer, blus, hingga dress. Bahkan ada opsi garment yang memudahkanmu menentukan jenis bahan atau kain yang nanti dipakai.


2. T-Shirt Design Studio

Aplikasi Desain Baju

Belum bisa menggunakan software seperti Adobe Photoshop buat merancang kaus? Kamu bisa memulai latihan dengan T-Shirt Design Studio. Dikembangkan PVS Studio, aplikasi ini dilengkapi sejumlah fitur yang bakal membantumu mewujudkan desain kaus yang diinginkan. Bahkan T-Shirt Design Studio punya template untuk mempercepat prosesnya.

Fitur-fitur lainnya yang dihadirkan aplikasi desain baju ini mencakup brush tools untuk mengubah warna kaus. Kamu juga dapat menambahkan teks pada permukaan kaus untuk membuat tampilan lebih menarik.


3. T-Shirt Design – Yayprint

Aplikasi Desain Baju

Yayprint termasuk aplikasi yang bersahabat buat kamu yang punya smartphone dengan memori penyimpanan terbatas. Namun, bukan berarti fitur-fiturnya tak lengkap. Kamu dapat berkreasi membuat desain pada kaus dengan memilih warna, teks, hingga pola yang disediakan Yayprint hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Berbagai template unik pun dapat kamu manfaatkan sebagai uji coba atau belum memperoleh inspirasi desain. Yayprint juga membuka layanan pelanggan kalau kamu mengalami kendala saat memakai aplikasi.


4. Snaptee: T-Shirt Design

Aplikasi Desain Baju

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan buat pemula adalah Snaptee. Sesuai namanya, salah satu platform desain pakaian populer di Google Play Store dan App Store ini bisa kamu manfaatkan buat merancang kaus, baik untuk keperluan pribadi atau acara tertentu. Bahkan banyak yang membandingkan desain hasil Snaptee tak kalah bagus dari Photoshop.

Untuk memperkaya tampilan pada kaus rancanganmu, Snaptee menyediakan fitur-fitur tambahan seperti tekstur, stiker, elemen grafis, dan pastinya warna. Jadi, kamu bisa berkreasi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.


5. Canva

Aplikasi Desain Baju

Mulanya, Canva hanya berisi template dan kumpulan grafis untuk membuat konten media sosial. Namun, seiring bertambahnya pengguna, aplikasi yang diperkenalkan pada November 2017 tersebut mulai menambah fitur desain untuk kebutuhan lain, salah satunya pakaian. Kamu bisa memakai template gratis maupun berbayar untuk membuat rancangan tersebut.

Meski tak ditujukan khusus untuk aplikasi desain baju, Canva sudah memudahkan para pengguna untuk mencetak pakaian yang diinginkan, termasuk dalam menentukan warna, ukuran hingga motif yang ingin digunakan.


6. SketchBook

Aplikasi Desain Baju

Dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya, SketchBook yang dikembangkan Autodesk lebih ditujukan buat kamu yang sudah menguasai ilmu dasar desain untuk pakaian. Sejumlah fitur yang terdapat dalam SketchBook pun terbilang lengkap dan membantu, antara lain pen, pencil, dan brush untuk menghasilkan tekstur berbeda pada desain.

SketchBook pun kerap dijadikan sebagai alternatif Procreate yang hanya tersedia untuk perangkat produksi Apple. Kamu juga harus memastikan memori penyimpanan dalam ponsel masih luas karena ukuran file-nya yang besar.

Semoga rekomendasi aplikasi desain baju ini memudahkanmu buat merancang pakaian sesuai harapan!