Aplikasi Edit Tulisan pada Foto Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Cari aplikasi edit tulisan di foto untuk hp? Berikut daftar aplikasi edit tulisan foto untuk hp Android dan iPhone

Berkreasi dengan fotografi adalah hal yang menyenangkan. Apalagi jika foto yang ada cocok untuk dibubuhi beragam teks dan tulisan. Kalian yang mempunyai hobi menulis quotes, puisi, atau bahkan cover dan tulisan kartu ucapan tentu akan menyukai aplikasi simpel untuk mengedit di Android.

Aplikasi Edit Tulisan di FotoImage via play.google.com

Berikut ini terdapat 10 rekomendasi aplikasi yang bisa diunduh di Play Store untuk mengedit tulisan di foto. Tenang saja, seluruh list nama aplikasi ini bisa digunakan secara gratis jika ingin memakai tools editing teksnya. Yuk, simak informasinya berikut ini.

Word Swag

Aplikasi Word Swag mencakup ratusan teks dan 1,3 juta latar belakang gratis dari Pixabay bersama dengan beberapa efek teks yang menarik seperti kertas emas, stempel, dan cat air. Ada banyak koleksi font grafis yang dirancang oleh seniman kelas dunia di dalam aplikasi edit tulisan ini. Word Swag menawarkan kombinasi font dan tata letak paling segar sehingga memudahkan kalian membuat karya seni yang indah.

Ini adalah alat yang sempurna untuk tipe sampul blog atau cover cerita. Kalian dapat menempatkan logo pada gambar yang diedit atau membuat grafik resolusi tinggi untuk dicetak. Namun sayangnya fitur penting ini hanya tersedia dalam versi pro. Meskipun aplikasi edit tulisan ini sangat simpel dan mudah, satu-satunya kelemahan aplikasi edit tulisan ini adalah harga fitur pro yang cukup mahal, yakni $4,99. Jika keberatan dengan biaya fitur pro tersebut, cukup gunakan fitur basic yang sudah cukup lengkap.

Word Swag mudah digunakan karena yang perlu dilakukan oleh pengguna hanya sekedar memilih gaya, lalu memilih variasi, dan memilih warna. Sesuaikan editing dengan keinginan kalian dengan memilih transparansi dan kecerahan latar belakang atau background foto. Setelah itu, kalian akan mendapatkan hasil yang menakjubkan. Wah, sangat menarik ya!

Instasize

Jika kalian tidak menginginkan aplikasi edit tulisan pada foto yang hanya berfokus pada tipografi, Instasize adalah pilihan yang tepat. Ini adalah aplikasi pengeditan berfitur lengkap yang sempurna untuk pecinta Instagram dan TikTok. Aplikasi edit foto ada tulisan ini cocok untuk siapa saja yang secara aktif mempromosikan bisnis di platform media sosial.

Toolskit pengeditan mereka mencakup lebih dari 20 font yang berbeda dan menarik yang akan sesuai dengan hampir semua gaya: vintage, rapi, unik, atau elegan. Kalian bisa menambahkan sebanyak mungkin blok teks tunggal atau berlapis-lapis dan menyesuaikan ke tempat mana pun di dalam gambar.

Aplikasi serba bisa ini menawarkan banyak pilihan filter yang bergaya dan dapat disesuaikan serta semua alat pengeditan dasar seperti eksposur, ketajaman, saturasi, dan kontras untuk membuat karya fotografi semakin menarik. Instasize memiliki versi gratis dan tersedia untuk iOS dan Android. Namun, untuk memanfaatkan fitur lengkapnya, kalian harus membeli langganan bulanan Premium seharga $4,99.

Phonto

Phonto merupakan aplikasi ramah pengguna yang bisa digunakan untuk menambahkan teks ke foto. Aplikasi edit tulisan di foto ini sangat mudah digunakan dan menawarkan 400 font bawaan. Dengan koleksi besar ini, kalian pasti akan menemukan dengan mudah gaya font yang cocok untuk diterapkan di foto. Selain itu, Phonto mengizinkan pengguna untuk mengimpor font sendiri ke aplikasi.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuannya untuk menambahkan teks dalam bentuk stiker pikiran, plakat, dan beberapa bentuk lucu lainnya. Kalian dapat memindahkan elemen, memiringkannya, mengubah ukuran dengan jari atau tombol panah. Bahkan di dalam aplikasi edit tulisan di foto ini, pengguna bisa melengkungkan teks atau menghapus bagian-bagiannya.

Setelah semua proses editing selesai, kalian dapat langsung membagikan hasilnya di media sosial. Sebagai informasi, sampai sekarang Phonto hanya mendukung bahasa Inggris (AS), Cina, dan Jepang. Meskipun aplikasi edit tulisan di foto ini gratis untuk diunduh, tetapi ada beberapa pembelian dalam aplikasi yang bisa kalian pertimbangkan. Fitur pro yang ditawarkan oleh Phonto yaitu Versi Bebas Iklan ($2), Paket Gambar Phonto ($2), dan Kit Gaya Teks ($1).

Canva

Canva adalah aplikasi editing populer dengan banyak filter dan alat desain. Tentu saja setiap tools yang disediakan oleh aplikasi edit tulisan di foto ini berguna untuk memastikan gambar kalian terlihat menarik. Namun setelah mendownload dan menginstallnya, kalian harus membuat akun untuk menggunakannya. Tapi tenang saja karena pengaturannya tidak akan memakan waktu lama. Canva memberikan pilihan untuk membuat akun melalui e-mail, facebook, atau nomor handphone.

Untuk menambahkan teks ke foto, yang harus kalian lakukan adalah mengklik "Tambahkan teks" dan menyesuaikannya sesuai keinginan dan inspirasi. Canva menawarkan templat kutipan dan kata yang telah dirancang sebelumnya, tetapi pengguna selalu dapat membuat tulisan dan quotes utama sendiri.

Selain koleksi besar font yang berbeda dan populer, yang lebih menarik adalah kemampuan aplikasi edit tulisan ini untuk mengaburkan foto latar belakang. Dengan begitu, teks kalian pasti akan menonjol dan menarik perhatian. Selain semua yang disebutkan di atas, Canva memiliki tutorial di situs web mereka, yang akan membuat pengguna awamnya memahami berbagai hal dengan cepat.

Meskipun platform dasar Canva gratis, namun potensinya terbatas. Dalam aplikasi edit tulisan ini terdapat beragam paket berlangganan lagi yang disediakan, diantaranta yakni "CanvaforWork" dengan harga $12,95/bulan atau $119,40/tahun ditambah uji coba gratis 30 hari. Jika tidak ingin berlangganan, kalian bisa memakai fitur dasar yang sudah cukup menarik di atas.

Text Gram

Siapapun pasti setuju bahwa mengambil foto lebih mudah daripada menambahkan teks ke foto yang membutuhkan banyak waktu dan inspirasi. Tersedia untuk pengguna Android dan iPhone, aplikasi Text Gram dirancang khusus untuk membantu kalian menambahkan teks ke foto dengan cepat. Seperti namanya, aplikasi edit tulisan ini dengan mudah memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto teks ke akun Instagram.

Aplikasi Text Gram sendiri menawarkan banyak koleksi latar belakang, stiker, serta filter yang menambah daya tarik visual pada gambar yang diproses melalui Text Gram. Kalian dapat memilih rasio aspek kustom yang sesuai dengan kebutuhan. Kalian juga bisa menyesuaikan tema visualisasi pada media sosial yang ingin dibagikan. Tertarik untuk mencobanya?

Text Candy

Jika kalian belum puas dengan rekomendasi di atas, aplikasi Text Candy dapat memenuhi kebutuhan editing yang juga sangat berguna. Text Candy adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mengedit teks pada foto dan menyediakan banyak tools editing. Hal inilah yang menunjukkan kualitas dan kegunaannya karena disukai oleh banyak pengguna.

Melalui aplikasi edit tulisan ini, kalian bisa menyesuaikan teks dengan banyak pilihan seperti ukuran teks, perataan, warna, latar belakang teks, bayangan, dan warna bayangan. Jika ingin mencari inspirasi, di dalamnya tersedia 200+ foto templat gratis. Tidak hanya itu saja, karena Text Candy menyediakan 1500+ kutipan inspiratif untuk digunakan.

Untuk pengguna yang menginginkan gaya font yang berbeda, mereka juga menyediakan 120+ font gaya vintage dan retro. Untuk menggunakan fitur pro pada aplikasi ini, pengguna juga harus membayar antara Rp12.000 hingga Rp78.000. Namun perlu diingat bahwa kekurangan dari aplikasi edit tulisan ini adalah tidak bisa membuat teks 3D.

Add Text on Photo

Jika kalian menginginkan rekomendasi aplikasi terbaik lainnya untuk mengedit teks foto, cobalah untuk menggunakan aplikasi Add Text on Photo. Di dalam aplikasi edit tulisan ini, terdapat sekitar 800+ font yang dikategorikan dan siap untuk digunakan. Kalian hanya perlu memilih dan menyiapkan teks saja. Jika ingin fitur yang lain, Add Text on Photo menawarkan 100+ emoji tersedia saat mengedit.

Tidak hanya itu saja, aplikasi edit tulisan ini juga bisa menyimpan proyek editing untuk dikerjakan nanti. Penggunanya juga bisa membuat teks 3D disertai gaya berbeda. Jika ingin mengubah tata letak, ia memberi dukungan gambar transparan. Teks di dalamnya bisa dibuat bayangan, warna, ukuran, opacity, dan latar belakang teks.

TextPhoto

Jika mencari aplikasi yang mudah digunakan dengan opsi pengeditan teks sederhana, aplikasi edit tulisan ini benar-benar dibuat untuk kalian. Setiap kali membuka aplikasi Text Photo, kalian akan melihat berbagai pilihan sederhana dan mulus saat mengedit teks pada foto.

Aplikasi Text Photo mengusung tema antar muka yang benar-benar ramah pengguna. Saat proses editing, toolsnya akan dijalankan dengan halus dan cepat. Selain menyediakan lebih dari 60+ font, hasil editing foto yang telah diproses tidak akan dibubuhi water mark. Tidak perlu khawatir tampilan akan membosankan karena kalian bisa mengubah warna latar belakang foto sorot teks.

Meskipun tidak bisa membuat editing tulisan 3D, namun aplikasi edit tulisan di foto ini menyediakan opsi pengeditan foto dasar. Jika ingin mencari inspirasi untuk editing, mereka juga mempunyai berbagai macam contoh foto dan kutipan gratis untuk kalian. Wah, sangat simpel dan mudah digunakan!

Pic Lab

Pic Lab adalah aplikasi foto pengeditan lengkap. Selain tipografi, kalian juga dapat menambahkan tekstur, batas, atau menambahkan salah satu dari dua puluh filter kreatifnya pada gambar. Aplikasi edit tulisan ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah ukuran, memutar, menyesuaikan opasitas teks dan menggunakan beberapa lapisan teks.

Namun, fitur yang paling menonjol adalah kemampuan untuk membuat kolase. Disini pengguna bisa menggunakan banyak pilihan templat kolase dan menambahkan teks di atasnya.

Aplikasi edit tulisan ini tersedia di iOS dan Android secara gratis. Untuk dapat menikmati seluruh fitur dan tools pengeditan, kalian bisa berlangganan dengan membayar sekitar Rp13.000 hingga Rp139.000 saja.

Pixel Lab

Melalui aplikasi Pixel Lab, kalian bisa menambahkan teks bergaya, huruf 3D, stiker, dan gambar ke foto. Pilih dari 100+ font yang disediakan atau bisa juga gunakan font sendiri lho! Untuk variasi tools, aplikasi edit tulisan ini bisa membuat teks tiga dimensi dan letakkan di atas gambar. Antar muka yang sederhana dan intuitif memungkinkan penggunanya bisa memilih ukuran pena dan warna teks dengan mudah.

Keseluruhan tools yang ditawarkan oleh aplikasi edit tulisan di foto ini meliputi variasi teks dan bentuk teks, bayangan, hingga tata letak. Pengguna juga bisa mengubah bentuk latar belakang sesuai dengan keinginan sendiri. Jika ingin membuka fitur yang lebih menakjubkan lagi, Pixel Lab menawarkan harga aplikasi pro senilai Rp43.000 saja. Namun jika tidak ingin berlangganan, cukup memakai tools basic yang disediakan.

Itulah rekomendasi aplikasi edit tulisan foto di android yang bisa kalian coba. List aplikasi di atas telah teruji tools dan respon positifnya oleh para pengguna. Dari daftar rekomendasi tersebut, aplikasi mana yang menjadi favorit kalian?

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn