Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52

Masih ingat dengan peluncuran Samsung Galaxy A52 versi 4G pada Maret 2021? Ya, itu adalah versi yang resmi dijual di Indonesia saat itu, sedangkan versi 5G belum diperkenalkan ke pasar di pasar Indonesia. Baru pada September 2021 Samsung Electronics Indonesia (SEIN) resmi memperkenalkan Samsung Galaxy A52s-nya di Indonesia.

HP Samsung
Spesifikasi Samsung Galaxy A52
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.5 inci Super AMOLED 90Hz ~407 ppi
  • Chipset Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4500 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 4.700.000 - 5.100.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A52 dan Harganya

Ya, kami adalah warga negara Indonesia yang bahagia. Samsung Galaxy A52s hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari Galaxy A52 5G biasa. Tambahan "s" ini dirancang untuk menandakan peningkatan spesifikasi ini.

Anda dapat merujuk ke artikel tentang perbedaan antara Galaxy A52 5G dan A52s 5G untuk mempelajari peningkatan yang ditawarkan varian "s" ini. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan ponsel ini, kami telah mencantumkan beberapa detail yang dapat digunakan sebagai sumber. Simak artikel selanjutnya ya!

Kelebihan Samsung Galaxy A52s 5G

Ini adalah beberapa dari banyak keunggulan yang ditawarkan Samsung Galaxy A52s 5G. Apakah menurut Anda ponsel ini memiliki fitur yang mengalahkan kompetitor dengan harga yang sama? Lihatlah poin-poin ini!

Layar FHD+ SuperAMOLED yang memiliki 120 Refresh Rate dari 120 Hz

Apakah Anda sering menggunakan ponsel untuk bermain game atau streaming film? Samsung Galaxy A52s ini dikatakan hadir dengan tampilan yang menakjubkan dan mampu menciptakan visual yang memukau. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa ia memiliki layar Super AMOLED dengan diagonal 6,5 inci. Layarnya sudah hadir dengan resolusi Full HD+ (1080 2400 piksel).

Desain layarnya menampilkan Infinity-O Display yang merupakan lubang punch yang terletak di tengah. Ponsel ini menawarkan pengalaman pengguliran yang mulus karena kecepatan refresh 120. Jika dibandingkan dengan kecepatan refresh standar 60Hz, layar menampilkan gerakan dua kali lebih halus.

Kecepatan refresh 120 adalah positif, karena Galaxy A52 4G hanya membawa kecepatan refresh 90-Hz. Samsung Galaxy A52 5G juga dilengkapi dengan kecerahan 800 nits saat dalam pengaturan HBM (mode intensitas tinggi) sehingga semakin memanjakan mata meski di siang hari yang terik.

Selain itu, ada juga fitur Eye Comfort Shield yang mendapat sertifikasi Eye Care Certification oleh SGS, perusahaan Swiss yang dikenal dengan SGS. Jadi, kecerahan cahaya biru yang berasal dari layar bisa dikurangi sehingga lebih aman bagi mata pengguna.

Layar Samsung Galaxy A52s5G hadir dengan sertifikasi Widevine L1 yang memungkinkannya menampilkan konten HD dari layanan streaming seperti Netflix dan juga Amazon Prime. Namun, itu tanpa dukungan HDR10. Tidak ada lagi kemungkinan untuk menikmati konten video HDR dari YouTube.

Meski begitu, layar Galaxy A52s termasuk yang teratas di kelasnya. Anda dapat mengharapkan untuk melihat kulit hitam asli dan memiliki rasio kontras yang tinggi.

Kamera Quad 64MP yang layak, ditambah OIS

Dari segi kemampuan kamera tidak berbeda dengan Galaxy A52 5G biasa. Ponsel ini didasarkan pada konfigurasi Quad Camera, yang mencakup sensor utama 64 megapiksel (sudut lebar) sebagai Sensor Sony Exmor IMX682.

Lensa utama memiliki aperture f/1.8 dengan resolusi 0,80 meter dan ukuran sensor dalam kisaran 1/1,7 inci. Ini unik karena memiliki fitur OIS (Optical Image Stabilizer) yang memastikan fotografer tetap memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dan video yang bagus sambil berjalan.

Samsung Galaxy A52 juga dilengkapi dengan tiga lensa tambahan. Salah satunya adalah sensor ultrawide 12 MP. Ini memiliki aperture f/2.2 dengan dimensi piksel 1,12um dan bidang penglihatan 123°. Dua kamera terakhir, handset dilengkapi dengan sensor 5MP f/2.4 untuk fungsi makro serta sensor 5MP f/2.3 untuk fitur kedalaman.

Seperti ponsel lain dengan harga menengah, Samsung Galaxy A52s memungkinkan perekaman video pada resolusi hingga 4K. Jika Anda mencari resolusi delapan megapiksel, maka tampaknya Anda harus mencari ponsel yang berada di kisaran harga andalan 10 juta.

Bagian depan kamera terdapat lensa selfie 32 MP dengan bukaan 1/2.8 inci, dengan bukaan 26 milimeter dengan bukaan f/2.2. Seperti kamera depan, kamera depan juga memiliki resolusi hingga 4K saat membuat video.

Berdasarkan berbagai foto yang kami kumpulkan dari berbagai sumber Berdasarkan berbagai sampel foto, Samsung Galaxy 5G sangat solid dalam menghadirkan foto berkualitas tinggi saat Anda memotret di siang hari dan ultrawide atau di malam hari. Namun, kondisi gambarnya tidak lebih dari iQOO 7 Legend yang dibanderol dengan harga lebih mahal (sekitar Rp 8 jutaan).

Desain Bodi Seri A khas Samsung yang Chic dan bergaya

Samsung kerap menawarkan tampilan bodi yang tangguh dan serius di seri A-nya. Namun, itu dulu. Pada tahun 2021 Galaxy A52s 5G beserta jajaran Galaxy A Series lainnya telah didesain dengan desain yang stylish dan modern.

Menggabungkan tema Luar Biasa dalam warna, Anda diberi rona lembut. Benjolan kamera hadir yang menyatu dengan warna keseluruhan tubuh untuk menciptakan gaya yang mengalir.

Setidaknya ada empat pilihan warna untuk dipilih, termasuk Awesome black, Awesome White Awesome Mint, serta Awesome Violet. Bagian bawah bodi adalah port USB Type-C yang terjepit di antara speaker serta jack audio 3,5 milimeter.

91mobiles mengatakan bahwa lokasi pada layar sensor sidik jari di dalamnya membuat proses membuka kunci menjadi lebih mudah. Ini ditempatkan secara ergonomis di layar dan lebih cepat daripada Face Unlock.

Ada Sertifikasi IP67

Ketahanan bodi tentu menjadi hal yang tidak boleh diabaikan pada ponsel yang dibanderol dengan harga kelas menengah. Pastikan ponsel tidak mudah terkena koi saat terkena air. Itu sebabnya Samsung juga menawarkan ponsel Galaxy A52s5G dengan sertifikasi IP67.

Karena peringkat IP yang disertifikasi oleh perangkat, perangkat ini memiliki perlindungan tertinggi terhadap debu dan dapat menahan air hingga kedalaman satu milimeter dengan durasi yang dapat bertahan hingga tiga puluh menit. Fakta bahwa ia memiliki sertifikasi IP Rating membuat pengguna merasa aman ketika mereka perlu berenang dengan ponsel, atau sekadar membawa ponsel ke kamar mandi.

Menghadirkan Speaker Stereo yang Enak Didengar

Samsung Galaxy A52s 5G adalah layar yang bisa digunakan untuk menonton film, tapi seperti apa kualitas suaranya? Ini adalah area di mana HP ini unggul. Kabarnya Galaxy A52s 5G ini hadir dengan dua speaker Stereo yang seimbang dan mampu menghadirkan suara yang seimbang.

Samsung Galaxy A52s 5G menyertakan penyetelan Dolby Atmos, yang berarti kualitas audionya sangat jernih, dan keras. Kehadiran Dolby Atmos berpengaruh saat Anda menyambungkan ke jack earphone 3,5 milimeter.

Karena speaker stereo disertakan pada Galaxy A52 5G standar, kemungkinan keduanya menawarkan kualitas audio yang sama. GSM Arena mengatakan bahwa kualitas speaker stereo di Galaxy A52 5G bagus. Galaxy A52 5G cukup bagus. Dia memiliki suara yang keras yang membuat pengguna mendapatkan peringkat keseluruhan di kisaran -27,5 LUF.

Pakai Pelindung Corning Gorilla Glass 5

Selain lebih baik dalam hal ketahanan terhadap debu dan air, Galaxy 5G juga memberikan ketahanan yang kuat terhadap layar. Layar 6,5 inci terbungkus dalam perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5 yang sangat tahan lama di kisaran harga menengah.

Bahkan, tidak secanggih POCO X3 GT yang menggunakan Gorilla Glass Victus yang merupakan generasi terbaru. Namun demikian, Gorilla Glass 5 setidaknya mampu melindungi layar ponsel Anda dari bahaya saat terjatuh ke permukaan keras pada ketinggian sekitar 1,2 meter.

Gorilla Glass 5 juga menawarkan perlindungan yang lebih besar terhadap goresan dibandingkan kaca pelindung merek lain. Bahkan jika Anda memilih untuk tidak bergabung dengan kaca yang dikeraskan, layar akan bertahan untuk durasi yang sangat lama.

12 band Jaringan 5G

Hingga tulisan ini dibuat, hanya ada dua jaringan yang didukung di negara Indonesia yaitu spektrum n3 yang dioperasikan oleh provider Indosat dan spektrum n40 di Telkomsel. Samsung Galaxy A52s 5G kompatibel dengan kedua jaringan ini.

Jika Anda tidak memainkan Samsung Galaxy A52s 5G ini memiliki dukungan untuk jaringan 12 band (bandwidth) sebagai berikut: n1, n3 7, n8, n20, n28 dan n38, n40 dan n41 serta n66 dan n78.

Konektivitas 5G dapat mendukung kecepatan unduh sekitar 3,3 Gbit per detik. Selain 5G, chip di ponsel ini juga kompatibel dengan LTE Cat24/22, dengan kecepatan unduh 1200 Mbit/detik dan kecepatan unggah mencapai 210 Mbit per detik.

Ini memiliki opsi konektivitas lain yang solid, termasuk Bluetooth 5.0, USB Type-C, kehadiran jack audio 3,5 milimeter, bersama dengan NFC. Ponsel ini kompatibel dengan jaringan WiFi 2,4 5 GHz dan 2,4, tetapi tidak mendukung WLAN 6 atau 6E.

Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G

Selain berbagai keunggulan yang menggiurkan, Anda perlu mewaspadai beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy A52s5G ini yang membuatnya tampil kurang kompetitif. Ini adalah kerugiannya.

Pengisi Daya Cepat Non-kompetitif Kapasitas 25 W

Samsung Galaxy A52s hadir dengan kapasitas baterai yang terbilang standar di kelasnya, yakni berkapasitas 4.500mAh. Kapasitas baterai ini sangat besar dan akan membuat ponsel tetap beroperasi sepanjang waktu (dalam penggunaan normal). Ini karena layarnya adalah layar AMOLED yang lebih hemat daya daripada IPS.

Pada layar AMOLED, cahaya yang menerangi layar akan benar-benar padam saat gelap dan ini membuatnya lebih mampu menopang daya baterai.

Selanjutnya, chip yang dijalankannya adalah Snapdragon 778, yang merupakan tingkat fabrikasi yang sangat rendah yaitu 6 nanometer. Dibandingkan dengan Snapdragon 750 di Galaxy A52 5G dengan fabrikasi 8 milimeter, ponsel ini memiliki kualitas efisiensi daya yang lebih baik.

Seorang YouTuber bernama Tech Spurs mengklaim bahwa ponsel ini mampu bertahan lama dengan baterai. Tech Spurs terlibat dalam berbagai hal seperti mengambil foto dan juga streaming. Ia mengklaim bahwa Galaxy A52s 5G memberikan waktu yang lama untuk screen-on.

Jika Anda menggunakannya di malam hari, Galaxy A52s 5G tidak mengaktifkan mode hemat baterai otomatis. Samsung Galaxy A52s 5G memiliki fitur fast charging dengan daya maksimum 25 W. Begitu juga dengan case di dalam box yang hanya bisa mendukung 15 W.

Ini bukan kapasitas pengisian tercepat. Pasalnya, masih banyak smartphone lain dengan harga 6 jutaan yang memiliki teknologi fast charging, seperti Xiaomi Mi10T yang mengemas daya 33 W atau realme GT 5G yang memiliki fast charging 65 W.

Chipset ini dianggap kurang kuat dari kategori harganya.

Namun, ada lebih dari sekadar teknologi pengisian cepat yang kalah dari pesaingnya, prosesornya juga. Ada alasan mengapa Samsung memutuskan untuk menambahkan Snapdragon 778G ke ponsel 6 juta lebih, sedangkan mayoritas pesaingnya menggunakan Snapdragon 888. Snapdragon seri 888.

Sebut saja Xiaomi Mi10T 5G yang menggunakan Snapdragon 865, atau realme GT 5G dan POCO F3 GT yang sudah memiliki Snapdragon 888. Meski dibanderol dengan harga enam juta rupiah, ketiga handset tersebut dibekali spesifikasi dan performa yang lebih baik. kinerja, yang menjadikannya ideal untuk para profesional dalam bermain game.

Galaxy A52 5G dasar hanya menawarkan Snapdragon 750G. Ada baiknya jika Samsung Galaxy A52s 5G memiliki peningkatan paling signifikan dan drastis dibandingkan Snapdragon 778 5G.

Chipset ini keluar pada Mei 2021, dan merupakan salah satu ponsel pertama yang menggunakannya. Snapdragon 778G memiliki fitur fabrikasi 6 milimeter (TSMC) dan prosesor grafis Adreno 642L (GPU).

Snapdragon 778G telah dilengkapi dengan modem 5G built-in berupa X53 dan terhubung dengan konektivitas jaringan FastConnect 6700. Ini adalah konfigurasi Octa Core yang mencakup basis utama Kryo 670 Prime (berbasis di Cortex-A78) dengan clock 2,4 GHz.

Cluster ketiga terdiri dari tiga inti Kryo 670 gold berperforma tinggi (berdasarkan Cortex A78) dengan kecepatan 2,2 GHz. Pada klaster inti hemat energi memiliki empat Kryo 670 Silver (berbasis Cortex A55) yang dapat mencapai kecepatan 1,9 GHz.

Untuk memorinya adalah Galaxy 5G yang memiliki RAM tipe LPDDR4x yang memiliki memori 8 GB sedangkan memori di dalamnya berkapasitas 256 GB yaitu jenis UFS 3.1. Ia juga memiliki fitur Dual SIM Hybrid Slots, sehingga pengguna dapat meningkatkan kapasitas hingga 1 TB melalui penggunaan microSD.

Jika Anda mencari ponsel Android dengan performa gaming terbaik di kisaran harga 6 jutaan, Samsung Galaxy A52s 5G bukanlah pilihan ideal.

Dibandingkan dengan model Snapdragon 888, Snapdragon 778G memiliki kinerja 43 persen lebih sedikit. Snapdragon 778G adalah satu-satunya ponsel dengan skor AnTuTu di kisaran 500-1000 namun Snapdragon 800 telah mencapai 700 ribu. Jika Anda mencari ponsel dengan harga terbaik, disarankan untuk membaca artikel HP tentang Snapdragon 888 paling terjangkau.

Tidak Ada Lensa Telefoto

Galaxy A52s 5G tentunya dikemas dengan konfigurasi kamera yang mumpuni. Foto-fotonya kuat untuk fotografi profesional. Mereka memiliki kualitas yang baik dan warna-warna cerah. Namun, jika Anda mencari kemampuan zoom maksimum, jangan pilih ponsel ini.

Tidak, tidak ada lensa zoom untuk telefoto yang biasanya terdapat dalam kategori harga menengah, yang berarti pengguna harus menggunakan zoom lossy (zoom digital). Lensa telefoto biasanya digunakan saat fotografer tidak dapat cukup dekat dengan subjek dari jarak jauh, namun tetap ingin membuat gambar berkualitas tinggi yang tidak buram.

Zoom digital masih bisa dimanfaatkan, namun cara kerjanya melalui cropping gambar sehingga resolusi rendah membuatnya tampak kabur.

Samsung Galaxy A52s mungkin merupakan perangkat dengan banyak keunggulan. Namun apakah mampu bersaing dengan yang terbaik di segmen HP kelas menengah? Tidak, tentu saja tidak. Dengan harga Rp 6,5 juta rupiah, Galaxy A52s 5G didukung oleh ponsel lain yang masuk dalam kisaran harga premium 7 juta rupiah seperti Vivo X60 atau Samsung Galaxy S20 FE.

Tak hanya itu, ternyata banyak juga smartphone di kisaran harga 6 jutaan yang memiliki kualitas lebih baik atau konfigurasi kamera yang lebih canggih. Jika Anda menghargai desain desain bodinya yang menarik dan konektivitas 5G, maka kami percaya bahwa Galaxy A52s 5G adalah pilihan yang layak. Apakah kamu tertarik?