Aplikasi Akuntansi Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Bidang akuntansi atau pembukuan merupakan divisi yang sangat urgen dalam sebuah perusahaan dan pelaku usaha. Jika dahulu sulit mendapatkan akuntan yang professional, saat ini telah banyak lulusan akuntansi yang sangat berbakat dan bisa diandalkan dalam kegiatan bisnis. Namun tak jarang pula yang memilih untuk menggunakan aplikasi akuntansi agar pembukuan dan keakuratan data bagian keuangan bisnis berjalan dengan lancar.

XAXAXAXAImage via play.google.com

Aplikasi akuntansi menjadi jembatan penghubung yang bisa menolong para pengusaha terutama yang masih berbasis UKM karena menggaji seorang akuntan tentu tidaklah sedikit. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 10 aplikasi akuntansi Android untuk membantu kamu menyusun pembukuan laporan keuangan dengan mudah.

Akuntansiku

Berbicara tentang aplikasi akuntansi Android andalan tentu harus memasukkan Akuntansiku dalam daftar kali ini. Dengan ukuran hanya 6.5 MB saja, aplikasi Akuntansiku sudah digunakan oleh puluhan ribu orang untuk mengelola dan mencatat kegiatan keuangan seperti laporan transaksi, hutang piutang, hingga laporan arus kas.

Pihak pengembang aplikasi Akuntansiku mengklaim bahwa penggunanya tidak perlu khawatir dengan keamanan data. Kamu bahkan bisa mengakses aplikasi ini dari berbagai perangkat mulai dari Android, iOS, dan juga browser smartphone. Menariknya, Akuntansiku punya fitur yang memudahkan karena para penggunanya tidak perlu melakukan back up secara manual.

Akuntansi UKM

Ya, seperti yang tertera pad namanya, aplikasi Akuntansi UKM diperuntukkan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang tidak ingin repot-repot membuat pengelolaan sistem informasi keuangan yang sedang dijalankan.

Jika kamu sama sekali tidak memiliki basic ilmu akuntansi, tenang saja karena aplikasi dengan ukuran hanya 2 MB ini menyediakan tutorial yang mudah dimengerti. Beberapa fitur penting yang sangat disukai oleh pengguna Akuntansi UKM adalah fitur Jurnal Harian, Laporan, Buku Besar, hingga pilihan Multi User. Kamu bisa menggunakan Akuntansi UKM dengan mudah dan gratis lho.

Jurnal

Nah, kalau yang satu ini adalah aplikasi akuntansi online yang cocok bagi kamu yang menyukai tampilan aplikasi mobile friendly. Jurnal telah digunakan oleh ratusan ribu user sehingga tidak ada alasan ragu mengunduhnya. Pada aplikasi Jurnal telah disediakan template pengiriman invoice dan faktur sehingga kamu tidak perlu ribet lagi ketika telah selesai mencatat laporan keuangan.

Dengan ukuran 39 MB, Jurnal memuat sistem laporan keuangan bisnis kamu secara real time. Proses pembukuan otomatis di dalamnya telah memuat bagan akun atau CoA, Buku Besar Entri Jurnal, Neraca Saldo, dan juga tak lupa COGS. Menariknya lagi, Jurnal juga bisa menghitung pajak secara otomatis sehingga sangat efisien.

Book Keeper Accounting

Sudah menjadi rahasia umum bahwa para developer India sangat mahir dalam hal teknologi, matematika, dan akuntansi. Kamu bisa mempercayai Book Keeper Accounting yang sangat disukai oleh user seluruh dunia dengan jumlah unduhan Goole Play Store mencapai angka 1 juta.

Meskipun aplikasi ini berbayar, namun untuk 30 hari pertama kamu bisa menggunakan versi trial yang gratis untuk mengakses fitur-fitur aplikasi akuntansinya yang membantu. Pada user interface-nya, Book Keeper Accounting sangat menarik dan simple untuk membantu kamu mencatat transaksi keungan pada bisnis dengan akurat. Yang paling penting aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline.

Accounting App - Zoho Books

Tak kalah mengesankan, Zoho Corporation juga turut mengembangkan aplikasi akuntansi simple yang hanya berukuran 8 MB saja. Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu bingung lagi mengelola sistem keuangan bisnis skala kecil dan menengah. Mulai dari menu Dashboard hingga Laporan bisa diakses dengan mudah dalam satu ketukan saja.

Selain Laporan Finansial, Accounting App dari Zoho akan membuat laporan Penjualan atau Sales yang bisa kamu kategorikan sesuai item atau customer. Selain itu ada pula fitur perhitungan pajak dan menu penerimaan pembayaran online sehingga akan membantu proses laporan keuangan. Sangat mudah bukan?

Deskera

Deskera adalah aplikasi akuntansi selanjutnya yang bisa kamu gunakan jika menyukai tipe aplikasi dengan tampilan mobile friendly. Mulai dari Akuntan hingga pelaku usaha memang banyak yang merekomendasikan Deskera karena sangat nyaman dan mudah digunakan.

Fokus sistem akuntansi pada aplikasi ini sangat kompleks sehingga tak perlu bimbang untuk mengandalkannya dalam membantu pengelolaan dan pencatatan keuangan bisnis kamu. Mulai dari inventaris, penjualan dan pembelian, faktur, hingga laporan keuangan yang meliputi saldo, untung dan rugi, serta arus kas akan ditangani dengan baik oleh Deskera.

Accounting Bookkeeping

Spesial bagi kamu para pelaku usaha kecil dan menengah yang baru saja merintis, maka Accounting Bookkeeping adalah aplikasi akuntansi yang tepat. Aplikasi dengan ukuran 20 MB ini menawarkan fitur akunting yang cukup lengkap dengan manajemen yang mudah dimengerti.

Untuk 30 hari pertama penggunaan, kamu tidak akan dikenakan biaya apa pun kok. Segala jenis transaksi penjualan dan pembelian serta laporan keuangan bsia kamu dapatkan dengan mudah melalui aplikasi Accounting Bookkeeping. Sudah coba atau belum?

Kledo

Kledo memang masih berumur muda dibanding aplikasi lainnya di atas. Namun jangan remehkan kinerjanya karena aplikasi yang satu ini adalah pilihan worth it untuk para pebisnis yang ingin menentukan target usaha dan melakukan pengembangan. Ya, bukan sembarang aplikasi, Kledo juga sarat dengan ilmu yang mudah dimengerti lho.

Puluhan ribu pemilik usaha telah menggunakan Kledo untuk membuat laporan keuangan otomatis berdasarkan data update pengguna. Selain itu, Kledo juga akan sangat membantu untuk membuat invoice dan faktur yang menarik karena disebut-sebut punya 50 desain kece. Wah, cocok nih untuk generasi masa kini.

Accurate Lite

Aplikasi akuntansi selanjutnya yang patut diacungi jempol dan kamu coba adalah Accurate Lite. Aplikasi ini mengklaim telah mengandalkan layanan platform akuntansi Accurate Online untuk mempermudah database usaha.

Accurate Lite akan membantu kamu mencatat penjualan dan pembelian, hutang piutang, hingga beban biaya dan stok ketersediaan barang sehingga bisa menjadi bantuan yang sangat efektif untuk para pelaku usaha mikro dan menengah. Tak tanggung-tanggung, Accurate Lite juga menyediakan fitur QRCode yang semakin mempermudah sistem laporan.

CrediBook

Butuh aplikasi pembukuan yang simple? Kamu harus mencoba CrediBook agar laporan keuangan semakin tersistem. Jangan risau soal ukurannya karena smartphone kamu hanya membutuhkan ruang 15MB saja untuk mengunduh aplikasi ini.

CrediBook mendapatkan banyak ulasan positif karena kerap diandalkan oleh pelaku usaha dan bisnis UMKM ditambah fitur cetak struk pembelian lho.

Demikian informasi mengenai 10 aplikasi akuntansi yang bisa kamu jadikan teman dalam menyusun laporan keuangan bisnis dan usaha. Mulai dari versi gratis hingga berbayar, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tingkat kompleksitas laporan atau pembukuan yang diinginkan saja. Ngomong-ngomong, adakah aplikasi akuntansi favorit kamu pada daftar di atas?