Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Lengkap Aplikasi Android Terbaik

Ponsel merupakan bentuk saku dari sebuah superkomputer cerdas yang tidak terbatas hanya sebagai alat komunikasi nirkabel. Dengan beragam aplikasi yang tersedia di Play Store, ponsel dengan basis OS Android pun mampu bertransformasi menjadi beragam alat produktivitas dengan segala perangkat dan fitur pendukungnya.

Aplikasi Android Terbaik

Saat ini, ada ribuan bahkan jutaan aplikasi Android yang siap mengubah ponsel kalian dari hanya sekedar lempengan kaca mengkilap menjadi alat multi produktivitas yang bisa diandalkan.

Aplikasi Android Terbaik

Oleh karena itu, jika saat ini kalian sudah memiliki ponsel Android terbaik, maka pastikan pula kalian sudah menginstall beragam aplikasi Android terbaik untuk menunjang kebutuhan segala aktivitas. Nah, berikut daftar selengkapnya!

1. Aplikasi Messenger Terbaik

Aplikasi Android Terbaik WhatsApp
Mengawali debutnya pada era Symbian, kini WhatsApp menjadi aplikasi messenger paling populer. Selain berkirim pesan, Aplikasi WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video, bahkan secara group. Selain itu, WA juga dilengkapi fitur stiker dan GIF untuk vibe chatiing yang lebih seru.
Aplikasi Android Terbaik Line
Bisa dibilang, stiker merupakan fitur yang paling menonjol pada aplikasi Line. Terdapat beragama stiker lucu bahkan konyol yang bisa pengguna gunakan secara gratis maupun berbayar. Selain itu, aplikasi lain juga memungkinkan penggunanya untuk subscribe agar tetap update dengan informasi terkini.
Aplikasi Android Terbaik Telegram
Telegram merupakan aplikasi berkirim pesan yang memiliki fitur beagam dan unik. Jika pada WhatsApp ada fitur unsend, maka pada Telegram ini bahkan bisa edit pesan yang sudah terlanjut terkirim. Selain itu, Telegram juga memiliki fitur pesan yang bisa hilang dengan otomatis setelah diterima.
Aplikasi Android Terbaik Viber
Viber merupakan aplikasi messenger gratis dan paling aman. Selain itu, Viber juga memiliki hampir semua fitur yang ada di WhatsApp, seperti panggilan suara dan video, unsend pesan dan enskripsi pesan end-to-end.

Selengkapnya : Aplikasi Messenger Terbaik untuk Android dan iPhone

2. Aplikasi Sosial Media Terbaik

Aplikasi Android Terbaik Instagram
Instagram merupakan platform media sosial paling populer saat ini.

Instagram memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto dan video serta mengeditnya langsung dengan beragam filter dan tools yang disediakan untuk kemudian bisa diunggah untuk dibagikan ke teman-teman yang terhubung atau hanya disimpan.
Aplikasi Android Terbaik Facebook
Facebook merupakan pelopor berbagai media sosial yang ada saat ini. Meski terbilang lawas, namun facebook masih tetap populer dan banyak penggunanya.

Facebook memungkinkan penggunanya untuk saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain melalui fitur messenger maupun saling berbagi informasi melalui media unggahan text, gambar maupun video.
Aplikasi Android Terbaik Twitter
Menjadi media sosial kedua yang booming setelah Facebook, Twitter hingga hari ini masih konsisten menjadi platform pertemanan yang populer dengan 330 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Selain sebagai jejaring sosial, Twitter juga memiliki keunggulan sebagai media untuk mencari informasi publik. Melalui fitur hastag, memungkinkan para pengguna Twitter untuk tetap update dengan issue populer yang terjadi di sekitarnya dengan cepat.
Aplikasi Android Terbaik Youtube
Youtube di Indonesia menjadi media sosial dengan total pengguna terbanyak dengan capaian 132 juta pengguna aktif.

Ada lebih dari 1 juta video yang telah diunggah di dan bisa diakses secara gratis, sehingga tidak disangsikan jika Youtube telah banyak merubah habit para pengguna digital dari menonton tv menjadi streaming online.

Selengkapnya : Aplikasi Media Sosial Terbaik untuk Android dan iPhone

3. Aplikasi Kamera Terbaik

Aplikasi kamera terbaik bisa membuat settingan default kamera hp Android kalian jadi semakin menarik. Pasalnya, aplikasi kamera bawaan hp Android terkadang masih kurang sempurna, dalam artian, algoritma yang digunakan masih kurang maksimal atau kurang mampu mengeksplor kemampuan terbaik dari kamera yang ditanamkan.

Beruntungnya, belakangan ini ada cukup banyak aplikasi kamera yang siap di download pada Google Play Store untuk memaksimalkan kinerja kamera bawaan hp kalian. Berikut di antaranya!

Aplikasi Android Terbaik VSCO Cam
VSCO merupakan aplikasi kamera yang cukup sempurna serta sudah dilengkapi dengan aplikasi pengolah gambar sekaligus.

VSCO memiliki mode kamera yang minimalis, namun tetap dengan fitur yang bertenaga. Kalian bisa mengambil gambar pada mode RAW, secara manual mengatur ISO, white balance dan juga exposure. Setelah mengabadikan momen, kalian bisa langsung melakukan edit foto juga di aplikasi ini.
Aplikasi Android Terbaik Camera MX
Camera MX memiliki tampilan antarmuka yang simple dan clean sehingga bisa membuat kamu lebih berfokus dalam pengambilan gambar. Selain pengambilan foto biasa, Camera MX juga memungkinkan kalian untuk melakukan pengambilan foto live atau Live Photos yang mirip seperti pada kamera iPhone. Tidak ketinggalan fitur Shoot-the-Past Burst Mode yang memungkinkan kalian untuk bisa melihat gambar yang diambil bahkan sebelum menekan tombol shutter.
Aplikasi Android Terbaik Camera Zoom FX
Camera Zoom FX memiliki mode speed burst yang mampu menangkap 50 gambar per detik yang akan sangat berguna saat mengambil gambar aksi berikut juga fitur image stabilizer yang dapat mencegah blur pada hasil jepretan.

Camera Zoom FX memiliki tampilan muka yang responsif dan intuitif. Berikut juga dilengkapi fitur kontrol manual, tool photo editing, collage maker, pengambilan foto RAW dan banyak lagi.
Aplikasi Android Terbaik Camera FV-5
Aplikasi Camera FV-5 mampu memberikan kontrol manual layaknya DSLR. Beberapa parameter foto di Camera FV-5 bisa diatur, termasuk ISO, exposure, light metering, white balance, mode program dan bahkan shutter speed.

Camera FV-5 juga memungkinkan mode long exposure untuk pengambilan gambar di malam hingga perekaman video timelapse. Semua hasil jepretan bisa disimpan sebagai JPG, 16-bit RAW DNG, atau lossless PNG.

Selengkapnya : Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android dan iPhone

4. Aplikasi Edit Foto Terbaik

Sebelum ponsel cerdas populer seperti sekarang, aplikasi edit foto hanya bisa dijalankan pada PC. Spesifikasi yang diperlukan pun harus cukup mumpuni, belum lagi prosesnya terbilang cukup menyita waktu. Namun kini berkat berkembangnya teknologi smartphone, segalanya semakin mudah dengan bantuan aplikasi mobile.

Aplikasi edit foto pada smartphone pun memiliki fitur yang tak kalah lengkap dibanding komputer, bahkan semakin canggih dengan perkembangan teknologi AI, sehingga proses pengolahan gambar menjadi makin sederhana dan mudah. Nah, berikut ini aplikasi edit foto terbaik untuk hp Android yang bisa kalian coba.

Aplikasi Android Terbaik Picsart
Picsart menawarkan banyak fitur menarik, seperti menambahkan filter, frame, text, melukis dan menggambar.

Selain itu, PicArt juga menawarkan fitur collage picture yang memungkinkan kalian membuat foto kolase dengan beragam template kolase yang bisa kalian pilih.
Aplikasi Android Terbaik Photoshop Express
Photoshop Express menawarkan fitur dan tools yang melimpah seperti misalnya remove noise, perspective correction, blur option, dan healing tool.

Selain itu, tersedia pula fitur adding text untuk pembuatan poster. Tidak ketinggalan fitur kolase yang bisa dengan mudah dibuat berkat adanya template collage.
Aplikasi Android Terbaik Adobe Lightroom
Lightroom cukup banyak diminati karena memiliki fitur yang lengkap dan menyeluruh. Mulai dari pengaturan geometri hingga penyempurnaan watrna bisa dilakukan melalui aplikasi edit foto dari Adobe ini.

Ekstensi dengan file RAW juga sudah didukung pada aplikasi ini. Dan dengan layanan penyimpanan cloud, file yang sudah diolah pun bisa disimpan secara otomatis. Namun sayangnya, aplikasi ini berbayar jika kalian ingin memiliki akses penuh.
Aplikasi Android Terbaik Snapseed
Banyak fotografer profesional yang menggunakan aplikasi dari Google ini karena dianggap memiliki tools yang lengkap. Seperti misalnya fitur pengolah file RAW DNG yang juga mampu menyimpannya dalam bentuk RAW atau JPG.

Selain itu ada fitur brush yang memiliki beragam pilihan seperti exposure, warmth, brightness dan saturation, tidak ketinggalan pilihan filter yang beragam.

Selengkapnya : Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android dan iPhone