Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T

Xiaomi 11T adalah perangkat kelas menengah yang berada di area pasar smartphone yang sangat sibuk di mana ia memiliki banyak persaingan dalam spesifikasi dan harga. Artinya, meskipun diklaim dapat menghasilkan foto yang bagus dan kualitas yang dibuat sangat baik, sebagian besar smartphone lain pada titik harga ini juga melakukan hal yang sama. Apalagi ia dihadirkan bersamaan dengan Mi 11T Pro yang membawa kemampuan lebih di atasnya.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Xiaomi 11T
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.67 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset MediaTek Dimensity 1200 5G (6 nm)
  • GPU Mali-G77 MC9
  • Internal 8/256 GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (telephoto macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 67W
  • Harga Rp 6.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Xiaomi 11T dan Harganya

Di Indonesia perangkat ini bisa kalian dapatkan dengan merogoh kocek 5 jutaan. Ia memiliki 3 variasi warna utama, yakni Meteorite Gray, Moonlight White, dan Celestial Blue. Ada sederet kelebihan yang diwarnai oleh beberapa kekurangan tidak mencolok pada Xiaomi 11 yang membuatnya patut masuk dalam list smartphone worth it to buy 2021.

Kelebihan Xiaomi 11T

Jika kalian menginginkan smartphone serba bisa yang tidak terlalu menguras kantong, Xiaomi 11T adalah jawabannya. Dengan memilih perangkat ini, beberapa kelebihan menggiurkan berikut ini juga akan menjadi milk kalian.

Layar AMOLED Full HD+ dengan Refresh Rate 120Hz

Layar AMOLED milik Xiaomi 11T memiliki resolusi 2400x1080 piksel. Ia hadir dengan ukuran diagonal 6.67 inci dan menghasilkan kerapatan piksel 395 PPI yang memastikan gambar terlihat tajam. Kecepatan refreshnya mencapai angka 120Hz dan dapat diatur ke 60 atau 120 Hz di pengaturan Android. Dengan refresh rate tinggi ini, berarti Xiaomi telah memberikan kualitas reproduksi yang sangat halus.

Tak ketinggalan Xiaomi 11T juga mendukung HDR10+ sehingga kalian bisa menonton banyak konten berkualitas dengan rentang dinamis yang tinggi. Menariknya lagi, Xiaomi menambah keunggulan spesifikasi layar unggul ini dengan touch sampling rate hingga 480Hz.

Layanan maksimal dan keunggulannya tidak berhenti sampai di situ saja. Xiaomi 11T mengklaim dukungan hingga 1 miliar warna dengan kecerahan puncak 1000 nits yang berarti keterbacaan di luar ruangan sangat bagus menggunakan perangkat ini. Kalian bisa dengan leluasa memanfaatkan fitur Mode Sunlight, Mode Baca, True Color, dan True Display.

Kamera Utama 108MP yang Memiliki Banyak Fitur

Xiaomi 11T dikemas dengan pengaturan tiga kamera belakang. Konfigurasinya dipimpin oleh lensa monster beresolusi besar 108MP dengan aperture f/1.75, yang dilengkapi dengan sensor Samsung ISOCELL HM2 yang juga terlihat pada 11T versi Pro.

Kamera utama tersebut menggunakan pengaturan piksel 9-in-1 untuk membuat gambar 12MP (3000 x 4000 piksel). Tetapi jika kalian memilih mode 108MP, kamera Xiaomi 11T akan mempertahankan gambar penuh 9000 x 12000-piksel.

Perlu dicatat bahwa sensor utama pada smartphone ini tidak memiliki optical image stabilization, melainkan menggunakan electronic image stabilization (EIS) berbasis gyro. Hal itu tidak berpengaruh besar karena kalian tetap bisa menghasilkan potret yang berkualitas.

Kamera kedua yang melengkapi sensor utamanya adalah kamera ultra-wide 8MP yang memberikan bidang pandang 120 derajat yang praktis untuk lanskap besar seperti pemotretan grup atau pemandangan luas. Sementara kamera ketiga Xiaomi 11T adalah sensor telemakro 5MP yang sama seperti yang ada pada Mi 11. Ia bisa memberikan zoom 2x dan fokus hingga 1,18 inci (3cm) sehingga foto yang didapatkan lebih menarik.

Tidak ada opsi video 8K pada Xiaomi 11T tetapi kalian bisa melakukan rekaman video dalam 4K pada 30fps atau 1080P pada 60fps. Plus, jika kalian memilih opsi slow mo, kamera pada perangkat ini bisa melakukan rekaman hingga 1080p pada 120fps.

Baterai Jumbo

Smartphone kelas atas tentu tidak boleh kalah saing dengan smartphone entry-level yang saat ini sudah menawarkan kapasitas baterai tahan seharian. Nah, tak perlu risau karena Xiaomi 11T dibekali daya baterai besar hingga 5.000 mAh.

Untuk mengisi dayanya Xiaomi telah memberikan dukungan Hyper Charge 67W yang diklaim mampu mengisi daya secepat kilat. Kalian hanya perlu menunggu 36 menit saja untuk mengisi daya dari 0 hingga 100%. Xiaomi juga mengklaim telah menggunakan teknologi Multiple Tab Winding yang berfungsi mengurangi tekanan daya dan panas agar bisa mengisi daya dengan optimal. Wah, sangat menarik bukan?

Proteksi Layar dan IP Rating

Xiaomi 11T dihadirkan dengan perlindungan layar dari Corning Gorilla Glass Victus. Karena proteksi tingkat tinggi inilah Xiaomi berani mengklaim bahwa layarnya akan tahan terhadap goresan dan keretakan meskipun jatuh dari ketinggian 2 meter.

Selain itu, perangkat ini telah mengantongi IP53 yang artinya bisa bertahan dari percikan air dan debu sehingga kalian bisa menggunakanya dengan nyaman di berbagai situasi dan kondisi.

Chipset Kencang dan Konektivitas Lengkap

Di sektor dapur pacu Xiaomi 11T terdapat prosesor MediaTek Dimensity 1200. Dengan hadirnya chip tersebut menunjukkan bahwa perangkat ini adalah satu-satunya dari tiga model 11T baru yang menggunakan MediaTek sebagai lawan dari prosesor Qualcomm Snapdragon.

MediaTek Dimensity 1200 adalah chip 5G yang menawarkan delapan inti dengan kecepatan clock hingga 3GHz. Ia memang tidak memiliki kemampuan Snapdragon 888 untuk mendukung video 8K dan kecepatan refresh yang lebih tinggi pada layar QHD. Itulah sebabnya resolusi pada Xiaomi 11T lebih rendah dan kualitas video 8K tidak ada pada smartphone.

Selain dukungan jaringan 5G, Xiaomi 11T juga menawarkan koneksi Bluetooth 5.2 dan Wi-Fi 6. Kalian juga bisa memanfaatkan fitur NFC dan sinar IR untuk fungsi jarak jauh dan slot SIM ganda.

Kekurangan Xiaomi 11T

Seri T Xiaomi secara teknis terdiri dari smartphone yang memiliki banyak karakteristik perangkat kelas atas modern, tetapi dengan spesifikasi yang sedikit dipermudah sehingga harganya lebih murah. Dalam hal ini tentu saja Xiaomi 11T menyimpan beberapa kekurangan yang bisa kalian pertimbangkan Kembali.

Hanya Memiliki Penyimpanan Tunggal

Berbeda dengan saudaranya yang memiliki pilihan penyimpanan di pasar global, Xiaomi 11T hanya memiliki konfigurasi penyimpanan tunggal dan tidak mendukung ekspansi penyimpanan microSD. Kalian akan mendapatkan kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Meskipun kombinasi ini sudah termasuk kategori penyimpanan yang besar, namun bagi sebagian orang kapasitasnya masih kurang cukup. Nah, jika kalian termasuk pengguna yang menginginkan kapasitas jumbo tampaknya Xiaomi 11T bukan perangkat yang sesuai.

Tidak Memiliki Dukungan Wireless Charging

Sayang sekali fitur-fitur canggih yang ada pada Xiaomi 11T tidak dibarengi dengan hadirnya dukungan pengisian daya nirkabel. Jika Xiaomi menghadirkan fitur terdepan yang satu ini, maka para competitor di segmennya akan langsung minder dan menunjukkan bahwa Xiaomi 11T adalah perangkat affordable sebagai smartphone serba bisa.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T sebagai bahan referensi perbandingan kalian untuk memilih smartphone terbaru di tahun 2021. Dibandingkan dengan flagship Mi 11 , memang Xiaomi 11T tidak memiliki spesifikasi unggulan seperti layar melengkung dan resolusi tinggi yang bersaing. Namun, ada banyak kesamaan lainnya yang bisa menjadikan Xiaomi 11T layak untuk masuk dalam wish list kalian tahun ini.