Aplikasi Baca Novel Gratis untuk HP Android dan iPhone

Setiap orang yang hobi membaca tentu memiliki judul novel favorit atau penulis kesukaan yang selalu dinanti karyanya. Meski minat baca Indonesia masih tergolong rendah, para penulis novel dari negeri kita tidak kalah berkualitas kok. Apalagi saat ini telah tersedia layanan baca gratis dari platform tertentu dan aplikasi baca novel yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

XAXAXAXAImage via play.google.com

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki minat baca yang tinggi? Maka kamu pasti tidak asing dengan aplikasi novel gratis seperti Wattpad, Novel Me, dan sejenisnya bukan? Jika butuh rekomendasi aplikasi novel gratis yang bisa diunduh dengan mudah pada smartphone kesayangan, simak informasi berikut ini.

Wattpad

Siapa sih yang masih meragukan kepopuleran aplikasi baca novel bernama Wattpad? Platform menulis dan menjadi gudang terbitan karya fenomenal yang satu ini sukses diunduh oleh ratusan juta pengguna dari seluruh dunia.

Kamu mungkin pernah menonton serial Dear Nathan bukan? Nah, film tersebut ternyata diangkat dari salah satu cerita Wattpad lho. Memang banyak kisah menakjubkan dari Wattpad yang difilmkan sehingga tak heran penggunanya terus bertambah. Jika kamu memiliki ide-ide tulisan yang potensial menarik minat baca, bisa kok ikut menjadi Author Wattpad dengan mudah. Sudah coba belum?

Fizzo

Meskipun terhitung sebagai aplikasi novel gratis baru, Fizzo telah disukai oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia. Bukan sekedar aplikasi baca novel offline biasa, Fizzo memiliki seluruh genre novel dengan jumlah judul novel mencapai 8.000-an. Menariknya lagi, kamu bisa menggunakan audiobook untuk mendengarkan novel dengan lebih nyaman.

Jika menyukai genre romantic yang seru, Fizzo punya karya fenomenal seperti My Husband CEO Is Mafia, Dinikahi Ustadz Tampan, dan masih banyak lagi judul lainnya. Tak perlu khawatir mengenai kapasitas ruang penyimpanan Android karena aplikasi ini sangat ringan dengan ukuran hanya 18 MB saja.

NovelToon

Tidak kalah populer dan asyik, NovelToon adalah aplikasi novel gratis yang wajib kamu unduh. Saat ini telah tersedia ratusan judul Novel di NovelToon yang bisa kamu akses secara gratis dengan genre yang sangat lengkap. Bahkan genre lokal seperti silat dan science fiction seperti reinkarnasi pun telah tersedia di NovelToon.

Menginstall aplikasi ini sama saja dengan membawa perpustakaan novel digital yang bisa mengusir rasa kebosanan kamu di waktu renggang. Terlebih jika kamu memiliki deretan penulis kesukaan atau karya yang ditunggu-tunggu setiap episodenya, NovelToon membebaskan kamu untuk mengunduhnya sesuka hati kok. Menarik bukan?

Innovel

Nah, kalau aplikasi novel gratis yang satu ini muncul bersamaan dengan merebaknya virus Corona di tahun 2020. Sontak saja Innovel menjadi pilihan yang ramai diminati para pengguna smartphone yang suka membaca novel digital karena ukurannya yang ringan dan cerita di dalamnya yang seru.

Dari ratusan ribu judul novel yang tersedia di dalamnya, mayoritas genre yang bisa kamu temui adalah romansa relate dengan kehidupan sehari-hari lho. Selain itu alasan Innovel disukai oleh jutaan penggunanya adalah user interface yang simple dan membuat nyaman mata ketika membaca. Kamu suka judul apa nih di dalam aplikasi ini?

GoodNovel

Suka dengan karya penulis novel fan fiction dan romance? Kalau begitu GoodNovel adalah pilihan aplikasi novel gratis yang tepat untuk kamu. Ya, bagaimana tidak karena aplikasi dengan ukuran hanya 15 MB ini dibanjiri ulasan positif karena cerita dengan genre tersebut sukses membuat baper para pembacanya.

Tidak tanggung-tanggung, GoodNovel juga menempati peringkat pertama di Google Play Store untuk kategori Buku & Referensi. Pada dasarnya aplikasi ini mengumpulkan novel yang telah diunggah ke website WebNovel sekaligus menyediakan update terlengkap agar kamu sebagai pengguna setianya bisa menikmati karya penulis favorit dengan mudah.

NovelMe

Sudah menjadi rahasia umum bahwa NovelMe kerap melakukan event besar-besaran dengan hadiah yang sangat menggiurkan. Di dalamnya ada skema kontrak penulis dengan royalty yang tidak sedikit sehingga aplikasi ini bukan hanya cocok untuk pembaca tapi juga sangat tepat untuk kamu yang suka menulis cerita panjang.

Suka novel bergenre apa? Mulai dari romance hingga horror, NovelMe siap membuat kamu merasakan baper dan terhanyut dalam ketakutan. Kabar baiknya adalah aplikasi ini termasuk dalam deretan aplikasi novel gratis yang sangat ringan dengan ukuran hanya 7.2 MB saja lho.

Dreame

Tidak perlu diragukan lagi, Dreame berhasil masuk dalam lencana Pilihan Editor di Google Play Store sehingga sangat recommended untuk pencinta novel. Sebagai salah satu aplikasi yang ramai peminat, Dreame menyuguhkan kelebihan mulai dari genre yang lengkap, pembaharuan episode yang cepat, hingga jumlah cerita yang sangat banyak.

Di dalam Dreame kamu bisa ikut Grup Pembaca sebagai tempat membagi ide dengan pengguna yang memiliki minat cerita serupa. Apalagi Dreame juga menyediakan pelatihan ekstensif berupa workshop menulis, publikasi, dan masih banyak lagi.

Webnovel

Dimana lagi kamu bisa mendapatkan aplikasi baca novel eksklusif kalau bukan di Webnovel? Telah diunduh puluhan juta kali membuat aplikasi ini pantas dimasukkan dalam daftar aplikasi novel gratis yang wajib kamu coba gunakan untuk mengusir rasa bosan di kala pandemi.

Webnovel memiliki jadwal pembaharuan yang tersistem sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk membaca episode baru dari novel favorit. Yakin tidak tertarik mengunduhnya?

Novelah

Aplikasi novel gratis yang satu ini sih sudah sering dibincangkan oleh para peminatnya di berbagai grup menulis. Bagaimana tidak karena Novelah sering mengadakan event yang hadiahnya sangat beragam untuk siapa pun yang gemar membaca.

Bukan sembarang aplikasi baca novel, Novelah termasuk salah satu platform yang royal dengan penggunanya yang juga telah mencapai angka jutaan. Jika kamu mendaftar sebagai salah satu penulis atau kontributornya, maka kesempatan menjadi penulis terkenal pun akan terbuka lebar dengan pendapatan bulanan yang bisa diandalkan.

iReader

Jangan ngaku penggemar cerita Werewolf dan romance kalau belum mengunduh iReader. Bahkan sejauh ini iReader menempati daftar teratas sebagai aplikasi novel gratis dengan ulasan paling baik untuk cerita werewolf dan romance lho.

Bagaimana tidak karena banyak cerita eksklusif yang sangat menantang dan membuat imajinasi pembaca terpacu disediakan oleh iReader. Setiap minggunya selalu ada cerita gratis baru yang diperbarui dan bisa kamu unduh sehingga bisa tetap menikmatinya meskipun sedang offline. Selain itu, aplikasi ini tidak akan memberatkan smartphone kesayangan kamu karena hanya berukuran 19 MB.

Membaca novel dari aplikasi novel gratis tentu tidak kalah seru dibandingkan dengan membaca versi fisik. Meskipun nantinya ada beberapa bagian cerita atau episode yang mengharuskan penebusan koin, kamu bisa memperoleh koin gratis dengan mengikuti event yang tersedia di masing-masing aplikasi kok. Nah, di antara daftar aplikasi di atas, mana yang menjadi favoritmu?