Game RPG Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Apa aja game RPG yang seru dimainkan di hp? Berikut daftar game RPG offline dan online terbaik untuk hp Android dan iPhone

Meski menjadi game android dengan genre paling diminati oleh pengguna smartphone namun belum banyak gamers yang tahu pengertian tentang permainan RPG atau Role Playing Game. Game ini memang fokus pada aksi dari karakter yang dimainkan.

Game RPGImage via play.google.com

Game RPG umumnya memiliki karakter, item, equipment khusus yang harus dimainkan untuk bisa berkembang. Terdapat pilihan single player dan multiplayer yang bisa disesuaikan oleh pemainnya termasuk membuat atau memilih karakter sendiri yang diinginkan oleh pemainnya.

Game ini juga umumnya memiliki setting tempat yang luas dan beragam dengan durasi permainan yang panjang sehingga game RPG umumnya mewajibkan penggunanya untuk menyiapkan kapasitas ruang penyimpanan yang besar serta spesifikasi operating system (OS) yang sesuai agar bisa dimainkan.

Nah, kian berkembangnya permainan RPG yang paling banyak diminati itu juga yang membuat banyak developer game menciptakan berbagai jenis permainan RPG yang menarik yang bisa diunduh melalui playstore baik yang gratis maupun berbayar.

Dari sekian banyak game RPG yang ada di playstore, terdapat 10 game RPG yang sangat diminati oleh pengguna smartphone dengan jumlah unduhan yang terus bertambah tiap waktunya, berikut daftarnya;

Dissidia Final Fantasy Opera Omnia

Bagi penyuka game RPG, Dissidia Final Fantasy Opera Omnia adalah permainan RPG yang harus dicoba khususnya bagi para pecinta game seri Final Fantasy. Salah satu game pelopor RPG ini memang tak hanya sekedar menyajikan permainan tapi juga soundtrack lagu pertarungan yang memorable.

Seperti seri Final Fantasy lainnya, pemain di game RPG ini juga bertugas mengoleksi berbagai karakter favorit hingga membangun tiga karakter utama dari tim yang kamu buat.

Pada seri Dissidia Final Fantasy Opera Omnia ini, tokoh karakter yang terdapat didalamnya tak semuanya tersedia, seperti Brave Exvius namun tetap memberikan kesan khusus bagi siapapun yang memainkan game seri ini dengan menghadirkan peperangannya yang keren melalui tampilan grafis 3 dimensi yang indah.

Final Fantasy Brave Exvius

Masih tentang Final Fantasy, game RPG seri ini memang terus dikembangkan termasuk dengan menempatkan karakter khusus yakni Brave Exvius sebagai maskot dari game ini. Dengan tampilan pixel art yang menarik bakal membuat siapapun menyukai Final Fantasy seri Brave Exvius ini.

Game ini menceritakan tentang sebuah tempat yang menyimpan kristal misteri yang menjadi inti kekuatan dunia misteri ini, kristal ini menjadi tujuan utama dari permainan ini dimana pemain tak hanya berusaha mencari lokasi penyimpanan kristal tapi juga menghadapi berbagai musuh yang berusaha menghalangi dan bahkan memiliki tujuan yang sama.

Tokoh-tokoh karakter yang bisa dimainkan dalam Final Fantasy seri Brave Exvius ini pun beragam, termasuk Rain, Lasswell dan tentu saja Brave Exvius. Selain itu, ada pula tokoh seperti Vaan, Cloud, Noctis yang bisa dijadikan sebagai bagian dari tim para pemain.

Game ini memang memiliki kecenderungan mekanisme yang sama dengan Brave Frontier sehingga pengembangnya mengolah tampilan grafisnya dengan memanfaatkan pixel art, namun tetap menghasilkan tampilan permainan yang epik sekaligus seru.

Black Desert Mobile

Game ini memang merupakan hasil pengembangan dari versi sebelumnya untuk dekstop dengan mengusung judul Black Desert Online, tapi meski digunakan dalam sistem operasi dan layar yang tentu lebih kecil dari layar monitor komputer namun tetap memberikan jaminan kualitas grafis yang baik.

Jaminan kualitas terbaik hingga pengalaman pengguna (user experience) yang mudah ini pulalah yang menempatkan Black Desert Mobile versi android ini dijadikan sebagai game RPG hasil pengembangan Black Desert Online sebagai game MMORPG android terbaik.

Kualitas grafis berunsur 3 dimensi yang menawan, teknik combat yang selalu baru dengan varian animasi yang baik bakal membuat siapapun yang memainkannya merasa terpuaskan, termasuk tentu saja mengalihkan Black Desert Online dengan mudah yang cukup dimainkan melalui smartphone.

Lineage II: Revolution

Jangan ngaku pecinta game MMORPG kalau belum menjajal permainan yang satu ini. Ya, Lineage kembali hadir dengan seri terbarunya dengan judul Lineage II: Revolution, setelah sebelumnya game berbasis MMORPG ini hanya dirilis untuk PC.

Ketika dirilis di Indonesia, Game RPG desktop yang beralih ke android ini sempat menjadi game paling favorit dan paling ditunggu-tunggu oleh para gamers, karena jarak rilis antara seri sebelumnya dengan yang versi mobile lumayan jauh, dengan penantian yang lumayan panjang hingga hampir 1 dekade atau lebih dari 10 tahun tak heran jika game ini langsung diburu oleh para gamers yang sudah terlalu lama menunggu.

Banyak pembaruan yang dilakukan oleh pengembangnya saat merilis Lineage II Revolution yang dijamin bakal membuat siapapun pemainnya betah. Grinding level karakter yang bersahabat, hingga puluhan feature keren serta kualitas mode PVP yang lumayan besar ditambah kualitas grafis yang menawan bakal membuat kamu tak bisa melepaskan permainan ini sambil mengenang ketika memainkan game ini di PC tentunya.

Ragnarok: Eternal Love

Game lain yang semula berbasis PC yang kemudian bersalin rupa ke versi mobile selanjutnya adalah Ragnarok. Kali ini, dalam versi android, pengembang Ragnarok yakni; Gravity dan Xindong menyajikan banyak pengalaman yang lebih seru dan baru di game RPG yang versi androidnya diberi judul Ragnarok: Eternal Love.

Sebagai game onlie berbasis MMORPG, pengembang menjajikan sebuah permainan yang baru dengan kualitas yang berbeda dengan yang versi desktop sebagai rintisan awalnya.

Meski demikian, game berkualitas 3 dimensi ini masih menggunakan jenis yang sama dengan versi PC khususnya pada tingkat damage yang tetap memakai font angka. Tapi walaupun demikian, tak akan berpengaruh terhadap kualitas permainan yang lebih seru dan tentu saja lebih simpel karena cukup menggunakan perangkat smartphone.

Old School RuneScape

Game ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2001. Ketika itu, game ini memang lebih menyasar ke pengguna PC sebagai medianya. Selama puluhan tahun itu pula, game ini sudah memiliki fans hingga menembus angka 200 juta pengguna.

Melihat tingginya animo pemainnya, pengembang kemudian mendiversifikasikan permainan yang sekilas menyerupai World of Warcraft ini ke versi mobile untuk menyesuaikan perkembangan zaman sekaligus menjaga agar permainan ini tetap bisa digunakan oleh penggemar setianya.

Tugas utama permainan ini dimulai dengan membangun karakter, menuntaskan tiap pertanyaan atau quest yang menjadi tantangan utama, menciptakan alat, hingga berburu sesuai dengan versi terdahulunya.

Dragalia Lost

Game besutan Nintendo yang bekerjasama dengan Cygames ini tak kalah seru dengan permainan game android berbasis RPG lainnya. Game premium ini bahkan berhasil menyita perhatian para penikmat game RPG di dunia termasuk di Indonesia.

Dengan kualitas grafis yang maksimal, game Dragalia Lost menghadirkan permainan interaktif yang seru dengan menciptakan berbagai karakter yang bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya membuat game ini langsung memiliki penggemar khusus.

Tak hanya berkualitas tinggi, game Dragalia Lost juga disisipkan lagu-lagu epik bertema khusus yang akan mengiringi pemain saat menyelesaikan permainan ini hingga tuntas.

Final Fantasy VII

Final Fantasy yang dirilis sejak tahun 1997 memang awalnya dikhususkan sebagai game console play station I besutan Sony. Ketika itu, kualitas tampilannya memang masih terlihat sederhana dan menyesuaikan zaman. Ketika itu, game ini bahkan dijadikan sebagai permainan wajib para pengguna Play Station I di seluruh dunia hingga bahkan memiliki fanbase khusus.

Namun setelah perkembangan digital yang membuat smartphone kian populer, game Final Fantasy kemudian dikembangkan khusus untuk dimainkan secara mobile hingga akhirnya hadirlah Final Fantasy VII dengan kualitas yang lebih baik dan pertempuran yang lebih variatif dan tentu saja menawarkan keseruan yang berbeda dengan versi sebelumnya.

Selain itu, tampilan grafisnya yang memanjakan, para pengunduh yang umumnya sudah mengenal game Final Fantasy sejak lama juga akan menikmati sebuah permainan yang sangat memorable dan kini bisa dinikmati hanya dengan smartphone.

Final Fantasy XV: Pocket Edition

Sejak dari versi terdahulunya yang berbasis game konsole, Final Fantasy memang dikembangkan ke dalam banyak versi hingga seri, termasuk pada game Final Fantasy XV: Pocket Edition. Yang membedakan hanyalah pada karakter yang dimainkan hingga tampilan grafis yang dihadirkan yang cenderung lebih simpel.

Pengaplikasian game yang semula berbentuk game konsol ini juga dilakukan lebih optimal pada versi mobile dengan memanfaat sistem operasi android agar terlihat lebih menarik dengan kualitas yang tentu lebih baik dari versi-versi sebelumnya.

Disini, penikmat game Final Fantasy akan memainkan berbagai karakter seperti Noctis, Ignis, Gladiolus hingga Prompto secara lebih simpel termasuk dengan item-item yang ada di dalam setiap level game ini.

Meski demikian, untuk lebih memudahkan para fans setianya mengingat setiap pertempuran pada game Final Fantasy versi terdahulu, pengembang tetap mempertahakan alur cerita yang sama dengan versi play station maupun desktop agar lebih mudah diterima.

The Elder Scrolls: Blades

Game RPG online berbasis open world ini adalah bagian dari game atau sekuel dari game francisan dengan judul yang sama yakni The Elder of Scrolls tapi dengan versi yang berbeda. Di game The Elder Scrolls: Blades ini pemain diberi kebebasan untuk mengatur kota yang sesuai dengan kreasi tiap pemain hingga kemampuan jelajah dungeon yang lebih variatif.

Bethesda selaku pengembang dari game mirip final fantasy ini memang mencoba menyesuaikan game ini agar lebih bisa diterima oleh pasar game online dengan tetap menampilkan sejumlah elemen yang sama dengan seri-seri sebelumnya.

Di game ini, pemain tak hanya menikmati kualitas sajian grafis yang keren tapi juga terdapat pilihan mode PvP yang berkualitas besar sehingga para pemain game ini bisa dengan bebas menentukan kualitas hingga tampilan dari game yang bisa dikreasikan sesuai keinginan.

Itulah tadi review beberapa game berbasis role playing game (RPG) terbaik. Sebenarnya, terdapat banyak game RPG lain yang bisa diunduh di playstore maupun di situs peramban lain. Hanya saja, 10 daftar game RPG ini bisa dijadikan sebagai referensi bagi para pengguna smartphone maupun para gamers.

Selain menyajikan kualitas grafis yang baik, game-game ini juga sudah diunduh oleh jutaan pengguna dengan kualitas pengalaman pengguna dengan rating yang baik.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn