Aplikasi Arah Kiblat Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Sudah menjadi syarat mutlak bahwa umat Islam harus shalat menghadap ke arah kiblat yang mana merupakan tempat Ka’bah. Jika berada di lokasi yang dekat dengan masjid tentu saja arah kiblat bukanlah sebuah masalah. Namun bagaimana jika sedang berada di wilayah asing yang jauh dari masjid dan rumah penduduk beragama Islam? Pada umumnya banyak yang memanfaatkan arah matahari terbit dan kompas agar tidak salah ketika melaksanakan ibadah shalat.

Aplikasi Arah Kiblat Image via play.google.com

Namun seiring dengan perkembangan zaman, saat ini arah kiblat juga bisa diketahui dengan menggunakan aplikasi. Telah banyak aplikasi pendukung untuk mendukung peribadahan umat muslim seperti Al-Qur’an, kumpulan niat shalat dan puasa, termasuk mengetahui arah kiblat yang benar. Berikut ini adalah deretan aplikasi arah kiblat yang wajib kamu install di Android.

Find Qibla

Dikembangkan oleh developer ternama yang menghadirkan aplikasi khusus muslim, Find Qibla adalah aplikasi arah kiblat dengan rating tertinggi di Google Play Store. Aplikasi dengan ukuran 7.2 MB ini disebut-sebut sebagai penunjuk arah kiblat 100% akurat di seluruh dunia lho. Kompas kiblat di dalamnya akan menggunakan data lokasi kamu saat ini dibantu dengan peta GPS untuk bisa mengetahui arah kiblat yang benar.

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai kompas penentu arah kiblat saja, aplikasi Find Qibla turut menyediakan data dan fitur untuk melacak lokasi masjid terdekat sehingga kamu bisa shalat berjamaah. Selain itu tersedia pula fitur kalender Islam atau kalender Hijriah sebagai data pendukung jika kamu ingin berpuasa dan mengamalkan amalan sunnah.

Muslim Assistant

Sesuai namanya, aplikasi yang satu ini berfungsi sebagai asisten alias pengingat dalam menampilkan jadwal shalat, waktu azan, dan sekaligus menentukan arah kiblat. Ia menawarkan fitur mode kompas arah kiblat sehingga kamu bisa melihat di mana lokasi Ka’bah berada meskipun sedang dalam kondisi tanpa data atau offline.

Selain fitur seputar ibadah shalat, Muslim Assistant menyediakan menu Al-Qur’an, dzikir, doa, kalender Hijriah, Asmaul Husna, dan bahkan siaran langsung Ka’bah. Karena aplikasi ini sangat lengkap maka tidak heran penggunanya sudah mencapai angka puluhan juta. Kamu sudah install atau belum nih?

iPray

Ingin aplikasi arah kiblat yang 100% gratis dan tanpa iklan? Maka iPray wajib ada dalam smartphone kamu. Pengembang aplikasi arah kiblat ini telah menyediakan layanan untuk membantu memberikan petunjuk bagi umat muslim secara gratis dan bisa digunakan dengan nyaman karena tanpa iklan. Ya, kalau tidak percaya kamu bisa coba menginstallnya terlebih dahulu.

Tampilan iPray sangat praktis dengan menu utama penunjuk waktu shalat, azan, dan penunjuk arah kiblat yang akurat. Aplikasi berukuran 17 MB ini bisa kamu gunakan di ponsel dan tablet dengan user interface simple dan mudah dimengerti. Jika ingin mengecek tanggal dan waktu Hijriah, iPray juga menyediakannya lho.

Miqat

Miqat tidak hanya digemari oleh pengguna smartphone Android saja namun juga pengguna iOS. Aplikasi arah kiblat ini fokus pada fitur utama penunjuk waktu shalat, kiblat, dan visibilitas hilal. Pengembangnya bahkan mengklaim bahwa fitur inovatif di Miqat sangat menarik karena konsepnya berbeda dengan aplikasi tema serupa.

Dalam menentukan arah kiblat, Miqat menampilkan kiblat 3D yang mana kamu akan merasakan pengalaman real-world karena telah mengusung augmented reality seperti berada di dalam Masjidil Haram 360 derajat. Aplikasi ini menentukan arah kiblat sesuai dengan posisi matahari, bulan, dan bintang sehingga tidak perlu risau soal akurasinya.

Muslim Pocket

Dalam deretan aplikasi arah kiblat terbaik tentu harus memasukkan Muslim Pocket. Aplikasi dengan puluhan juta pengguna dan penuh ulasan positif ini sangat membantu umat muslim dengan fitur-fitur Islamic di dalamnya. Fitur utama Muslim Pocket terdiri dari jadwal waktu shalat, azan, imsak dan iftar selama bulan puasa, doa dan zikir, tajwid dalam Al-Qur’an, dan tak lupa kompas serta peta kiblat animasi yang menarik.

Selain itu, ada yang sangat menonjol dari Muslim Pocket sehingga menjadikannya aplikasi kecintaan umat muslim, yakni peta retoran halal dan lokasi masjid di sekitar. Bagi para backpacker tentu fitur ini sangat membantu dan unik karena jarang ditemukan pada aplikasi arah kiblat lain.

Qibla Connect

Keistimewaan Qibla Connect terletak pada dua mode yang bisa kamu pilih sesuai situasi dan kondisi, yakni offline dan online. Pencarian arah kiblat menggunakan aplikasi ini dapat langsung digunakan di mana saja dan kapan saja yang akan ditampilkan dalam desain yang beragam.

Untuk mendapatkan arah kiblat yang akurat, kamu harus mengukurnya pada bidang datar dan jarak yang tepat agar arah penunjuk bisa sesuai. Tenang saja jika baru pertama kali menggunakannya karena Qibla Connect memiliki tampilan yang mudah dimengerti dan ringan. Bahasa pada aplikasi ini bisa disetting ke banyak pilihan termasuk dalam bahasa Indonesia.

Arah Kiblat - Qibla Finder

Nah, kalau yang satu ini adalah aplikasi arah kiblat dari seorang developer ternama, Firdaus Kurniawan Zulqornain. Aplikasi ini hanya berukuran 4.7 MB karena memang khusus sebagai kompas arah kiblat bagi umat muslim yang membutuhkan.

Cara penggunaan Qibla Finder juga sangat mudah. Sebelumnya kamu harus memastikan bahwa smartphone yang sedang digunakan memiliki sensor magnetic dan menyalakan GPS. Setelah itu posisikan secara horizontal agar aplikasi arah kiblat bisa langsung menunjukkan arah dengan akurat. Sangat simple bukan?

Kompas Kiblat

Aplikasi arah kiblat yang wajib ada di Android kamu selanjutnya adalah Kompas Kiblat. Jangan ragu menggunakannya karena Kompas Kiblat telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store dengan ribuan ulasan positif. Fungsionalitas aplikasi ini sangat akurat karena bisa menunjukkan arah kiblat secara otomatis meskipun kamu sedang dalam mode offline.

Muslim Go

Baik mode online maupun offline, Muslim Go sangat mudah digunakan. Aplikasi multi bahasa ini menyediakan kompas kiblat yang dijamin akurat sesuai dengan lokasi di mana kamu sedang berada. Lebih dari sekedar aplikasi yang memuat jadwal waktu shalat, adzan, dan penunjuk tempat resto halal, Muslim Go juga menawarkan artikel Islami, kajian, dan motivasi.

Maqmur

Saat baru saja menginjakkan kaki di tempat baru dan masih asing, tentu saja arah kiblat menjadi masalah. Namun kamu bisa mengandalkan aplikasi Maqmur untuk membantu menunjukkan arah kiblat yang akurat saat akan menunaikan shalat. Di dalamnya juga terdapat segudang fitur mulai dari jurnal ibadah, Qur’an digital, hingga menu pembayaran zakat lho.

Di zaman yang semakin maju kamu tidak perlu lagi risau ketika bingung mengenai letak arah kiblat yang benar. Saat baru saja pindah rumah, mengunjungi tempat baru, atau bahkan berwisata ke negara yang minim masyarakat muslim, beberapa aplikasi arah kiblat di atas bisa membantu kamu secara gratis. Semoga tulisan ini bisa membantu ya.