Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Dewasa ini ponsel menjadi kebutuhan primer yang mesti dimiliki oleh semua orang. Terlebih saat ini fungsinya tidak hanya untuk menyambungkan komunikasi saja tetapi juga untuk menjelajahi segala informasi yang ada di seluruh dunia.selain itu, benda pipih satu ini dipilib sebagai teman untuk mengabadikan setiap momen kebersamaan. Kamu pasti memiliki setidaknya satu ponsel untuk merekam setiap kebahagiaan bukan?

Namun meski demikian ponsel tak lepas dari risiko kehilangan memori penyimpanan. Apakah kamu pernah mengalaminya? Kehilangan beberapa foto yang bisa jadi merupakan kenangan untuk kalian miliki bersama teman, keluarga maupun sahabat terdekat. Beruntung jika foto tersebut masih memiliki penyimpanan recovery atau bisa dikatakan sebagai penyimpanan ruang kedua, sebaliknya bila tidak ada penyimpanan tersebut, apa yang harus dilakukan?

Oleh karena itu kalian mesti berhati-hati agar tidak mengalami kejadian tidak mengenakkan tersebut. Untuk kamu yang terlanjut mengalami kejadian tersebut, tak perlu panic sebab artikel ini akan mengulas beberapa cara yang terbukti ampuh dalam mengembalikan data kalian. Yang kalian perlukan hanyalah koneksi internet dan ruang penyimpanan yang memadai.

Kalian tak perlu mendatangi tempat service laptop jika mengalami kejadian apes tersebut. Selain menghemat biaya, kalian juga dapat menghemat waktu. Belum lagi situasi pandemic covid 19 yang mengharuskan kita untuk berdiam diri di rumah untuk menghindari sesuatu yang tidak memungkinkan untuk diterima. Lalu apa yang harus dilakukan jika foto di ponsel terhapus secara tidak sengaja ataupun sengaja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menggunakan Aplikasi Google Photo

Download : Google Photo

Mungkin selama ini kamu hanya menggunakan aplikasi google sebagai laman pencari segala informasi saja bukan? Keberadaan google nyatanya mempermudah kehidupan kita dalam era teknologi saat ini. Namun demikian, ada banyak fitur yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah Google Photos. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus.

Secara teknis, google photos telah terinstal secara otomatis di setiap ponsel yang kamu miliki. Namun bila kamu tak menemukannya di daftar aplikasi terinstal, kamu dapat mengunduhnya di play store secara gratis. Tidak hanya gratis, banyak orang yang terbantu oleh aplikasi yang terbilang ampuh dalam mengembalikan foto yang terhapus tanpa bantuan komputer dan bisa digunakan pada banyak merk ponsel.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan aplikasi google photos ini yang akan menyimpan foto dan video secara otomatis. Sebagai contoh, jika kamu menghapus foto atau video maka file tersebut akan tersimpan ke penyimpanan trash selama 60 hari setelah kamu mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi dari layanan Google Photos.

Nah, setelah memiliki aplikasi ini, cara apa yang bisa kita ambil untuk mengembalikan penyimpanan yang hilang? Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

1. Buka aplikasi Google Photos 2. Tekan garis tiga di sudut kiri atas 3. Ketuk ikon tempat trash 4. Pilih foto yang ingin dikembalikan. 5. Ketuk dan tahan foto tersebut beberapa saat hingga tanda centang muncul 6. Klik ikon tanda panah melingkar yang ada di bagian atas

Biasanya kamu tak perlu menunggu lama selama proses berlangsung. Hal ini tergantung pada kemampuan ponsel. Disarankan untuk menghapus sampah data secara berkala. Sampah yang menumpuk pada ponsel akan membuat kinerja ponsel menjadi lambat. Kamu tentu tidak ingin jika ponsel sulit berkerjasama ketika dalam keadaan genting bukan?

Bila hanya satu atau dua foto yang ingin dipulihkan, kamu hanya memerlukan waktu sekian detik saja, namun apabila kapasitas dan ukuran dokumen besar ditambah jumlah yang amat banyak mungkin memerlukan waktu beberapa menit untuk memulihkannya. Namun halk tersebut tidak akan membuat kinerja aplikasi menjadi terganggu.

Setelah terpulihkan, ada baiknya kalian juga membuat penyimpanan di beberapa ruang medua. Misalnya kalian menyiapkan penyimpanan internal atau eksternal sehingga kalian tak perlu lagi khawatir jika suatu waktu kehilangan data itu nanti.

2. Menggunakan Aplikasi Deleted Photo Recovery

Download : Deleted Photo Recovery

Selain google photos, masih ada referensi aplikasi lain yang bisa kalian coba untuk mengembalikan foto yang hilang di ponsel kalian. Aplikasi ini bernama Deleted Photos Recovery. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 60 ribu kali di PlayStore. Tak hanya itu, aplikasi ini memiliki banyak testimony positif karena memberikan kepuasan secara maksimal kepada penggunanya. Untuk itu, kalian tak perlu risau jika foto dan video kalian tak dapat terpulihkan secara baik. kalian hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil untuk mendownloadnya saja.

Bila ponsel kalian tidak memiliki kecocokan untuk mengunduh Google Photos, maka aplikasi ini dapat menjadi solusi kedua. Sebab aplikasi ini terbukti memiliki kecepatan dan ketepatan yang akurat dalam mengembalikan foto yang terhapus atau tersembunyi. Selain itu, kalian tak perlu menggunakan PC atau Laptop untuk proses rooting ini. Ada beberapa aplikasi yang malah menyulitkan pengguna karena harus mengunduh banyak aplikasi pendukung serta alat-alat yang malah menambah waktu, tenaga, dan biaya. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi yang tepat sesuai kebutuhan kalian.

Periksa terlebih dahulu apakah aplikasi ini cocok dengan ponsel yang kamu miliki. Sebab tidak semua ponsel dapat bekerja dengan maksimal dengan aplikasi ini. Namun bila ponsel kalian tak tersambung dengan baik, kamu tak perlu khawatir karena ada banyak aplikasi yang mampu memilihkan foto dan video secara aman dan mudah. Beberapa diantaranya akan kalian temukan di dalam artikel ini yang memuat cara mengembalikan foto yang terhaapus di ponsel secara mudah dan aman.

3. Menggunakan Aplikasi Dumpster

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.baloota.dumpster&hl=en&gl=US

Aplikasi dumpster sekilas mirip dengan cloud storage yang biasanya tersedia secara otomatis di dalam ponsel kamu. Namun, aplikasi ini memiliki banyak keunggulan yang salah satunya adalah mempercepat pemulihan file yang telah terhapus. Setelah mengunduhnya, dumpster akan segera menyimpan data kalian ke dalam ruang kedua. Hal ini memudahkan proses pemulihan jika kalian mengembalikan file yang tidak sengaja kalian hapus.

Tidak hanya itu, aplikasi ini akan menjaga ponsel kalian dari pencurian data. Keamanan ponsel kalian akan sangat terjaga. Lalu bagaimana cara mengembalkan foto tersebut? kalian cukup membuka folder restore lalu pulihkan foto yang ingin kalian kembalikan. Aplikasi ini biasanya kompatibel di semua jenis ponsel smartphone.

Hal ini karena aplikasi ini dilengkapi dengan sandi pengaman jika kalian ingin mengaktifkannya. Sehingga kalian bisa tau aktivitas apa saja yang dilakukan di ponsel kalian. Maka kalian tak perlu takut jika meminjamkan ponsel ke teman karena kalian dapat memantau apa saja yang ia lakukan. Terlebih jika ada sambungan transfer data, ia harus memasukkan sandi pengaman bila kalian telah mengaktifknnya.

4. Menggunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.defianttech.diskdigger&hl=en&gl=US

Bila kalian memiliki ponsel dengan merk vivo, maka kalian harus mengunduh aplikasi ini sebelum terjadinya hal yang tidak kalian inginkan. Aplikasi ini bisa mengembalikan foto yang terhapus di hp vivo. Caranya dengan melakukan restore atau dengamn kata lain pemulihan pada foto yang telah terhapus pada ponsel. Cara yang amat mudah bukan? Selain mudah, aplikasi ini aman untuk semua jenis ponsel sehingga tak mengundang banyak virus.

Disarankan kalian segera mengunduh aplikasi yang akan otomatis melindungi data-data kalian dari resiko hilang atau terkena virus dari media lainnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Aplikasi ini dapat menjadi salah satu solusi yang ampuh dalam mengembalikan data-data yang hilang. Bukan hanya foto dan video, tetapi juga berlaku data data seperti dokumen, music dan lain sebagainya.

5. Menggunakan Aplikasi DigDeep Image Recovery

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.greatstuffapps.digdeep&hl=en&gl=US

DigDeep Image Recovery adalah aplikasi buatan cendekiawan dunia yang mampu memberikan solusi paling mutakhir untuk kalian yang kehilangan foto dan video dalam jumlah yang sangat besar. Tak hanya satu atau dua, aplikasi ini dapat memulihkan ratusan hingga ribuan data sekalipun dalam ponsel kalian. Sehingga kalian tak perlu takut bila kalian file yang hilang. Maka, unduhlah aplikasi ini sebelum terjadi sesuatu yang dapat mengancam keamanan foto dan video kalian.

Kalian hanya perlu menekan bagian screening maka aplikasi akan secara otomatis memindai data apa yang sebelumnya hilang atau terhapus dari ponsel kalian. Aplikasi ajaib ini bisa kalian download secara gratis melalui play store atau laman penyedia aplikasi lainnya yang dapat kalian temukan secara mudah.

6. Menggunakan Aplikasi Restore Image

https://play.google.com/store/apps/details?id=alpacasoft.restoreimage&hl=en&gl=US

Ada banyak cara mengembalikan foto yang tak sengaja terhapus di ponsel kalian. Namun, banyak orang tidak ingin melakukan root yang nantinya malah membuat setelan pabrik ke semula pada ponsel. Untuk menghindari kejadian tersebut, kalian dapat menginstal aplikasi restore image agar dapat memulihkan foto yang telah terhapus tanpa melakukan root terlebih dahulu.

Sama dengan aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan di atas, Iaplikasi ini akan memindai ponsel kalian untuk menemukan foto atau video yang ingin kalian pulihkan. Kinerja aplikasi yang baik akan membantu kalian memulihkan kembali data kalian yang hilang dalam jangka waktu 30 hari.

Demikianlah informasi mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus di hp. Kehilangan setiap momen yang telah tersimpan dan terekam secara rapi di penyimpanan ponsel memang merupakan salah satu masalah. Sebab, ada beberapa orang yang tidak tau bagaimana menyiasati masalah ini agar dapat menemukan solusi. Beberapa aplikasi di atas mungkin akan membuat masalah kalian dapat teratasi dengan mudah. Untuk mencegah kehilangan, ada baiknya kalian melakukan banyak salinan ke berbagai media penyimpanan.

Misalnya menyimpannya di flashdisk, PC, laptop atau penyimpanan lainnya. kalian juga dapat menyimpannya di google drive yang mampu menampung ratusan GB data. Tidak hanya foto dan video, beberapa dokumen penting dapat kalian ssimpan dan bagikan kepada orang-prang terdekat kalian untuk mengaksesnya dalam jarak jauh. Dengan melakukan penyimpanan secara gkalian pada berbagai media, akan meminimalisir terjadinya kehilangan data.

Tak lupa untuk membersihkan sampah data yang ada pada ponsel kalian. Meskipun hal ini terbilang sepele, namun sampah yang menumpuk akan melambatkan kinerja ponsel sehingga akan menyebabkan banyak masalah. Salah satunya adalah ketidakmampuan ponsel untuk menyimpan banyak dokumen yang nantinya akan membuat dokumen tersebut rusak. Oleh karena itukalian perlu banyak siasat dalam menanggulangi hal tersebut.