Review Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10

Setelah meluncurkan seri Redmi Note 10 yang laris manis, Xiaomi memutuskan untuk merilis versi lain yang dikenal sebagai Redmi Note 10s untuk ditempatkan di antara Redmi Note 10 entry-level dan Redmi Note 10 Pro.

HP Xiaomi
Spesifikasi Redmi Note 10
  • Rilis Maret 2021
  • Layar 6.5 inci Super AMOLED ~409 ppi
  • Chipset Qualcomm SDM678 Snapdragon 678 (11 nm)
  • GPU Adreno 612
  • Internal 4/64 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 33W
  • Harga Rp 2.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi Note 10 dan Harganya

Redmi Note 10s secara kasar menggunakan kembali bahasa desain yang ada dalam lini Redmi Note 10. Sekilas terlihat biasa saja, namun perangkat ini memiliki warna gradasi keren yang juga diklaim memberikan ujung matte sehingga membuatnya tidak rentan terhadap sidik jari.

Di Indonesia, Redmi Note 10s bisa kalian dapatkan dengan merogoh kocek sebesar 2 jutaan saja. Xiaomi memberikan 3 pilihan variasi warna, yakni Ocean Blue, Pebble White, dan Onyx Gray. Mari telusuri lebih jauh apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Redmi Note 10s.

Kelebihan Redmi Note 10s

Keluarga baru yang memiliki sebutan ‘s’ pada namanya ini berada di tengah-tengah. Pasalnya, Redmi Note 10s lebih terjangkau daripada Redmi Note 10 Pro tetapi mengemas spesifikasi perangkat keras dan kamera yang lebih baik daripada Redmi Note 10 biasa. Dengan sedikit perbedaan harga di antara ketiganya, kalian akan memperoleh beberapa kelebihan berikut ini dari Redmi Note 10s.

Bobot yang Ringan dan Bodi Ramping

Xiaomi telah dikenal sebagai penggerak segmen terjangkau di tanah air. Vendor yang satu ini kerap memimpin pasar entry-level dengan spesifikasinya yang memanjakan pengguna. Redmi Note 10s sendiri mengusung desain simple yang ramping dan ringan. Keseluruhan komponen perangkat ini dikemas dalam bobot hanya 178.8 gram saja dan ketebalan 8.29 mm sehingga kalian bisa menggunakannya dengan nyaman seharian.

Panel Super AMOLED Full HD+

Di bagian depan, ada hal istimewa yang diberikan oleh Redmi Note 10s. Smartphone ini mempertahankan desain EVOL baru yang menawarkan tampilan halus dan nuansa premium dengan layar tanpa bingkai. Xiaomi telah menyediakan panel Super AMOLED DotDisplay berukuran 6.43 inci dengan resolusi Full HD+.

Muncul dengan kecerahan 1100 nits sehingga kalian menemukan kesulitan saat menggunakan perangkat di bawah sinar matahari langsung karena menawarkan kecerahan yang sempurna. Layarnya menawarkan Sensor Cahaya Sekitar 360 derajat yang bisa mendeteksi cahaya sekitar secara akurat untuk secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar sehingga memberikan pengalaman menonton yang nyaman.

Selain itu, ia juga dilengkapi dengan 100 persen DCI-P3 untuk memastikan gamut warna yang lebih luas agar bisa meningkatkan kejelasan dan memberikan rasio kontras yang mengesankan 4.500.000:1. Dengan bantuan kecepatan pengambilan sampel sentuh 180Hz, Redmi Note 10s memiliki kemampuan mengurangi jeda input untuk memberi pengguna akurasi yang tepat saat kalian sedang bermain game.

Memiliki Quad Kamera

Xiaomi memasang total empat sensor di bagian belakang, yang terletak di kiri atas. Pengaturan kameranya mencakup kamera utama 64MP, kamera ultra-wide angle 8MP, dan dua sensor tambahan yang masing-masing beresolusi 2MP untuk bertanggung jawab atas bidikan makro dan sensor depth. Sementara di bagian depan terdapat kamera selfie yang bersembunyi pada notch kecilnya dengan resolusi 16MP.

Xiaomi mengklaim bahwa kamera belakang pada perangkat ini bisa merekam hingga 4K pada 30 fps, Kameranya menawarkan beberapa fitur seperti timelapse standar, video gerakan lambat, panorama, dokumen foto, pemotretan potret, hingga mode Pro dengan penyesuaian manual yang mendetail.

Baterai Besar Beserta Fast Charging 33W

Xiaomi benar-benar menjadikan Redmi Note 10s sebagai smartphone ideal untuk menemani aktivitas harian kalian. Dengan kapasitas daya yang tinggi mencapai 5.000 mAh, maka tidak perlu risau lagi mengenai daya tahannya. Apalagi ia juga mendapat dukungan dari fast charging 33W untuk mengisi daya. Xiaomi telah mengklaim bahwa teknologi fast charger tersebut bisa mengisi ulang baterainya hingga penuh dalam waktu kurang dari 1 jam saja.

Memiliki Speaker Stereo dan Mendukung NFC

Kelebihan selanjutnya yang tidak boleh disia-siakan dari Redmi Note 10s berada di sektor teknis audio. Perangkat ini memboyong dual speaker stereo yang akan menjamin suara saat menonton film sampai bermain game akan sangat ciamik.

Selain itu, Redmi Note 10s masuk dalam jajaran smartphone masa kini yang sudah mendukung NFC untuk transfer data dan pembayaran yang lebih efisien. Untuk rentang harga mulai dari 2 jutaan, jarang ditemui smartphone seperti ini sehingga pastikan kalian tidak melewatkannya.

Performa Bersaing dengan Penyimpanan Besar

Ingin bermain game sampai multi-tasking tanpa lag? Maka Redmi Note 10s adalah pilihan yang tepat. Departemen dapur pacunya diisi oleh komponen yang mendukung untuk performa mantap. Xiaomi memabg memilih MediaTek sebagai mitranya di Redmi Note 10s, tetapi tidak memilih chip Dimensity untuk menambahkan 5G.

Sebagai gantinya, ponsel ini menggunakan chip octa-core MediaTek Helio G95 dengan RAM 6GB atau 8GB yang bisa kalian pilih. Xiaomi menyediakan ruang internal 128GB yang tentu saja tidak terkesan pelit terhadap pengguna setianya.

Kekurangan Redmi Note 10s

Adalah hal yang wajar jika smartphone di titik harga tidak lebih dari 3 juta memiliki kekurangan. Namun kalian harus mempertimbangkan kekurangannya di bawah ini agar bisa mengukur kemampuan dari Redmi Note 10s.

Refresh Rate Masih 60Hz dan Tidak Mendukung HDR10

Redmi Note 10s memang memberikan tampilan cukup bagus karena membawa panel AMOLED. Tipe panel ini menunjukkan warna yang tajam dan hidup, dengan sudut pandang dan luminositas yang cukup baik. Terlepas dari harganya, ia menawarkan jenis tampilan premium yang cukup banyak. Namun sayangnya Redmi Note 10s cukup mengecewakan karena tidak dibekali refresh rate tinggi seperti versi Pro atau bahkan 90Hz dari versi 5G-nya.

Namun secara keseluruhan tampilannya memuaskan untuk digunakan dalam bermain game terutama dalam menonton film. Jika kalian sudah terbiasa menggunakan smartphone dengan kecepatan tinggi, perangkat ini kurang bersahabat untuk digunakan sehari-hari.

Selain itu, seperti ponsel seri Redmi Note 10 lainnya, ia juga tidak mendapatkan dukungan HDR10 yang melemahkan kredensial asupan kontennya dengan cukup baik.

Tidak Ada OIS dan EIS

Meskipun membawa konfigurasi quad kamera, namun banyak yang menyayangkan kinerja sensor optiknya biasa-biasa saja. Mengapa demikian? Usut punya usut, Xiaomi belum membekali Redmi Note 10s dengan stabilisasi sehingga hasil yang diperoleh tidak semenarik perangkat lainnya dengan fitur yang lebih kaya.

Apalagi di masa sekarang EIS sangat didambakan oleh anak muda untuk menciptakan hasil rekaman video yang mumpuni. Oleh sebab itu jika kalian ingin merekam video hingga 4K menggunakan kamera utama perangkat ini, pastikan melengkapinya dengan tripod agar hasilnya tidak goyah.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10s yang penting untuk kalian catat. Terlepas dari 2 kekurangan di atas, harganya yang terjangkau dan kelebihan Redmi Note 10s memang sangat menggiurkan untuk dimiliki.