Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salip Kekayaan Bill Gates, Dari Mana Harta Elon Musk Berasal?

Menurut Bloomberg Bilionires Index, Elon Musk saat ini berstatus sebagai orang paling kaya nomor dua di dunia setelah Jeff Bezos dan menyalip Bill Gates yang saat ini turun ke urutan kedua. Tercatat bahwa kekayaan pria Elon Musk saat ini berada di kisaran USD 130 miliar.

Xiaomi POCO M3Gambar Tesla Model X via tesla.com

Penasaran dari mana Musk mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya?

Musk memulai kiprahnya di industri teknologi sebagai founder layanan pembayaran PayPal sejak tahun 1990-an. Kemudian ketika eBay mengakuisisi PayPal pada 2002 silam, Musk pun mendapat bagian cuan yang cukup besar sehingga menjadikannya orang kaya.

Pada tahun yang samas (2002), Musk mulai mendirikan SpaceX, perusahaan yang bergerak pada bidang penerbangan antariksa dan mengambil posisi sebagai CEO-nya. Berselah 2 tahun setelahnya, yaitu tahun 2004, Musk turut berinvestasi di perusahaan mobil listrik Tesla dengan nilai kontribusi sebesar USD 6.5 juta, hingga kemudian Musk pun ditunjuk sebagai CEO-nya.

SpaceX dan Tesla merupakan dua perusahaan pesugihan yang memberikan kontribusi kekayaan terbesar bagi Elon Musk. Dikutip dari NBC, Musk memiliki sekitar 54% saham SpaceX dan 20% saham Tesla.

SpaceX di bawah kepemimpinan Elon Musk telah bertransformasi menjadi perusahaan antariksa yang berhasil, di mana saat ini SpaceX telah dipercaya NASA untuk mengantar astronaut ke International Space Station (ISS) dengan menggunakan kapsul Dragon. Teknologi ulang alik SpaceX juga dipercaya oleh banyak klien dari berbagai negara karena dianggap hemat biaya. Namun bukan roket SpaceX yang justru 'meroketkan' kekayaan Elon Musk hingga menajadikannya sebagai manusia terkaya kedua dunia, melainkan Tesla.

Melonjaknya peminat saham Tesla saat ini hingga mengalahkan nilai saham toyota adalah karena adanya persepsi di tengah para investor bahwa mobil elektrik kedepannya akan memiliki pangsa pasar yang sangat besar dan dominan.

Namun Musk tetap Musk, meski kekayaannya melangit, kepada Forbes Musk pernah mengatakan bahwa ia tidak peduli dengan kekayaannya yang selangit dan hanya fokus untuk terus membuat inovasi serta mewujudkan ide-idenya yang segudang.

Posting Komentar untuk "Salip Kekayaan Bill Gates, Dari Mana Harta Elon Musk Berasal?"