Aplikasi Kompres PDF Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Penggunaan file berformat PDF untuk kebutuhan sehari-hari baik untuk penggunaan pribadi maupun untuk menunjang aktivitas kerja sudah menjadi hal yang biasa saat ini.

File berformat PDF umumnya digunakan untuk menyampaikan presentasi kerja hingga digunakan juga sebagai surat untuk melamar kerja. Aplikasi portable document format (PDF) ini memang terbilang efisien dengan penggunaannya yang cukup simpel serta mampu mengkonversi berbagai jenis file berbasis ekstensi yang berbeda-beda.

Namun, meski digunakan untuk kepentingan sehari-hari bahkan untuk membuat berbagai surat penting, masih banyak juga pengguna aplikasi ini yang bingung menyimpan file berformat PDF dengan ukuran yang ringan.

Akibatnya, selain membuat kapasitas penyimpanan menjadi boros, mengirim file PDF dengan ukuran yang besar juga membutuhkan waktu yang lama bahkan berpotensi menghabiskan kuota internet.

Padahal, saat ini banyak aplikasi yang menawarkan cara mudah kompres ukuran pdf dengan cepat. Nah, dalam artikel berikut akan diulas 10 aplikasi khusus untuk kompres PDF menjadi kecil yang ringan dan cepat. Bahkan, file PDF yang berukuran 10 MB bisa dikompres hingga menjadi 500 Kb dengan berbagai aplikasi kompres pdf gratis yang dirangkum dalam artikel berikut ini.

Berikut daftar aplikasi kompres pdf gratis dan berbayar terbaik pilihan Ponselhub selengkapnya:

PDF Tools

Aplikasi kompres PDF berbasis android pertama adalah PDF tools yang memiliki fitur relatif lengkap yang tak hanya sekeda mengubah berbagai macam file menjadi PDF tapi juga efektif mengkompres ukuran file yang sudah diubah menjadi PDF tersebut.

Selain itu, terdapat juga pilihan fitur lain yakni; menggabungkan file (Merge PDF), memisahkan file (Split PDF), menghapus halaman (Delete Page), mengunci dan membuka kunci file PDF (Unlock dan Lock PDF) hingga bahkan memberikan watermark khusus (add watermark) agar file original tersebut tak diduplikasi oleh orang lain.

Tampilan muka di menu utamanya yang ramah bahkan untuk pengguna baru sekalipun akan memberikan pengalaman yang berkesan buat siapapun penggunanya. Uniknya lagi, aplikasi ini berbeda dengan aplikasi kompres PDF lainnya yang selalu dipenuhi dengan iklan yang merepotkan penggunanya.

Dengan ukuran aplikasi yang ringan yang hanya sebesar 5 MB, aplikasi ini bahkan bisa diunduh secara gratis di play store .

All PDF: PDF Reader

Aplikasi pengecil ukuran file PDF berikutnya adalah All PDF: PDF Reader yang memiliki banyak fitur yang tak hanya sekedar mengkompres file tapi juga bisa sekaligus digunakan untuk membuka dan membaca berbagai file berformat PDF.

All PDF: PDF Reader juga memiliki keunggulan lain seperti memisahkan file PDF, menggabungkan file hingga menata halaman PDF agar terlihat lebih bagus dan lebih simpel saat dibuka. Selain itu, pengguna juga diberi kebebasan untuk mengubah metadata file PDF sesuai dengan kebutuhan.

Fitur lain yang melengkapi aplikasi ini adalah kemampuannya meng-extract berbagai gambar yang ada di file PDF dan sekaligus bisa disimpan dalam folder khusus yang terpisah dengan file aslinya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengubah berbagai jenis file maupun dokumen berbasis PDF untuk dikonversi menjadi file gambar dengan format Jpeg agar lebih mudah dibuka.

I Love PDF

Nama aplikasi yang unik ini memang bakal membuat siapapun penggunanya mencintai aplikasi dengan berbagai fitur berbasis PDF agar bisa dengan cepat dan mudah saat digunakan atau dibuka melalui smartphone.

Selain dilengkapi dengan fitur penting dalam penggunaan file PDF, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur khusus yang membuat penggunanya bisa membubuhkan tanda tangan di file berformat PDF. Fitur ini tentu sangat memudahkan penggunanya yang membutuhkan tak hanya sekedar aplikasi pengubah ukuran file tapi juga bisa membuat tanda tangan sekaligus untuk kepentingan pekerjaan maupun pendidikan seperti surat lamaran kerja atau surat keterangan lain yang penting.

Jika aplikasi pengubah ukuran file PDF pada umumnya cenderung menggunakan bahasa Inggris, maka berbeda dengan aplikasi ini yang bahkan bisa digunakan dengan menggunakan bahasa Indonesia termasuk 25 bahasa dari negara lain seperti Jerman, Italia, China, Spanyol, Inggris dan Jepang.

Dengan kemampuan dan fiturnya yang terbilang lengkap, aplikasi ini hanya memiliki ukuran yang kecil hanya 23 MB yang tentu saja membuat aplikasi ini semakin diminati oleh pengguna smartphone.

Pada versi berbayar, aplikasi I Love PDF bahkan memiliki fitur tambahan berupa kebebasan penggunaan aplikasi tanpa harus terganggu iklan yang muncul saat proses kompresi berlangsung.

PDF Utils

Selain fitur umum untuk mengcompress file dan merge file PDF to PDF, extract image, mengedit teks dan memberikan watermark. Aplikasi PDF Utils ini juga memberikan kemudahan penggunanya untuk mengedit dan mengenkripsi tiap file PDF agar lebih terjamin keamanan filenya khususnya untuk dokumen yang bersifat penting.

Keunggulan khusus yang dimiliki aplikasi PDF Utils adalah kemudahannya untuk membuka seluruh file berformat PDF dari berbagai sumber seperti google drive maupun one drive. Ukurannya yang kecil nyaris tak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar di gadget karena hanya memiliki ukuran file kurang dari 5 MB.

Selain itu, pengguna aplikasi ini juga tak diwajibkan membayar untuk menggunakan aplikasi ini bahkan untuk kepentingan bisnis sekalipun yang umumnya menggunakan aplikasi untuk mengkompres file PDF dalam jumlah yang banyak.

Compress PDF

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang hanya memiliki satu fitur khusus saja yang melakukan kompres file PDF yang berukuran besar maupun sebaliknya. Aplikasi ini memang cukup simpel tapi cukup efektif bahkan saat digunakan untuk mengunduh file dari berbagai penyimpanan seperti drop box, one drive termasuk google drive.

Dengan ukuran file yang tergolong kecil, aplikasi ini menjamin proses kompresi yang relatif lebih cepat dibanding aplikasi sejenis lainnya. Selain gratis, aplikasi ini juga ditawarkan secara premium dengan harga yang relatif terjangkau dengan jaminan kecepatan proses kompresi dan tentu saja fitur yang membebaskan penggunanya untuk tidak diganggu dengan berbagai jenis iklan pop up yang cukup mengganggu.

RAR

Aplikasi ini memang awalnya digunakan pada perangkat desktop yang umum dikenal dengan nama Win RAR namun karena tuntutan perkembangan zaman aplikasi ini juga dikembangkan agar bisa digunakan juga pada perangkat berbasis android. Fiturnya pun terbilang simpel dan ringan namun menjamin proses kompresi file PDF yang cepat.

Sebagaimana software Win RAR aplikasi ini juga dibekali dengan berbagai fitur yang sudah sangat mumpuni dengan tambahan fitur kompres file berbentuk RAR maupun file Zip. Tak hanya itu saja, file yang memiliki ekstensi spesifik seperti TAR, BZ2 dan ISO bisa dibuka dengan mudah dengan aplikasi ini.

B1 Archiver

Selain digunakan untuk mengkompres file PDF, aplikasi B1 Archiver juga biasa digunakan untuk mengekstrasi hingga meng-convert berbagai jenis file termasuk file berektensi ZIP yang umum digunakan pada perangkat desktop.

Terdapat 37 format file yang bisa dikompresi yang bahkan bisa digunakan langsung untuk mengekstrak file dari perangkat PC langsung ke smartphone untuk memudahkan proses kerja yang cepat dan mudah.

ZA Archiver

Aplikasi ini sudah sangat populer dikalangan pengguna smartphone maupun PC sekaligus, dengan didukung kemampuan untuk mengkonversi berbagai jenis file yang memiliki ekstensi khusus yang tidak ditemukan pada perangkat android bisa dengan mudah di extract melalui aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengorganisasi berbagai jenis file di perangkat android yang berbasis dokumen. Dan, arsip dengan ekstensi ZIP, TAR, ZST maupun XZ bisa dengan mudah dan cepat dibuka melalui aplikasi ini.

Untuk melindungi dokumen yang dianggap penting yang tersimpan di dalam smartphone, pengguna aplikasi ini juga bisa menggunakan password khusus agar tidak mudah dibuka, diakses atau bahkan diunduh oleh orang lain.

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah bisa diunduh secara gratis di google play store dengan ukuran file yang kecil sehingga tidak akan membebankan kerja RAM maupun memboroskan ruang penyimpanan smartphone.

WinZip

Bagi para pengguna perangkat komputer, nama aplikasi ini memang sudah tak terlalu asing dalam penggunaan sehari-hari, karena keberadaannya yang sangat penting ini pulalah maka software ini kemudian dikembangkan dalam bentuk aplikasi android.

Tampilan user interface yang stylish dan mudah digunakan dengan fitur menu yang mudah dijangkau membuat aplikasi ini langsung diunduh oleh banyak pengguna saat dirilis dalam bentuk aplikasi smartphone.

Kemampuannya untuk mengambil berbagai file yang disimpan dalam cloud langsung dengan cepat dan mudah dibaca oleh aplikasi ini. Dengan aplikasi ini pula, berbagai jenis format maupun ektensi bisa langsung dibuka meski masih berada dalam platform penyimpanan seperti google drive ataupun drop box.

Satu hal lagi yang menjadi kelebihan aplikasi Win Zip adalah jaminan jika para pengguna aplikasi ini tidak akan pernah diganggu oleh berbagai macam iklan yang terkadang membuat proses kompres file menjadi terhambat.

Zipper

Terakhir, ada aplikasi Zipper. Aplikasi ini menyasar pengguna android yang tak hanya membutuhkan aplikasi yang sekedar berfungsi mengkompres file PDF maupun mengorganisir filenya saja. Aplikasi Zipper hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan kamu, selain bisa sangat diandalkan untuk mengekstrasi dan memproses kompresi dengan cepat, Zipper bahkan bisa mengakses file khusus secara cepat.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga diberikan fitur tambahan seperti flash viewer, manager file hingga task manager dengan kemampuan yang lebih cepat tanpa batasan besar file yang membuat proses ektraksi jadi lambat.

Uniknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirim file berekstensi ZIP melalui jaringan wifi sehingga meski sedang tidak memiliki kuota internet maupun sinyal jaringan yang lemah, tak lantas membuat aplikasi ini tak bisa bekerja secara optimal.

Itulah tadi ulasan mengenai 10 aplikasi kompres PDF terbaik dengan berbagai kelebihan dan keunggulannya masing-masing.

Berbagai aplikasi kompres file PDF ini bisa diunduh dengan mudah di google play store, pengguna cukup memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tampilannya yang ringan termasuk penggunaannya yang mudah.

Sebelum memutuskan untuk mendownload aplikasi kompres file PDF ini, tak ada salahnya juga untuk melihat dan meneliti rating dan review ulasan dari pengguna yang telah memakai tiap aplikasi untuk memudahkan pengguna menentukan aplikasi mana yang lebih layak dan lebih mudah dipakai.

Demikian daftar aplikasi kompres file ke pdf terbaik pilihan Ponselhub. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian dalam mencari aplikasi kompres pdf sesuai ukuran yang diinginkan.