Kelebihan dan Kekurangan Asus ROG Phone 5

Anda mencari mencari HP yang kuat digunakan untuk game online? Nah, Anda bisa mempertimbangkan Asus ROG Phone 5 untuk menunjang kegiatan bermain online.

Ada beberapa ulasan yang merekomendasikan Asus ROG Phone 5 untuk game online. Hal ini tentu karena spesifikasi yang dimiliki mendukung para gamer. Sebelum membeli supaya lebih yakin, berikut ini ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari hp keluaran Asus ini.

HP Asus
Spesifikasi Asus ROG Phone 5
  • Rilis Juni 2021
  • Layar 6.78 inci AMOLED 144Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU Adreno 660
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 12/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 13 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan 24 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 6000 mAh, Fast charging 65W
Selengkapnya : Harga dan Spesifikasi Asus ROG Phone 5

Kelebihan Asus ROG Phone 5

Tidak hanya soal game, Asus ROG Phone 5 punya kelebihan lain yang patut dipertimbangkan. Kelebihan HP ini mulai dari kamera, baterai, layar, dan chipsetnya.

1. Kamera

Walaupun tujuan utama dibuatnya HP ini adalah untuk memenuhi kebutuhan para gamer, Asus ROG Phone 5 memiliki kualitas kamera layaknya HP flagship. Ada tiga kamera yang siap menangkap momen berharga Anda.

Kamera belakang terdiri dari 64 MP untuk kamera utama dan 13 MP untuk kamera ultrawide. Sedangkan kamera depannya 24 MP untuk hasil selfie dan video yang lebih tajam.

Anda pun bisa menggunakan HP ini untuk menghasilkan video yang berkualitas. Ini berkat fitur Pro Video mode. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengontrol kualitas video, dan mendapatkan gambar yang diinginkan.

2. Baterai

Tentu saja daya tahan baterai menjadi salah satu pertimbangan. Apalagi kalau Anda memiliki tim dan selalu bermain secara rutin. Anda ingin HP dengan kapasitas baterai besar.

HP ini memiliki baterai dengan kapasitas 6000mAh yang terdiri dari dua baterai dengan kapasitas masing-masing 3000 mAh. Anda bisa memakai HP ini untuk main game online seharian. Kapasitas ini bahkan cukup untuk penggunaan lama saat memainkan permainan yang super berat.

3. Teknologi Layar

Tentunya sebagai HP yang dibuat untuk bermain game, Asus ROG Phone 5 memiliki layar yang menjamin kenyamanan para pemain. Teknologi yang dipakai untuk layar adalah AMOLED. Teknologi ini dibangun oleh Samsung untuk menciptakan permainan yang mulus, dengan touch latency 24,3 ms.

Selain itu layar ini juga memiliki refresh rate yang cukup tinggi, yaitu 144 Hz. Hal ini penting agar permainan Anda tidak tersendat. Kemudian layar ini juga dilengkapi teknologi HDR (High Dynamic Range), sehingga Anda bisa melihat visual game secara lebih detail. Dengan teknologi ini, Asus ROG Phone 5 bahkan mampu memperbaiki gambar non-HDR.

Tidak kalah pentingnya, layar ini dibekali dengan teknologi Eye Care Display. Adanya fitur ini menjadikan mata Anda terlindung dari blue light yang berbahaya. Layar ini menjaga kenyamanan mata walaupun Anda bermain dalam waktu yang lama.

4. Audio

Asus ROG Phone 5 memiliki kualitas audio yang bagus. Perangkatnya memiliki dua speaker yang menjaga keseimbangan suara saat dipakai tanpa headset. Kemudian saat Anda menggunakan headset, Anda bisa mendengarkan detail suara dari game yang membuat pengalaman bermain lebih menarik.

5. Chipset

Keunggulan terakhir ini rasanya memang salah satu komponen terpenting. HP ini didukung oleh Qualcomm Snapdragon 888 yang membuat prosesing jadi lebih cepat.

Selain itu performa rendering GPU 35% lebih cepat. Artinya permainan akan tetap berjalan mulus, bahkan untuk game 3D yang menuntut performa GPU prima. Jadi, bisa dikatakan dengan Asus ROG Phone 5, Anda bisa mencoba semua game.

Tidak lupa juga kapasitas memorinya yang besar, yaitu ROM 256 GB dan RAM 16 GB. Hal ini menjadikan HP Anda anti lemot, sekaligus mampu menyimpan beberapa game berat sekaligus.

Kekurangan Asus ROG Phone 5

Sebagai sebuah produk, tentunya Asus ROG Phone 5 memiliki kekurangan di antara kelebihannya. Berikut ini beberapa kekurangan yang ada pada HP ini.

1. HP Cepat Panas

Adapun kekurangan dari HP ini adalah perangkatnya mengeluarkan panas saat digunakan untuk bermain game setelah beberapa saat. Hal ini memang bisa terasa tidak nyaman. Oleh karenanya, Anda bisa menggunakan Aero Active Cooler 5, atau aksesoris yang berfungsi mendinginkan HP.

2. Beberapa Aksesoris Lama Tidak Bisa Dipakai

Bagi Anda yang memiliki HP dengan mereka sama, Anda pasti berharap aksesoris yang biasa dipakai kompatibel dengan keluaran terbaru. Hal ini tidak bisa dilakukan untuk Asus ROG Phone 5. Ada beberapa aksesoris yang dulu bisa dipakai di generasi sebelumnya, tidak dapat dipakai untuk tipe ini.

Aero Active Cooler 3 tidak bisa dipakai untuk tipe ini. Anda harus upgrade ke pendingin Aero Active Cooler 5 untuk digunakan di HP ini. Kemudian Mobile Desktop Doc yang dulunya bisa digunakan untuk Asus ROG Phone 3, tidak bisa lagi digunakan untuk tipe ini.

3. Tidak Punya IP Rating

IP Rating menunjukkan tingkat ketahanan perangkat terhadap lingkungan. Rating ini digunakan untuk mengukur ketahanan perangkat HP terhadap debu, air, dan benturan. Sayangnya, Asus ROG Phone 5 tidak memiliki IP Rating.

Hal ini menunjukkan bahwa perangkat HP ini memang untuk penggunaan di dalam ruangan, atau dalam lingkungan yang aman. Anda tidak bisa menggunakan HP ini saat keadaan sedang gerimis atau berdebu.

Selain itu penutup USB port terbuat dari plastik dan menyatu dengan perangkat HP. Hal ini menjadikan penutup mudah patah atau rusak. Padahal penting untuk melindungi USB port dari debu agar tidak gampang rusak.

Dilihat dari kelebihan dan kelemahannya, secara keseluruhan Asus ROG Phone 5 memang masih unggul untuk jadi perangkat para gamer. Kalau Anda tertarik untuk membeli HP ini, bisa mengunjungi situs Blibli untuk penawaran terbaik dan informasi yang lebih lengkap.