Aplikasi Video Call Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Saat ini aplikasi video call semakin dibutuhkan sebagai sarana komunikasi tatap muka jarak jauh. Tak hanya itu saja, banyak pebisnis maupun pekerja kantoran yang membutuhkan aplikasi ini untuk melakukan meeting maupun interview pekerjaan. Sehingga dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, berbagai kemudahan juga bisa kita rasakan.

Jika zaman dulu untuk bisa melakukan panggilan video harus memiliki komputer. Berbeda dengan saat ini segala fitur canggih bisa kita nikmati melalui ponsel saja. Bahkan, video call juga dianggap memiliki biaya yang ringan lantaran bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi secara gratis. Nah, jika kalian penasaran, berikut ini deretan aplikasi yang bisa kalian coba.

1. WhatsApp Messenger

Download : WhatsApp Messenger

Aplikasi chatting yang tengah populer ini juga menyediakan fitur video call. Sering dikenal sebagai WA, aplikasi ini tak hanya berfungsi untuk chatting dengan kontak yang tersedia dalam ponsel saja. Bahkan penggunanya sangat mungkin untuk melakukan panggilan video call dengan kerabat maupun anggota keluarga.

Bahkan WhatsApp juga menyediakan fitur panggilan video call dalam bentuk grup. Saat ini fitur yang tersedia di dalamnya sudah semakin beragam. Termasuk stiker lucu yang bisa dibuat sendiri sesuai dengan keinginan penggunanya.

2. Skype

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi video call satu ini. Skype merupakan salah satu aplikasi yang namanya sudah mendunia. Bahkan, Skype juga membuat aplikasi khusus untuk perangkat Android dengan berbagai sistem operasi lainnya. Hingga saat ini Skype telah diunduh lebih dari 250 juta pengguna yang tersebar hingga ke seluruh dunia. Selama beberapa tahun, pihak pengembang selalu berusaha menambahkan berbagai fitur menarik pada aplikasi video call ini. Misalnya saja layanan untuk mengirim SMS juga panggilan suara.

3. Zoom

Aplikasi ini kini semakin populer lantaran sering digunakan untuk melakukan berbagai pertemuan online. Bahkan yang paling menarik yaitu, Zoom bisa digunakan untuk melakukan sesi video call dengan sejumlah anggota hingga mencapai 100 orang. Terlebih lagi, kualitas tampilan video yang tersedia dalam aplikasi ini juga sudah HD dengan dukungan koneksi server yang cepat.

Jadi, ketika kalian melakukan panggilan ataupun pertemuan penting dengan sejumlah orang, tak perlu takut proses meeting akan terganggu karena lag. Agar interaksi antar anggota semakin dinamis, Zoom juga menyediakan kolom chat selama meeting berlangsung.

4. Google Meet

Aplikasi yang juga menawarkan fitur video call ini terbilang lebih unggul lantaran pengamanan terenkripsi yang diberlakukan setiap sesi video call. Dengan begitu, data-data sensitif yang menyangkut pribadi maupun perusahaan bisa terjaga dengan aman dari serangan spyware. Google Meet juga termasuk aplikasi yang mudah untuk digunakan. Kalian hanya perlu membagikan link, maka siapapun yang mengklik link tersebut akan tergabung secara otomatis. Namun orang itu harus sudah terkoneksi dengan email akun Google.

5. HOLLA

Sebenarnya HOLLA termasuk aplikasi dating, namun di dalamnya terdapat fitur untuk melakukan panggilan video. Karena dalam konsepnya, aplikasi ini mengandalkan video call bukan chatting layaknya aplikasi dating lainnya. Jadi, kalian harus matching dengan pasangan barulah bisa melakukan panggilan video. Aplikasi ini sangat seru untuk kalian coba.

Karena menjadi tantangan seru bagi kedua orang yang belum saling mengenal namun harus memberanikan diri saling sapa melalui video call. Klik di sini untuk mendapatkan aplikasi HOLLA.

6. Just Talk

Salah satu aplikasi yang menyediakan fitur video call dengan mudah yaitu Just Talk. Aplikasi ini cocok untuk untuk melakukan video call baik untuk video chat maupun video group call. Sebenarnya kedua panggilan ini sifatnya sama, hanya saja untuk video chat berarti pengguna hanya melakukan panggilan untuk satu orang saja.

Sementara video group call pengguna bisa melakukan panggilan secara bersama-sama. Tak hanya itu saja, dalam aplikasi ini juga tersedia berbagai fitur menarik. Misalnya saja mengganti latar video, mengirim stiker bahkan mengirim video juga sangat mungkin.

7. Tango

Tango merupakan salah satu aplikasi video call dengan kualitas gambar yang sangat baik. Bahkan pihak developer terus mengembangkan aplikasi ini dengan menambah fitur yang lebih lengkap lagi. Misalnya saja penambahan panggilan suara dan juga layanan pesan yang semakin lengkap.

Melalui panggilan video yang tersedia dalam Tango, memungkinkan pengguna untuk bertemu dengan orang yang sebelumnya tidak saling kenal. Tak hanya itu saja, pengguna aplikasi ini juga bisa bergabung dalam suatu grup untuk membahas hal-hal yang seru. Hingga saat ini, aplikasi Tango masih menjadi favorit dengan pengguna yang semakin meningkat.

8. Imo

Kalian bisa melakukan panggilan video maupun suara melalui Imo dengan mengandalkan konektivitas 2G, 3G, 4G, atau Wi-Fi. Selain itu, kalian bisa membuat grup chat untuk sekedar berbagai foto maupun video. Bahkan Imo termasuk aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar dalam ponsel. Menariknya lagi, Imo memiliki stiker dengan karakter yang lucu untuk dibagikan ke sesama penggunanya. Bisa dikatakan, Imo merupakan aplikasi video call terbaik yang menyediakan berbagai fitur lengkap.

9. Hangouts

Hangouts merupakan aplikasi chatting di bawah naungan Google yang juga menyediakan fitur video call. Bisa dikatakan aplikasi ini juga termasuk "Apple Face Time" milik perangkat Android. Tak hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan video, Hangouts juga menyertakan fitur untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan suara.

Menariknya lagi, aplikasi ini hampir setara dengan Skype. Jadi, ketika penggunanya melakukan video call dengan Hangouts melalui ponsel, maka lawan bicara bisa menjawabnya melalui laptop. Nah, karena aplikasi ini merupakan bagian dari Google, kalian bisa mendapatkannya secara gratis melalui Play Store.

10. Kakao Talk

Kakao Talk termasuk aplikasi chatting multi-platform yang bisa kalian unduh pada ponsel Android, iOS, dan BlackBerry. Aplikasi populer ini memiliki lebih dari 150 juta juta pengguna yang tersebar ke seluruh dunia, terutama di kawasan Asia. Bahkan salah satu alasan yang menjadikan banyak orang semakin menyukai aplikasi ini karena Kakao Talk menawarkan fitur video call. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur grup chats, filter suara, dan dukungan untuk Android Wear. Kalian bisa mendapatkan aplikasi Kakao Talk secara gratis melalui Google Play Store.

11. WeChat

Bisa dibilang aplikasi ini merupakan kompetitor WhatsApp dan Line yang sama-sama menyediakan fasilitas video call dan chatting. Melalui WeChat pengguna bisa melakukan panggilan suara maupun chat dalam grup. Bahkan, WeChat mengklaim bahwa fasilitas video call yang ditawarkan memiliki kualitas yang tinggi di dunia.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa terhubung dengan teman, kekasih, bahkan keluarga yang berada di luar negeri sekalipun. Bahkan ketika koneksi internet sedang tidak stabil, kalian bisa beralih menggunakan komunikasi chatting atau panggilan suara. Hingga saat ini WeChat sudah berhasil diunduh lebih dari 100 juta kali melalui Google Play Store.