Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tips Menjadi Atlet Pro Player eSport

Menjadi pro player eSport nampak begitu mudah dan menyenangkan karena disangka hanya bermain game saja. Padahal, menjadi pro player eSport sebenarnya sama sekali tidak semudah yang dibayangkan.
Tips Menjadi Pro Player eSport
Credit : https://www.androidauthority.com/
Tentu ada komitmen dan keahlian yang perlu bahkan harus dimiliki untuk menjadi yang terbaik dalam setiap event pertandingan. Lalu bagaimana kiat menjadi atlet atau pro player dalam industri eSport? Simak tipsnya berikut ini:

1. Tentukan game yang ingin ditekuni

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memilih jenis game yang diminati dan ingin kalian tekuni. Mulailah dengan membuat pertanyaan jenis game apa yang kalian suka? Apakah game seperti MOBA, FPS, Fighting, Sports atau lainnya.

Jika kalian masih bingung mengenai jenis dan game apa saja yang termasuk dalam industri eSport, coba kunjungi tautan Wikipedia berikut sebagai bahan referensi.

2. Miliki device yang mendukung

Device atau perangkat bermain merupakan barang wajib yang harus kalian miliki untuk bisa mulai bermain.

Namun perlu diingat, kalian tidak perlu device yang paling canggih untuk bisa bermain dengan baik, yang kamu perlukan adalah device yang sesuai dengan kebutuhan kamu untuk bisa bermain dan berkompetisi dengan baik.

2. Bergabung dengan Komunitas

Mengikuti komunitas game akan banyak memberi kalian manfaat, di antaranya adalah bisa berbagi pengetahuan mengenai tips dan trik bermain, info terbaru, memperluas networking hingga berlatih bersama dengan anggota lainnnya.

Selain itu, bergabung dengan komunitas yang kalian memiliki aspirasi yang sama di dalamnya juga bermanfaat loh untuk menjaga motivasi kalian agar terus bersemangat mengembangkan diri untuk menjadi lebih baik dalam bidangnya.

3. Konsisten Berlatih

Diketahui bahwa kebanyakan pro player eSport menghabiskan waktu 6 hingga 12 jam setiap harinya untuk berlatih. Itu fakta, karena memang tidak ada hal membanggakan di dunia ini yang bisa kalian raih dengan malas-malasan. Oleh karena itu, work your ass off, bos!

Secara kontinu dan konsiten dalam berlatih merupakan sarana terbaik untuk kalian mengasah kemampuan hingga menjadi lebih baik lagi. Bahkan untuk mereka yang dianggap paling mahir dalam bidangnya pun harus tetap berlatih agar skill-nya terus berkembang dan tidak kaku.

4. Partisipasi dalam Tourney

Jangan lihat hadiahnya, berpartisipasi dalam turnamen eSport amatir atau turnamen kecil (tourney) lainnya bisa menjadi sarana latihan untuk membiasakan diri dalam lingkungan kompetisi yang kompetitif.

Selain itu, partisipasi dalam tourney juga bisa menjadi ajang 'memasarkan diri' untuk bisa dilirik tim profesional.

5. Olahraga

Meskipun industri eSport tidak mensyaratkan tubuh dan gerakan atletis, setidaknya dengan berolahraga akan bermanfaat dalam membantu memelihara kesehatan badan dan pikiran kalian agar tetap fresh dan fokus.

6. Networking

Sesuatu yang terekspos tentu akan lebih mudah mendapatkan perhatian, begitu juga dengan hal networking. Jika kalian kurang mengekspos diri ke lingkungan umum yang lebih luas, tentu sedikit orang yang mengenali kalian, apalahi soal kemampuan kalian dalam bermain.

Oleh karena itu, membangun koneksi dengan cara bergabung dengan komunitas merupakan hal yang dapat banyak memberi manfaat terutama jika kalian ingin segera bergabung dengan tim besar atau yang terbaik.

7. Motivasi Tinggi

Dalam lingkungan yang kompetitif, menjaga motivasi untuk tetap dalam puncaknya merupakan hal yang mesti selalu kalian perhatikan, terutama jika kalian dalam masa berproses menjadi yang terbaik atau bahkan ketika dalam mempertahankan masa kejayaan.

Motivasi untuk bisa selalu unggul dalam kompetisi tentu merupakan hal yang lebih darurat untuk kalian miliki dari sek edar device canggih atau skill dewa bujana. Karena tidak mungkin dong kalian mau makan kalau tidak merasa lapar!?

Kalian bisa menonton film pendek Free to Play di bawah ini sebagai referensi nyata bagaimana para pro player terus berusaha memelihara motivasinya.

9. Belajar dari Pro Player

Menonton bagaimana para pemain pro bermain akan seperti belajar dengan cara melihat langsung bagaimana eksekusinya yang nyata. Dengan menonton para pro player bermain akan banyak memberikan kalian referensi mengenai pola bermain atau bahkan hack tips dalam bermain.

10. Cari atau Buat Team

Untuk bisa debut berkompetisi, tentu kalian membutuhkan team. Untuk itu, kalian bisa saja membentuk team sendiri dengan teman-teman yang biasa kalian main bersama, atau jika kalian memang dikenal memiliki skill mumpuni, maka tidak menutup kemungkinan banyak team profesional yang akan datang merekrut untuk bergabung dengan teamnya.

11. Manajer dan Sponsor

Manajer dan sponsor merupakan 2 hal penting yang kelak akan banyak menggaransi kelangsuran karir eSport kalian.

Sponsor merupakan pihak yang akan menyediakan beragam keperluan teammu untuk berkompetisi, selain juga memberikan boosting popularitas melalui beragam eksposur ke media. Sementara manajer merupakan orang yang akan mengurus beragam hal dari team, mulai dari mengatur jadwal, promosi, hingga penengah konflik internal.

Demikian 11 tips untuk menjadi atlet pro player eSport. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "11 Tips Menjadi Atlet Pro Player eSport"