Cara Cek Kuota Telkomsel Cepat dan Anti Ribet

Telkomsel menjadi provider raksasa di Indonesia karena memiliki pengguna paling banyak dari provider lain. Hal tersebut bukan tanpa sebab karena Telkomsel juga memiliki banyak pilihan paket internet yang menarik. Meskipun harganya tidak semurah paket dari provider lain, namun Telkomsel memiliki keunggulan berupa jangkauan jaringan yang luas bahkan hingga ke pelosok Indonesia.

Lantas bagaimana jika kalian adalah pengguna baru dan merasa kebingungan untuk mengecek informasi seputar kartu Telkomsel seperti cek kuota? Jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek kuota Telkomsel tanpa ribet. Mulai dari cara simple tanpa kuota hingga cara yang membutuhkan data, Telkomsel menyediakan beberapa langkah yang mudah dipahami. Yuk, simak informasi berikut ini agar tidak kebingungan lagi.

1. Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Kode USSD

Cara mengecek kuota Telkomsel yang pertama adalah melalui kode USSD. Sebagaimana operator yang lain, Telkomsel juga menyediakan akses kode dial untuk para pelanggannya agar bisa mengetahui segala informasi terkait kartu Telkomsel. Untuk mengecek kuota Telkomsel melalui kode USSD, kalian tidak butuh data internet sama sekali alias free. Ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi telepon atau dial smartphone kalian
  2. Masukkan kode *888#
  3. Setelah diproses akan muncul pilihan informasi penting dan silakan pilih nomor 4 atau bacaan “Cek Pulsa dan Kuota”
  4. Tunggu sejenak maka akan muncul kembali pop-up lalu pilih “Cek Kuota” atau nomor 2
  5. Nanti Telkomsel akan memberikan informasi berupa jenis paket, sisa kuota, dan masa berlaku paket internet yang kalian miliki

2. Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui SMS

Cara cek kuota Telkomsel selanjutnya adalah melalui SMS. Cara ini pada dasarnya sama kok seperti cara di atas karena bebas data internet. Selain itu kalian juga tidak perlu memilih banyak pop-up yang muncul sehingga lebih efisien. Tanpa berlama-lama lagi, ikuti cara berikut ini untuk mengetahui sisa kuota Telkomsel yang masih kalian miliki.

  1. Buka aplikasi Pesan pada smartphone kalian
  2. Ketik SMS berisi UL (spasi) INFO dan kirimkan ke 3636
  3. Tunggu sejenak maka Telkomsel akan mengirimkan informasi paket kalian meskipun banyak jenis paket yang sedang aktif

3. Cara Cek Kuota Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Nah, kalau cara yang satu ini adalah cara yang mungkin paling simpel bagi kalian yang tidak pelit terhadap penyimpanan smartphone. Pasalnya jika menggunakan cara ini kalian harus mengunduh serta menginstall aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu. Jika ingin mengecek kuota melalui aplikasi tersebut, ikuti langkah berikut.

  1. Unduh dan install aplikasi MyTelkomsel melalui Apps Store atau Google Play Store
  2. Buka aplikasi MyTelkomsel dan log-in atau registrasi dengan nomor Telkomsel kalian jika belum pernah melakukan registrasi
  3. Setelah berhasil log-in, akan tertera informasi nomor telepon beserta sisa kuota aktif di beranda aplikasi.
  4. Jangan lupa sediakan data dan cek secara berkala agar kuota dan pulsa kalian tidak habis diam-diam ya karena Telkomsel belum memiliki Pulsa Safe.

Itulah 3 cara cek kuota Telkomsel di tahun 2021 yang harus kalian ketahui jika masih newbie mengenai provider ini. Pada umumnya cara yang digunakan tidak jauh berbeda dengan operator lain, namun Telkomsel memiliki kode dial khusus sendiri dengan pilihan informasi yang simple dan efisien untuk kemudahan akses penggunanya.