Cara Memeriksa HP Samsung Asli atau Palsu

Tidak diragukan lagi bahwa Samsung adalah salah satu produsen terbaik dalam hal memproduksi smartphone kelas atas. Perusahaan asal Korea Selatan ini tidak pernah gagal untuk menanamkan teknologi terbaru dengan setiap model baru. Namun tetap saja pada akhirnya label harga juga meningkat.

Dari permasalahan kualitas menonjol dan harga inilah banyak orang ingin menjelajahi pasar. Mereka ingin melihat peluang apakah bisa mendapatkan spesifikasi yang sama dengan harga yang jauh lebih murah. Namun karena kurangnya pengetahuan pembeli, banyak oknum memproduksi HP Samsung palsu dengan harga lebih murah.

Tapi jangan khawatir karena pada artikel ini, kalian akan mengetahui trik-trik umum untuk memeriksa apakah smartphone Samsung asli atau tidak.

Sejujurnya, smartphone yang dikloning secara ilegal dapat terlihat seperti yang asli dan sulit untuk membedakannya. Jika ragu karena tidak membeli di toko resmi, perhatikan beberapa trik berikut untuk memeriksa apakah perangkat Samsung milik kalian asli atau palsu.

Cara 1 – Periksa Orisinalitas Perangkat dengan Kode Rahasia Samsung

Dengan menggunakan kode Samsung khusus ini, kalian bisa memeriksa perangkat keras atau hardware di Smartphone. Semua kode yang disebutkan di bawah ini umumnya bisa diterapkan di perangkat karena tersedia di smartphone Samsung asli.

Untuk memeriksa kode rahasia Android ini, yang harus kalian lakukan adalah menuju ke bagian dial ponsel. Setelah itu masukkan salah satu dari kode berikut. Setelah menginputnya di dial phone, perangkat akan secara otomatis masuk ke mode diagnostik rahasia dan menampilkan semua informasi penting.

  • *#1234# [Menampilkan perangkat firmware saat ini]
  • *#*#1472365#*#* [Pengaturan tes GPS]
  • *#*#197328640#*#* [Mode layanan]
  • *#*#4636#*#* [Mode pengaturan diagnostik dan umum]
  • *#0*# [Mode Tes Umum]
  • *#0228# [Pembacaan ADC]
  • *#0283# [Kontrol Putar Balik Audio]
  • *#0289# [Mode Tes Melodi]
  • *#03# [NAND Flash S/N]
  • *#32489# (Info Penyandian)
  • *#232331# (Mode Uji Bluetooth)
  • *#12580369# (Info SW & HW Perangkat)
  • *#1234# (Lihat Versi SW PDA, CSC, MODEM)
  • *#0228# (Membaca ADC)

Cara 2 – Perhatikan Keadaan Fisik HP Samsung

Berbeda dengan smartphone masa lalu, saat ini banyak produsen semakin pintar dan menghasilkan kualitas yang lebih baik. Oleh sebab itu memeriksa penampilan ponsel mungkin dapat sedikit membantu. Hal ini bisa menjadi langkah pertama untuk mengenali keaslian ponsel Samsung kalian.

  1. Periksa kecerahan dan kecerahan layar. Perangkat asli akan menawarkan serangkaian warna yang hidup, sementara smartphone palsu menampilkan warna yang lebih kusam.
  2. Perhatikan ruang dari layar hingga ke tepi. Samsung palsu biasanya memiliki celah yang lebar dari layar hingga tepi perangkat.
  3. Periksa tombol power. Tombol power atau daya dipisahkan dari tombol volume pada jarak yang wajar di ponsel Samsung asli. Sedangkan di Samsung palsu kedua tombol tersebut memiliki celah yang tidak normal.
  4. Jangan lupa untuk memeriksa bahan kaca layar perangkat. Sapukan atau usap jari kalian pada layar. Setelah itu jika terasa lebih seperti plastik daripada glass, bisa jadi itu adalah produk tiruan.
  5. Fokus pada sensor perangkat Samsung.  Biasanya, kalian akan menemukan sensor ini hilang pada ponsel Samsung palsu. Misalnya semua varian Samsung Galaxy S21 menggunakan pemindai sidik jari ultrasonik dalam layar. Jadi sebagai bagian dari pengaturan, sensor ini bisa didaftarkan dengan satu jari. Setelah pengaturan selesai, kunci telepon dan hidupkan kembali. Sekarang coba buka kunci telepon tetapi menggunakan jari yang berbeda (bukan jari yang didaftarkan). Jika masih berhasil membuka kunci perangkat, maka itu bukan perangkat Samsung asli.
  6. Perhatikan varian warna. Hal ini sangat penting karena banyak orang awam yang tidak tau mengenai varian warna resmi yang dikeluarkan oleh Samsung. Sebelum membeli HP Samsung baru ataupun second, cek di website resmi Samsung untuk mengetahui varian warna yang disediakan oleh mereka.

Jika kalian tidak dapat memverifikasi keaslian perangkat Samsung kalian dengan trik yang disebutkan di atas, maka lanjutkan dengan trik yang berikutnya di bawah ini.

Cara 3 – Verifikasi Spesifikasi dari Kotak

Nah, sangat penting untuk mencocokkan spesifikasi produk yang disebutkan di bagian belakang kotak dengan yang dapat ditemukan di pengaturan Samsung. Perhatikan kotak Samsung dan buka menu Pengaturan lalu beralih ke Tentang Telepon. Sekarang cukup bandingkan detailnya dengan kotak yang ada. Jika tidak cocok, kemungkinan besar kalian menggunakan produk Samsung palsu.

Cara 4 – Cek Nomor IMEI Samsung

Nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kumpulan kode identifikasi unik yang diberikan untuk setiap perangkat. Perlu diketahui bahwa dua ponsel tidak akan pernah dapat berbagi IMEI yang sama. Seringkali ponsel palsu tidak memiliki nomor IMEI yang valid atau akan menggunakan angka palsu. Untuk memeriksa 15 digit nomor IMEI di Samsung, yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Arahkan ke Pengaturan Telepon
  2. Gulir ke bawah jendela Pengaturan untuk mencari Tentang Telepon. Jendela Tentang Telepon menunjukkan kode IMEI, nomor Model serta nomor Seri.

Atau jika terlalu ribet, kalian cukup mengetik *#06# di dial ponsel Samsung. Selanjutnya pesan pop-up akan muncul di layar dan menampilkan nomor IMEI Samsung.

Selain cara di atas, ada beberapa cara alternatif untuk memeriksa Nomor IMEI Samsung. Metode ini dapat digunakan untuk ponsel dan tablet Samsung manapun baik itu baterai yang bisa dilepas ataupun tidak bisa dilepas.

  1. Lihat di bagian belakang ponsel untuk menemukan IMEI dan nomor seri.
  2. Cari kode cek asli Samsung adalah dengan melihatnya di bawah baterai. Metode ini hanya dapat digunakan untuk ponsel dengan baterai yang dapat dilepas.
  3. Kunjungi website IMEI.info yang cocok untuk pencarian cepat info IMEI.

Setelah mengunjungi situs web tersebut, ketik di kotak pencarian nomor seri yang kalian dapatkan saat memverifikasi perangkat. Selanjutnya, kalian akan mendapatkan laporan dengan rincian tentang perangkat Samsung seperti tahun, fitur model, baterai, spesifikasinya, dan lain-lain.

Cara 5 – Lakukan Tes Performa

Menjalankan tes kinerja berikut ini akan memberi tahu kalian apakah ponsel Samsung tersebut palsu atau asli.

  1. Coba foto beberapa objek. Ini adalah salah satu cara paling umum untuk memeriksa apakah ponsel Samsung kalian asli. Pada umumnya tidak ada foto dengan resolusi rendah atau kualitas buruk yang dihasilkan dari perangkat Samsung asli.
  2. Jalankan game atau aplikasi berat.Jika kalian menggunakan ponsel Samsung palsu, ia tidak akan dapat berjalan lancar saat pertama kali menjalankan aplikasi berat. Pada perangkat Samsung asli (spesifikasi tinggi) tentu saja hal tersebut bukan masalah yang besar.
  3. Matikan dan hidupkan kembali perangkat. Ponsel Samsung palsu akan membutuhkan banyak waktu untuk dimatikan atau dihidupkan. Sementara pada Samsung asli, ia akan berjalan pada rentang waktu normal.
  4. Jalankan banyak aplikasi sekaligus. Nah, ketika kalian membolak-balik satu aplikasi ke aplikasi lain, perlu diamati bagaimana perangkat kalian merespons setiap aktivitas dengan cermat.  Jika membutuhkan waktu atau merespon dengan lambat, kemungkinan kalian menggunakan smartphone Samsung palsu.
  5. Tampilan 120Hz. Cara ini bisa diterapkan di Samsung Galaxy S21. Semua varian Samsung Galaxy S21 hadir dengan kecepatan refresh 120 Hz. Untuk melakukan hal ini cukup mudah. Cukup buka “Pengaturan” lalu klik “Tampilan”, ketuk pada “Kelancaran Gerakan”. Perangkat Samsung yang asli harus memiliki opsi "Adaptif" yang pada dasarnya menyesuaikan kecepatan refresh layar smartphone hingga 120Hz. Ketuk "Adaptif" untuk mengaktifkannya. Setelah itu gunakan Browser Internet apa pun di Samsung Galaxy S21, buka TestUfo (tautan: https://www.testufo.com/refreshrate) untuk menguji kecepatan refresh. Pastikan kalian mendapatkan 120 Hz. Jika tidak, kalian akan tahu bahwa itu bukan perangkat Samsung yang asli.
  6. Uji Bixby. Bixby adalah asisten suara yang hadir dengan Galaxy S21. Pastikan bahwa fitur itu ada dan berfungsi. Tekan dan tahan tombol samping (tombol Daya) selama beberapa detik untuk mengaktifkan Bixby. Setelah diaktifkan, pastikan itu Bixby dan bukan Google Assistant. Perlu diketahui bahwa Bixby memiliki logo 'B'.
  7. Pengisian nirkabel. Semua varian Samsung spesifikasi tinggi seperti Galaxy S21 hadir dengan kemampuan wireless charging. Untuk menguji pengisian nirkabel, letakkan S21 ke pengisi daya nirkabel mana pun. Jika itu adalah perangkat Samsung yang asli, maka seharusnya ia akan mulai mengisi daya.
  8. Berbagi daya nirkabel. Selain kemampuan Wireless Charging, semua varian Samsung Galaxy S21 juga dilengkapi dengan kemampuan reverse wireless charging. Dalam hal ini Samsung menyebutnya sebagai Wireless Powershare. Untuk menguji fitur ini, pertama-tama kalian harus mengaktifkan Wireless Power Share. Buka Pengaturan lalu pilih “Baterai dan Perawatan Perangkat” kemudian ketuk di “Baterai”. Gulir ke bawah dan temukan "Berbagi daya nirkabel". Setelah dihidupkan, gunakan item lain dengan kemampuan pengisian nirkabel (misalnya ponsel atau earbud) dan letakkan item lainnya di bagian belakang Galaxy S21. Jika memiliki kemampuan pengisian nirkabel terbalik, ia harus mulai mengisi daya item  yang dipilih.
  9. Versi Android. Jika membeli smartphone Samsung keluaran baru (bukan versi lama), pastikan kalian melihat versi Android 11 atau lebih tinggi (jika membelinya setelah diperbarui ke Android versi terbaru). Untuk memeriksa versi Android, bukalah menu Pengaturan lalu pilih “Tentang Ponsel” dan “Informasi Perangkat Lunak”. Jika kalian melihat Android versi 11 (atau lebih tinggi), jangan langsung percaya begitu saja. Lakukan beberapa ketukan pada versi Android untuk menghadirkan versi Android asli yang dimilikinya. Jika itu benar-benar Android 11, ia akan menunjukkan kepada kalian logo Android 11.

Itulah cara memeriksa HP Samsung yang kalian miliki perangkat asli atau palsu. Langkah-langkah di atas bisa diterapkan saat ragu membeli bukan di toko resmi atau saat membeli HP Samsung second. Jika harga jual yang ditawarkan terlalu rendah dibanding harga yang beredar di pasaran, kalian bisa curiga jangan-jangan perangkat smartphone yang dijual tersebut adalah Samsung palsu.

Pastikan untuk selalu melakukan check dan re-check saat transaksi jual beli perangkat elektronik. Hal ini dikarenakan banyaknya produsen curang Samsung yang kerap mengelabui calon pembeli dengan tawaran harga miring.

Sebaiknya jangan pernah tergiur dengan harga yang jauh dari pasaran dan pastikan untuk melakukan salah satu cara di atas sebelum membeli HP Samsung idamanmu. Namun jika membeli dari toko resmi tentu saja tidak perlu khawatir atas keaslian produk. Semoga informasi di atas dapat membantu kalian ya.