Kelebihan dan Kekurangan Vivo V21 5G

Nama Vivo sudah sempat kita bahas sebelumnya. Yakni Vivo Tipe Y. Namun Vivo juga mengeluarkan Tipe V baru-baru ini. Berbagai sumber mengatakan bahwa Vivo V21 5G juga memiliki beberapa fitur yang tidak kalah. Baik dari segi performa, fitur yang mumpuni, dan juga pengguna mampu memiliki pengalaman berselancar di Internet dengan kecepatan band 5G.

HP Vivo
Spesifikasi Vivo V21 5G
  • Rilis Mei 2021
  • Layar 6.44 inci AMOLED 90Hz HDR10+ ~409 ppi
  • Chipset MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G (7 nm)
  • GPU Mali-G57 MC3
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 44 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh, Fast charging 33W
Selengkapnya : Harga dan Spesifikasi Vivo V21 5G

Vivo mengklaim dirinya sedang berusaha memberikan fitur terbaik untuk para pengguna melalui HP jebolannya ini. Pasalnya Vivo diketahui menyediakan fitur Layar: AMOLED 6,44 inci, resolusi Full HD Plus, RAM: 8 GB, memori internal 128 GB, kamera belakang 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), kamera depan: 44 MP, f/2.0, OIS, baterai 4.000 mAh, fast charging 33W.

Nah, meskipun begitu kalian pasti penasaran dengan kelebihan dan kekurangan dari gawai pintar ini. Untuk penjawab rasa penasaran kalian, artikel ini akan membahas seluk beluk perangkat pintar ini. Mulai dari layar, chipset, hingga aspek menarik lainnya. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Kelebihan Vivo V21 5G

Ditawarkan dengan menawarkan teknologi terbaru yaitu jaringan 5G, Vivo V21 5G juga menawarkan beberapa kelebihan yang menarik untuk dipertimbangkan, diantaranya:

1. Chipset yang Handal

Kalian tidak boleh meremehkan chipset yang disematkan di dalam gawai cerdas ini. Vivo V21 5G memiliki seperangkat chipset MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G. Fabrikasi yang dimiliki adalah 7 nanometer.

Chipset yang ‘nakal’ ini memungkinkan kalian yang gemar bermain game parah agar mendapatkan momen bermain yang nyaman dan lancar. Dukungan CPU octa core serta GPU Mali G57 MC3 juga dapat menunjang kualitas grafis dari HP ini.

Kalian tidak perlu khawatir soal performa. Chipset ini juga dipadukan dengan RAM 8GB dan dilengkapi dengan opsi 3GB Extended RAM. Nah, kalau kalian jadi menimang perangkat ini, dijamin Vivo V21 5G disebut mampu menghadirkan kecepatan downlink hingga 2.77Gbps dan kecepatan uplink hingga 1.25Gbps.

2. Panel Layar AMOLED

Kalian harus tahu bahwa Vivo V21 5G telah ilengkapi dengan layar AMOLED. Jangan khawatir soal pengalaman menatap layar perangkat ini. Pasalnya, layar ini memiliki lebar 6,44 inci, beresolusi full HD+ 90Hz. Dan juga, sudah mendukung konten standar HDR10+.

Layar Vivo mampu memancarkan tampilan dengan kontras tinggi, kecerahan yang cukup untuk penggunaan luar ruangan. Sehingga ketika kalian ingin menggunakan perangkat ini di luar ruangan masih bisa melihat dengan jelas tanpa harus mencari tempat dengan cahaya redup.

Nah, kalian dapat menemukan bahwa faktanya, terdapat tiga mode warna yang bisa dipilih; standar, utamakan akurasi atau saturasi, dengan opsi pengaturan temperatur warna terpisah. Refresh rate-nya juga bisa dibuat tetap 60Hz, 90Hz maupun smart switch alias berganti otomatis sesuai kebutuhan konten yang diakses.

3. Kamera Utama 64MP

Ini adalah fitur yang ditunggu untuk kalian yang hobi berkecimpung di dunia fotografi. Vivo V21 5G memiliki tiga kamera belakang yang beresolusi 64MP (lensa utama), 8MP (lensa ultrawide + bokeh effect), dan 2MP (lensa makro).

Mendukung kemampuan fotografinya, Vivo sudah menyertakan Dual OIS Night Camera pada kamera depan dan lensa utama di kamera belakang. Jadi kalian bisa mengambil gambar di cahaya yang redup. Baik di luar ruangan atau di dalam ruangan. Kalian juga bisa mendapatkan gambar yang jernih ketika malam hari dengan fitur kamera ini.

Vivo jelas ingin menghadirkan momen berfoto yang menyenangkan dengan kemampuan kamera utama 64MP Ultra HD. Gambar yang akan dihasilkan bisa terlihat dengan jernih dan tajam. Nah, bahkan saat kalian memperbesar hasil foto tanpa takut gambar pecah atau rusak. Cocok sekali untuk mencetak foto langsung tanpa khawatir hasil yang tidak maksimal.

Nah, kali ini adalah kamera 8MP Super Wide-Angle dengan sudut pandang 120° yang menawarkan kalian lebih banyak hal indah. Untuk kalian yang hobi fotografi, fitur ini memang menggiurkan untuk mendapati hasil yang awesome seusai mengambil gambar.

Kalau kalian suka memotret hal-hal kecil, kamera Super Macro 2MP siap membantu kamu. Kamera gawai pintar ini mampu menampilkan berbagai pesona dan detail yang mengagumkan pada jarak 4 cm.

Hasil bidikan kamera belakang ini jelas akan sangat baik layaknya kamera profesional. Belum lagi dengan dukungan beberapa fitur pendukung fotografi lainnya yang bisa dijumpai. Kamera belakang ini juga mampu merekam Video dengan resolusi sampai dengan 4K 30fps. Sementara kamera depannya beresolusi 44MP. Bagaimana, menggiurkan bukan?

4. Fast Charging 33W

Vivo V21 5G ini memiliki fitur pengisian cepat 33 watt. Pihak Vivo mengklamin bahwa mampu mengisi daya dengan cepat dan stabil. Fakta membuktikan bahwa untuk mengisi daya baterai dari 0% sampai dengan 65% hanya memakan waktu 30 menit saja. Cukup cepat bukan?

5. Desain Elegan

Bagian desain Vivo V21 5G tampil sangat elegan. Gawai ini tampil dengan dimensinya yang tipis dan simple. Ponsel yang memiliki dua pilihan warna Dusk Blue dan Sunset Dazzle ini juga nampak menarik dan catchy. Vivo sengaja mendesain kamera belakang yang dibuat besar agar semakin menunjukkan identitasnya yang baru sebagai gawai canggih.

Banyak pengguna yang nostalgia pada seri ponsel Flagship. Dengan desain kamera besar ini yang jelas membawa kembali memori desain ponsel Flagship. Nah, pada bagian depan juga akan disempurnakan dengan hadirnya kamera depan yang mengusung desain punch hole.

6. Koneksi 5G

Bagi kalian yang sangat membutuhkan internet cepat, adanya dukungan 5G membuat Vivo V21 5G bisa dibilang sebagai ponsel ini mempunyai konektivitas yang baik. Namun, selain dukungan 5G, HP ini juga mampu tersambung ke jaringan WiFi 5 GHz, Bluetooth 5.1, dan tidak ketinggalan NFC multifungsi.

NFC multifungsi yang tersemat pada Vivo V21 5G Indonesia ini lebih dari negara lain. Ya, bisa dibilang istimewa. Sebab, beberapa negara seperti India tak kebagian jatah ponsel dengan kemampuan yang sama. Nah, NFC yang tersemat di Vivo V21 5G dapat digunakan untuk sarana pembayaran nontunai, mengirimkan data (kontak, gambar, dsb), serta membuka kunci hotel atau apartemen.

Kekurangan Vivo V21 5G

Meski memeliki beragam keunggulan yang menarik, sebagaimana kebanyakan smartphone lainnya, Vivo V21 5G memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Harga

Banyak pihak menyayangkan harga gawai cerdas ini terlalu tinggi. Ya, untuk kalian yang ingin menimang gawai ini harus merogoh kocek hingga 5 juta rupiah. Pihak Vivo mengungkapkan apabila harga tersebut sangat worth it untuk fitur gaming dan kamera. Namun sebagian masih menyayangkan dengan harganya yang lebih tinggi dibandingkan dengan gawai lain yang memiliki fitur sama namun harga di bawah Vivo V21 5G.

2. Kapasitas Baterai 4.000 mAh

Untuk HP seharga Rp 5 jutaan, baterai dengan kapasitas 4.000 mAh tentu dirasa kurang oleh beberapa pengguna. Vivo sengaja hanya membekali ponsel ini dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh, karena Vivo ingin memangkas dimensi ukurannya. Hal ini bisa terlihat dengan desain Vivo V21 5G yang terlihat super slim untuk ponsel keluaran tahun 2021.

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat kalian soal uraian di atas? Memang, untuk HP seharga Rp 5 jutaan, baterai dengan kapasitas 4.000 mAh kurang mumpuni menyongsong fiturnya yang canggih. Namun, tetap saja harga tersebut masih cukup untuk fitur gaming yang menjanjikan, serta kamera yang bening. Layar AMOLED juga mendukung penyajian gambar yang bening pun tidak boleh dilupakan. Apalagi segi memori yang tidak boleh dikalahkan. Nah, sekali lagi, apakah kalian rela merogoh kocek sebesar 5 juta rupiah untuk HP satu ini?