Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Bisa Dipesan Desember, Berikut Harga dan Spesifikasi PS5

Sony Interactive Entertainment Singapore (SIES) baru-baru ini mengungkap kapan game console PlayStation 5 (PS5) mulai bisa dipasarkan di Indonesia.

PlayStaion 5Gambar PlayStation 5 via playstation.com

Pada unggahan blog PlayStation, SIES menginformasikan bahwa PS5 mulai bisa dipesan secara Pre-Order di Indonesia pada pertengahan Desember 2020, yaitu tepatnya pada tanggal 18 Desember 2020.

Spesifikasi PS5

Tidak berbeda dengan versi global, PS5 versi Indonesia akan hadir dalam 2 varian, yaitu versi standar dan versi digital. Perbedaan keduanya adalah pada ketersediaan slot Blu-ray disc, dimana untuk versi digital, tidak tersedia slot Blu-ray disc sehingga untuk bermain, kalian harus mengunduh gamenya terlebih dahulu.

Mengenai spesifikasi, kali ini PlayStation mengandalkan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5Ghz untuk menunjang performa terbaiknya. Prosesor ini memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibanding PS4, dimana diketahui sebelumnya PS4 hanya ditenagai prosesor AMD Jaguar dengan kesecepatan 1,6Ghz saja.

Sementara pada sektor grafis, PS5 juga mendapatkan peningkatan performa yang cukup signifikan berkat penggunaan prosesor RDNA 2 milik AMD. Pengolah grafis teranyar dari AMD ini memiliki 36CU (Compute Unit) dengan daya komputasi sebesar 10.28 Teraflops. Angka ini diketahui jauh lebih tinggi dibanding performa grafis PS4 yang hanya berkapasitas 18CU dengan daya komputasi 1.84 Teraflops saja.

Kapasitas RAM pada PS5 juga ditingkatkan 2 kali lebih besar dibanding pendahulunya, yaitu sebesar 16GB. Serta tidak ketinggalan pada sektor penyimpanannya, PS5 juga sudah menggunakan storage jenis SSD berkapasitas 825GB yang masih bisa diekspansi dengan SSD tambahan.


Dengan spesifikasi tersebut, PS5 digadang mampu memberikan pengalaman bermain yang lebih maksimal dengan kualitas audio 3D dan resolusi gambar yang lebih tinggi hingga menghasilkan resolusi 8K yang kemudian juga mampu berjalan pada refresh rate 120Hz di resolusi 4K.

Harga PS5

PS5 di Indonesia dibanderol dengan harga dikisaran Rp 8.8 juta untuk versi standar (dengan slot Blu-ray disk) dan Rp7.3 juta untuk versi digital (tanpa slot Blu-ray disc).

Pun begitu, meski sudah bisa dipesan mulai pertengahan Desember tahun ini, unitnya baru akan dikirimkan kepada pembeli pada 22 Januari 2021, bertepatan dengan penjualan PS5 secara offline di Indonesia.

Jika kalian berminat untuk meminang PlayStation terbaru ini, kalian bisa memesannya dengan menghubungi peritel resmi di kota masing-masing. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjkungi tautan berikut ini.