Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Kena Blacklist di AS, Bagaimana Nasibnya Kini?

Berita mengejutkan datang dari Xiaomi Global. Setelah sebelumnya Huawei, TikTok, dan DJI kena sanksi blacklist oleh pemerintah Amerika Serikat, kini Xiaomi pun ikut mengalami nasib serupa.

Xiaomi Kena Blacklist di ASGambar Xiaomi Note 9T via mi.com

Produsen smartphone asal China tersebut baru-baru ini masuk daftar blacklist. Hal ini diakibatkan adanya potensi yang mengancam keamanan negara, bahka dalam larangannya, departemen pertahanan amerika sempat menyinggung bahwa Xiaomi merupakan perusahaan yang berafiliasi dengan militer Komunis China. Demikian tentu bagi Amerika Serikat, menjadi ancaman serius terhadap keamanan negara yang kini dalam kepemimpinan Donald Trump.

Selain Xiaomi, terdapat sembilan perusahaan China lainnya yang masuk dalam daftar blacklist. Perusahaan tersebut bergerak pada Industri penerbangan, pembuatan kapal, kedirgantaraan, konstruksi, infrastruktur dan bahan kimia.

Kini menjadi pertanyaan besar, lalu bagaimana nasib Xiaomi kedepannya? Apakah akan sama seperti Huawei?

Sebagaiaman yang lansir Routers pada Jumat (15/1), berbeda dengan sanksi yang dijatuhkan kepada Huawei dimana Huawei dilarang melakukan transaksi apapun, termasuk jual beli komponen maupun software dengan perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah, blacklist yang diterima Xiaomi lebih kepada melarang perusahaan atau investor untuk berinvestasi kepada Xiaomi atau perusahaan yang terkena blacklist. Melalui blacklist terbaru ini juga pemerintahan AS menginstruksikan kepada perusahaan dan investor untuk menarik investasi mereka dengan masa tenggat hingga 11 November 2021 mendatang.

Kabar baiknya, masih ada kemungkinan kebijakan blacklist dari pemerintah AS terhadap perusahaan teknologi China tersebut bisa berubah jika ada alih kekuasaan dari Trump ke Joe Biden sebagai presiden terpilih.

Di lain waktu, pihak Xiaomi hingga saat ini belum mengeluarkan tanggapan resmi apapun terkait permasalahan ini. Namun memang perlu diketahui bahwa dampak pencekalan yang dilakukan pemerintahan AS terhadap perusahaan teknologi China dapat berdampak sangat serius, seperti misalnya yang terjadi pada Huawei.

Posting Komentar untuk "Xiaomi Kena Blacklist di AS, Bagaimana Nasibnya Kini?"