Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Sebagai salah satu negara maju, Jepang memang sangat memikat dari segala sisi. Para wisatawan yang datang pun biasanya sudah mengenal dasar bahasa Jepang untuk berkomunikasi dengan penduduk kota. Selain itu, bagi yang suka membaca komik atau manga tentu sudah hapal bahasa Jepang yang akrab dan familiar dari dialog antar tokohnya.

XAXAXAXAImage via play.google.com

Namun untuk kamu yang ingin melanjutkan studi dan bekerja di Jepang, tentu saja wajib mempelajari bahasa Jepang lebih lanjut. Saat ini kursus bahasa Jepang sudah menjamur di Indonesia yang bisa kamu akses dengan mudah. Ada pula beberapa aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa kamu andalkan untuk mendukung kelancaran pembelajaran. Penasaran? Simak list aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik di bawah ini.

Busuu – Belajar Bahasa

Mungkin kamu sudah sering melihat nama aplikasi yang satu ini masuk dalam daftar rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing. Ya, tentu hal tersebut sangat wajar mengingat Busuu juga didapuk sebagai aplikasi Pilihan Editor di Google Play Store.

Kamu bisa mempelajari 12 bahasa sekaligus melalui aplikasi ini termasuk bahasa Jepang. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa 22 jam belajar bahasa di Busuu setara dengan 1 semester perkuliahan lho. Salah satu fitur yang tidak boleh kamu lewatkan adalah berlatih berbicara dengan penutur asli lewat Percakapan. Jika sedang tidak ada kuota atau jaringan, Busuu tetap bisa kamu gunakan untuk berlatih menghapal kosa kata.

Pintar Jepang

Pintar Jepang adalah aplikasi belajar bahasa Jepang yang dirilis tahun lalu yang memiliki fitur unggulan untuk membantu kamu mahir dalam berbicara bahasa Jepang. Puluhan ribu pengguna telah mengandalkan aplikasi ini karena user interface yang interaktif dan konsep belajarnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Kesulitan belajar Hiragana dan Katakana? Jangan khawatir, di dalamnya ada flashcard beserta daftar kosa kata agar bisa berlatih setiap hari. Untuk melatih kemampuan mendengarkan dan mengingat, Pintar Jepang telah menyediakan audio percakapan dan Game Quiz yang tidak kalah seru dengan aplikasi lain. Sudah coba download belum?

Japanese Listening & Speaking

Sejauh ini, Japanese Listening & Speaking menempati daftar teratas yang dipenuhi ulasan positif untuk menunjang tes JLPT. Kamu tentu tidak asing dengan Poro Nihongo yang selalu membantu para pembelajar bahasa Jepang dengan berbagai aplikasi belajar bahasa Jepang buatannya.

Melalui Japanese Listening & Speaking, tidak ada alasan lagi untuk merasa kesulitan mencari materi pelajaran tentang percakapan dari berbagai topik kehidupan. Asyiknya lagi mereka juga menyediakan skrip audio sehingga kamu bisa berlatih secara mandiri. Aplikasi super lengkap dengan ukuran 49 MB ini juga menyediakan metode permainan, baca teks berita, hingga belajar melalui cerita.

Belajar Bahasa Jepang & Kanji

Aplikasi belajar bahasa Jepang selanjutnya yang patut kamu coba adalah Belajar Bahasa Jepang & Kanji yang dikembangkan oleh Drops. Dari nama developernya tentu saja kamu yang sudah sering berkecimpung dalam pembelajaran bahasa akan ingat bahwa konsep utama dari aplikasi besutannya dibuat dengan cara yang asyik.

Kamu akan belajar bahasa Jepang semua topik melalui gambar, kosa kata, sekaligus terjemahan yang efisien. Dengan begitu kamu akan mengingat aksara sekaligus visualisasinya untuk mempermudah ingatan mengenai bahasa Jepang.

Belajar Bahasa Jepang – LuvLingua

Nah, kalau yang satu ini adalah aplikasi belajar yang tepat untuk kamu yang sering cepat bosan ketika belajar dengan metode teks terus menerus. LuvLingua telah merilis aplikasi yang membantu jutaan penggunanya dengan gaya belajar yang berbeda.

Ada 4 metode yang akan kamu temukan di dalam aplikasi ini, yakni Visual dengan kuis gambar, metode Auditori dengan kuis mendengar, Metode Baca-Tulis yang dilakukan dengan kuis tebak kata dan pilihan ganda, serta metode Kinestetik dengan game animasi. Karena lengkap dan menarik, aplikasi yang satu ini cocok untuk semua rentang umur yang ingin mempelajari bahasa Jepang.

JASensei Belajar Bahasa Jepang

Berbicara aplikasi belajar bahasa Jepang yang recommended tentu saja tidak boleh melewatkan JASensei. Mulai dari pelajaran dasar hingga lanjutan semuanya disediakan oleh aplikasi ini dan kamu bisa mengaksesnya secara bebas dan hampir seluruhnya bisa kamu unduh lho. Kalau begini sih sangat sulit bukan untuk menolaknya?

JASensei Belajar Bahasa Jepang memang dirilis sejak tahun 2011 sehingga tidak heran telah dipercaya oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia. Bukan hanya kosa kata saja yang akan kamu pelajari melalui aplikasi ini melainkan juga frasa umum dan informasi budaya Negeri Sakura yang amat memikat. Sembari menghapal kosa kata dan memahami lebih dalam, tidak ada salahnya intermezzo dengan konten tambahan bertema budaya tersebut.

SaKuJapan

Jika masih benar-benar pemula dan ingin mengenal bahasa Jepang dari dasar, maka SakuJapan wajib kamu unduh sebagai pedoman sekaligus teman belajar sehari-hari. Sekalipun kamu masih awam terhadap Katakana dan Hiragana, SakuJapan akan dengan senang hati membantu meningkatkan kemahiran kamu. Kurikulum dan menu yang disediakan juga cukup lengkap kok.

Apalagi aplikasi ini hanya berukuran 20 MB saja dengan tampilan yang sangat intuitif sehingga akan mempercepat penalaran dalam memahami bahasa Jepang. Soal biaya, tenang saja jika kamu enggan membayar lebih tetap bisa kok menggunakan versi gratisnya.

Belajar Jepang Gratis – Mondly Languages

Salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang yang paling efektif adalah aplikasi yang satu ini. Jutaan user telah menggunakannya karena program belajar bahasa dari Mondly Languages memang asyik dan efektif. Kamu akan mengikuti sesi menyimak, menulis, membaca, dan mendengar dengan menggunakan aplikasi ini. Sementara untuk menghapal kosa kata dan frasa, pihak pengembang telah menyediakan teknik yang bisa meningkatkan daya ingat penggunanya.

Ingin berlatih berbicara menggunakan bahasa Jepang? Tenang, aplikasi ini juga menyediakan fitur canggihnya sehingga skill dan pelafalan bahasa Jepang kamu akan semakin terlatih. Seolah belum cukup, di dalamnya kamu bisa juga lho belajar mengenai tata bahasa. Tidak usah menunggu lama, langsung saja unduh aplikasi ini.

JLPT Ayo! Belajar Bahasa Jepang

Untuk keperluan dokumen lintas negara yang membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Jepang, kamu bisa mulai belajar lebih dalam dengan menggunakan aplikasi JLPT Ayo! Belajar Bahasa Jepang. Jangan dulu minder dengan kemampuan tingkatan bahasa Jepang karena semua itu dapat dengan mudah diatasi jika berlatih dengan tekun.

Aplikasi ini menyediakan jumlah kuis yang sangat banyak yang pastinya bisa dibuka kapan pun dan dimana pun. Karena rajin di-update, tidak perlu khawatir ketinggalan materi bahasa Jepang terbaru dan masalah fungsional tertentu di aplikasi.

Ling – Belajar Bahasa Jepang

Aplikasi belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah Ling – Belajar Bahasa Jepang. Ukurannya memang cukup besar, yakni 81 MB sekaligus mencerminkan isinya yang lengkap. Kamu bisa mengandalkan aplikasi ini untuk memperdalam pemahaman bahasa Jepang jika selama ini hanya mendengarnya saja melalui anime dan film.

Menariknya aplikasi ini punya fitur utama yang disusun dengan rapi dan terkonsep simple. Kamu akan menemukan Chatbot yang sangat unik dan game yang asyik. Kegiatan belajar menarik lainnya adalah latihan menulis dan penyusunan kalimat untuk kamu yang telah berada di level lanjutan.

Demikian informasi mengenai aplikasi belajar bahasa Jepang khusus untuk kamu yang menyukai Negeri Sakura terutama dalam hal bahasanya. Beberapa aplikasi di atas tersedia versi gratis dan juga berbayar sehingga kamu hanya perlu menyesuaikannya saja dengan kebutuhan. Meskipun belajar melalui aplikasi, jangan lupa untuk membuat schedule rutin agar penguasaan materi bahasa Jepang semakin lancar ya.