Cara Mudah Memperjelas Foto yang Buram di HP Android dan iPhone

Bagaimana cara memperjelas foto yang buram online atau dengan aplikasi? Berikut aplikasi untuk memperjelas foto yang buram dengan mudah

Tampaknya smartphone saat ini hampir dapat menyerupai dan menggantikan kamera dalam hal video dan fotografi. Kamera pada smartphone masa kini sangat bagus dan berkualitas tinggi sehingga tidak memerlukan perangkat khusus untuk mengambil gambar.

cara memperjelas foto yang buramImage Credit : Unsplash

Namun, pada kenyataannya, smartphone tidak selalu dapat menangkap momen seperti yang diinginkan. Kadang-kadang didapati sebuah foto terlihat buram, angle tidak pas, atau tidak cukup jelas. Tapi tenang saja karena terdapat banyak aplikasi yang bisa membantu menyempurnakan foto dengan cepat. Beberapa aplikasi simple bahkan memperbaiki foto dalam beberapa detik saja.

Di bawah ini terdapat informasi mengenai cara mudah untuk memperjelas foto buram hanya dari android. Aplikasi rekomendasi beserta cara ini bisa digunakan sebagai pilihan yang tepat untuk memperbaiki foto yang buram atau blur.

Pixlr – Free Photo Editor

Penggemar selfie dan foto berkualitas pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Pixlr. Ini adalah editor foto gratis dan praktis yang bisa membuat gambar buram sekalipun menjadi lebih indah, jernih, dan jelas.

Ketika telah kecewa dengan hasil potret yang tidak sebagus perkiraan, aplikasi ini bisa diandalkan. Mulai dari newbie hingga professional, Pixlr akan memberikan tools yang dibutuhkan atau menyarankan tools pilihan. Ia akan meningkatkan kualitas foto dengan menambah kejelasan, keseimbangan warna, dan menyesuaikan bayangan. Berikut ini adalah langkah dasar yang bisa dilakukan untuk memperbaiki foto buram:

  1. Install dan buka terlebih dahulu aplikasi Pixlr. 
  2. Pilih foto buram yang akan diedit. Jangan repot memikirkan akun untuk log-in karena Pixlr bisa digunakan tanpa log-in terlebih dahulu.
  3. Pilih tools "Kuas" dan arsir manual di area yang ingin ditingkatkan ketajamannya/tambahkan efek bokeh.
  4. Jika belum cukup puas, gunakan tools "Ketajaman" klasik di bawah ikon koper.  Sesuaikan penggeser berdasarkan ketajaman 1 hingga 100.
  5. Untuk semakin menyempurnakan hasil, gunakan tools slider yang disebut “Radius”. Dengan menggunakan opsi ini, pengguna dapat mengontrol ukuran area tajam di tepi gambar.
  6. Setelah selesai mengaplikasikan kedua tools tersebut, jangan lupa untuk menyimpannya.

Remini - PhotoEnhancer

Remini dapat meningkatkan kualitas visual foto secara real-time. Aplikasi ini dirancang untuk melakukan hal itu. Semua foto dan video yang diunggah akan diproses sehingga kalian bisa melihat kualitas dan kejelasannya. Fitur luar biasa seperti itu membuat remini sangat unik. Ia bahkan bisa mengubah foto lama menjadi yang lebih jelas dan menjadikannya sebagai aplikasi di Play Store yang banyak didownload dengan rating tinggi.

Untuk memperjelas foto yang buram di Remini, pengguna cukup melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Download dan install Remini di Playstore
  2. Setelah log-in, klik menu “Enhance” pada bagian pertama di beranda Remini
  3. Pilih foto buram yang akan diperjelas 
  4. Cukup geser ke kanan dan ke kiri, maka akan terlihat perbedaan signifikan yang dihasilkan oleh aplikasi ini dalam memperbaiki kualitas foto
  5. Klik ikon ceklis dan jangan lupa untuk mendownload foto tersebut.

Tidak hanya foto hasil potretan terbaru yang dapat diperbarui, Remini bahkan dapat bekerja dengan versi digital foto lama. Misalnya foto buram lama yang pernah dicetak atau terlihat buram karena kualitas kamera yang kurang memadai. Pengguna juga dapat mentransfer foto dan video lama dari perangkat lama agar ditingkatkan dan dikerjakan ulang. Wah, sangat simple dan menarik ya!

Enhance Photo Quality dari Csmartworld

Fungsi dari aplikasi ini terlihat jelas dari namanya. Aplikasi simple yang hanya berukuran 14 MB ini memiliki fungsi yang cukup jelas dan akan disukai semua pecinta fotografi. Selain meningkatkan kualitas, Enhance Photo Quality menawarkan tools untuk menambahkan berbagai efek fotografi, holografi, sketsa, dan lainnya yang tersedia di aplikasi.

Peningkatan utama dalam kualitas foto berasal dari perubahan tingkat kecerahan, kontras, dan saturasi. Aplikasi ini akan menyesuaikannya sehingga foto terlihat realistis tetapi sangat cerah dan mengesankan.

Untuk memperjelas foto yang buram melalui aplikasi ini, kalian cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download dan install aplikasi Enhance Photo Quality
  2. Buka dan klik “Start” untuk mulai menggunakan
  3. Setelah masuk beranda aplikasi, kalian akan diberi berbagai pilihan efek. Untuk memperjelas foto yang buram, pilih “Auto Enhancer”
  4. Setelah memilih opsi tersebut, kalian akan diberi perintah untuk mengimpor gambar. Pilihlah opsi “Gallery” karena foto yang akan diperjelas adalah foto yang telah ada.
  5. Pilihlah tools “Compare” dan sesuaikan tingkat kejelasan 1x hingga 4x sesuai yang kalian inginkan.
  6. Klik ikon centang dan save hasil yang telah diubah ya

Selain bisa memperbaiki foto lama yang buram, kalian juga bisa menggunakan tools kameranya untuk hasil foto secara langsung. Ketika menggunakan fitur ini pastikan untuk menerapkan auto fokus agar mendapatkan kejelasan yang sempurna. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

AirBrush

AirBrush adalah aplikasi pengeditan foto yang tidak kalah populer. Ciri khas yang membuktikan kualitas dari aplikasi ini adalah peringkat yang tinggi di Play Store. Jarang ada pengguna yang tidak puas dengan fungsionalitasnya karena pengembang aplikasi terus menyempurnakan dan meningkatkannya.

Untuk memperjelas foto buram, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Setelah menginstall AirBrush, buka dan pilih opsi “Camera”
  2. Klik gambar galeri pada saat kamera terbuka dan pilih foto yang ingin diperjelas
  3. Pilih opsi “Retouch” dan “Magic” agar tone warna pada foto tampak seimbang
  4. Setelah seimbang, pilih opsi “Sharpen” pada Enhance “Tools” dan atur tingkat kejelasan foto yang kalian inginkan.
  5. Jangan lupa klik tanda centang dan download gambar agar tersimpan di dalam internal Smartphone.

Tidak hanya memperjelas foto yang buram, di dalam aplikasi ini juga tersedia banyak tools pengeditan. Mulai dari ketajaman gambar hingga make up untuk menyegarkan wajah di foto, semuanya sangat lengkap lho. Tertarik untuk mencoba berbagai toolsnya?

EnhanceIt – FixyourPhotos

Ingin memposting foto di media sosial atau membagikannya ke teman, tetapi kualitasnya tidak sekeren yang diinginkan? Tingkatkan aja kualitasnya di Enhance It! Aplikasi ini akan memperbaiki keburaman, menghapus detail yang tidak perlu, dan meningkatkan detail foto.

Aplikasi ini hampir menyerupai Remini karena bisa memperjelas keburaman pada foto lama. Enhance It bisa menghilangkan blur, noise, dan mengatur tingkat intens warna tertentu. Meskipun seluruh proses pengeditan dilakukan di server, tetapi pengembang aplikasi menjamin privasi penggunanya. Pengembang menjamin bahwa file tidak disimpan di server mereka dan tidak disalahgunakan.

Jika tertarik untuk memperjelas foto menggunakan Enhance It, langsung saja ikuti langkah di bawah ini.

  1. Install dan buka aplikasi Enhance It
  2. Setelah masuk ke beranda, kalian akan diberi beberapa pilihan. Karena ingin memperjelas foto buram dengan simple, klik opsi “Denoise”
  3. Selanjutnya pilih foto yang akan diedit. Cukup geser ke kanan dan kiri untuk kekuatan filter, hasil edit akan langsung terlihat lho.
  4. Setelah mendapatkan hasil kejelasan foto yang diinginkan, jangan lupa klik ikon save di pojok kanan atas gambar.

Adobe Lightroom – Editor Foto & Kamera Pro

Mungkin tidak ada orang yang tidak tahu tentang Adobe Photoshop. Adobe Lightroom adalah aplikasi hebat lainnya dari pengembang yang sama. Mereka memberikan pengguna banyak opsi untuk meningkatkan, mengedit, dan menyempurnakan foto.

Untuk pengeditan cepat, kalian dapat menggunakan preset yang sudah jadi di Adobe Lightroom. Koreksi warna lanjutan juga bisa kamu lakukan untuk lebih memperjelas detail. Namun jika masih awam mengenai aplikasi ini, berikut ini terdapat preset sederhana yang bisa kalian terapkan untuk memperjelas gambar yang buram.

  1. Buka aplikasi Adobe Lightroom dan log-in terlebih dahulu menggunakan beberapa opsi yang tersedia
  2. Untuk menambahkan foto ke album pengeditan, ketuk ikon galeri di sebelah kanan bawah beranda
  3. Pilih foto yang akan diedit di bagian album pustaka beranda
  4. Ketuk tools “Warna” dan atur tingkat Temp menjadi -7, Corak -13, dan Vibrance 20
  5. Selanjutnya beralih ke tools “Detail” dan atur Ketajaman menjadi 57, Radius 2.30, Detail 64 dan kurangi Noise menjadi angka 10
  6. Setelah mengatur preset, tambahkan foto ke album baru agar tersimpan otomatis

Preset di atas cukup bisa diandalkan untuk memperjelas foto kalian yang buram. Namun jika ingin berkreasi sendiri, cukup atur settingan tools sesuai keinginan. Sangat asik dan menarik bukan?

EnhanceFox – Penambah Foto AI ke Kualitas Lebih Baik

Seperti layaknya aplikasi di atas, EnhanceFox melakukan semua pengeditan dengan teknologi kecerdasan buatan. Pengguna akan menikmati kenyamanan dan kemudahan penerapan efek. Hal ini dikarenakan EnhanceFox melakukan setengah dari pekerjaan secara otomatis. Untuk menyesuaikan skema warna atau ketajaman dapat dilakukan di akhir proses.

Lakukan cara simple ini jika ingin memperjelas foto yang buram.

  1. Install Ehance Fox dan langsung buka aplikasinya
  2. Di bagian beranda aplikasi, kalian akan menemukan berbagai fitur pilihan. Klik pada opsi “Enhance”
  3. Pilih foto yang akan diedit
  4. Setelah memasukkan foto, aplikasi akan secara otomatis memperjelas foto buram yang kalian miliki. Bahkan terdapat tampilan before-after yang bisa dicek.
  5. Setelah selesai, jangan lupa klik ikon save pada bagian atas foto

Denoise It dari reAImagine

Apakah kamera android kalian terus-menerus menangkap semacam noise, mengaburkan gambar terlalu banyak, atau bahkan merusak kualitasnya? Jika itu masalahnya, maka segera install aplikasi Denoise It.

Denoise sangat bagus untuk menghilangkan noise, jaggies kecil, atau elemen buram di foto. Denoise menggunakan kecerdasan buatan dan tools canggih lainnya untuk mengubah foto sederhana berkualitas buruk menjadi gambar yang indah. Sedikit berbeda dengan beberapa aplikasi sebelumnya, di aplikasi ini benar-benar hanya tersedia satu opsi untuk menghilangkan jejak keburaman saja.

Berikut ini cara simple menggunakan Denoise It.

  1. Install dan buka aplikasi Denoise It
  2. Selanjutnya langsung ketuk di tengah layar, maka aplikasi akan mengarahkan ke galeri
  3. Pilih foto yang akan diedit dan sesuaikan kekuatan filter yang diinginkan
  4. Simpan hasil editan dengan cara ketuk simbol save di pojok kanan atas layar.

Lensa

Lensa adalah editor foto berbasis AI pertama yang menawarkan proses pengeditan gambar yang sederhana dan menarik. Dalam mode pengeditan gambar, kalian dapat menemukan berbagai tools seperti eksposisi, ketajaman, kontras, kecerahan, dll.

Untuk memperjelas gambar buram, ikuti cara berikut ini.

  1. Setelah menginstalll aplikasi Lensa, ketuk opsi menambahkan gambar
  2. Setelah membuka gambar yang diperlukan, gulir sedikit untuk menemukan alat "Ketajaman" dan seret kursor ke kanan
  3. Sesuaikan kontras untuk menghilangkan cahaya yang tidak perlu
  4. Setelah selesai, jangan lupa ketuk ikon save ya.

Di dalam aplikasi ini, kalian tidak akan menemukan tools seperti "Struktur" dan "Kejelasan"; tetapi sebaliknya, fungsi dasar alat ini ditargetkan pada transformasi gambar menjadi lebih baik. Di dalamnya ada lebih dari 300 filter yang menyerupai gambar seni dengan transisi kompleks. Wah, sangat menarik!

Snapseed

Snapseed adalah aplikasi pengeditan seluler yang sangat populer. Aplikasi ini tersedia di Google Play dan Apple. Aplikasi gratis ini memiliki tampilan yang bersih dengan tools minimal di layar pengeditan. Tetapi ketika mengetuk dan memulai proses editan, ia akan membuka daftar tools yang sangat banyak. Agar foto yang buram dapat terlihat jelas, kalian dapat mengikuti cara berikut ini.

  1. Setelah menginstall dan membuka Snapseed, ketuk di bagian layar manapun untuk memasukkan foto
  2. Pilih foto buram yang akan diedit
  3. Ketuk pada opsi “Alat” dan pilih “Poles Gambar Otomatis”
  4. Setelah itu kembali ke menu “Alat’ dan pilih “HDR Scape” lalu sesuaikan tampilan kejelasan foto yang diinginkan
  5. Ketuk menu “Ekspor” dan pilih “Simpan”

Cara simple di atas akan membuat foto buram menjadi menarik. Selain itu ada juga tab Tampilan yang menawarkan berbagai macam filter siap pakai. Kalian bisa menyesuaikan dan bermain tools dengan gratis secara offline melalui aplikasi Snapseed ini.

Itulah 10 cara mudah yang bisa dilakukan agar foto yang semula buram menjadi foto dengan tampilan yang lebih menarik. Meskipun aplikasi di atas gratis, namun terdapat beberapa tools berbayar yang bisa digunakan jika kalian ingin berkreasi lebih lanjut.

Saat ini, layanan aplikasi editing fotografi untuk android di Google Play menawarkan banyak pilihan dengan fungsi serupa. Namun kalian dapat mencoba beberapa rekomendasi aplikasi di atas dengan cara-cara mudah yang telah dideskripsikan. Selamat berkreasi!

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn