Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Siapa nih penggemar drakor dan K-pop? Demam K-pop, drakor, hingga K-beauty semakin menjadi-jadi tahun ini sehingga otomatis bahasa Korea juga semakin disukai oleh kawula muda. Beberapa ungkapan seperti Annyonghaseo, Saranghae, dan lainnya sudah menjadi kata yang lazim digunakan ketika berbincang atau menulis komentar di media sosial.

Aplikasi untuk Belajar Bahasa KoreaImage via play.google.com

Tahukah kamu bahwa bahasa Korea masuk dalam jajaran bahasa yang paling sulit dipelajari seperti halnya bahasa Jepang dan China? Ya, tidak lain dan tidak bukan tentu karena huruf bahasa-bahasa tersebut yang tidak menggunakan alfabet Internasional dan memiliki nama tersendiri sehingga jika kamu ingin belajar bahasa Korea harus memulai dari nol dengan mengenal hurufnya terlebih dahulu. Tenang, beberapa aplikasi belajar bahasa Korea di bawah ini akan membantu kamu agar cepat menguasai materi bahasa Korea.

Eggbun: Learn Korean Fun

Aplikasi belajar bahasa Korea yang wajib kamu install di smartphone adalah Eggbun. Seperti yang tersemat pada namanya, aplikasi ini mengemas konsep belajar yang fun sehingga sama sekali tidak ada kebosanan ketika menggunakannya.

Eggbun merupakan platform belajar bahasa Korea digital yang bisa kamu akses secara cuma-cuma. Kurikulumnya akan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu mulai dari pemula hingga lanjutan sehingga hampir dipastikan pemahaman bahasa Korea akan terbentuk secara menyeluruh. Apalagi untuk para traveller, Eggbun menyediakan menu real life conversation, survival Korea, hingga key expressions.

Belajar Bahasa Korea & Hangul

Aksara Korea yang dinamakan Hangul adalah komponen utama yang wajib kamu kuasai pertama kali untuk mempelajari bahasa Korea. Meskipun tidak mudah, aplikasi yang dirilis oleh Drops ini dijamin akan membuat kamu tidak menyerah untuk menguasai Hangul dan bahasa Korea tingkat lanjut sampai ke tata bahasa.

Agar lebih mengingat kosa kata yang sering digunakan alias common use, aplikasi yang satu ini menyediakan metode gabungan dengan visual dan deskripsi kata untuk menjelaskan gambar yang ditampilkan. Jangan lupa untuk mengikuti kuisnya rutin setiap hari ya agar kamu semakin banyak menghapal kosa kata dalam bahasa Korea.

Patchim Training

Metode yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi untuk belajar bahasa Korea terbaik memang berbeda-beda sehingga kamu hanya perlu mencobanya untuk menentukan tingkat keefektifan aplikasi tersebut. Nah, Patchim Training menawarkan metode 3 menit dalam satu hari untuk membantu mengenal bahasa Korea lebih dalam.

Ya, hanya dengan 3 menit per hari kamu akan terbiasa mengingat kosa kata yang telah dipelajari. Untuk pemulam Patchim Training akan memberikan pengenalan huruf Hangul dan keyboard handwriting agar tidak bingung menuju level selanjutnya. Setelah itu kamu akan terbiasa mengisi daily quiz 3 menit sehari alias frekuensi belajar yang tetap untuk menajamkan daya ingat terhadap materi bahasa Korea.

LingoDeer

Setiap pengguna smartphone yang ingin belajar bahasa secara digital pasti telah mengenal reputasi LingoDeer. Hal tersebut tentu saja tidak mengherankan karena sebagai platform belajar bahasa yang dipercaya oleh puluhan juta pengguna, LingoDeer sangat konsistem menyediakan konsep materi yang mendukung proses pembelajaran.

Untuk menikmati semua fitur yang tersedia di dalam aplikasi berkualitas ini, kamu memang harus beranjak dari akun standar ke VIP. Namun akun gratis juga masih tetap bisa kok mengakses fitur menarik untuk belajar bahasa Korea seperti ribuan kosa kata dan frasa common use, penjelasan tata bahasa, dan jenis latihan yang beragam.

Learn Korean – Beginners

Sebagaimana yang tertera pada namanya, aplikasi belajar bahasa Korea yang satu ini khusus untuk kamu para pemula. Jangan takut dan bimbang belajar bahasa Korea secara otodidak karena Learn Korean akan menjadi teman sekaligus pembimbing setia kamu.

Menariknya, seluruh konten dalam aplikasi ini disajikan secara gratis 100% dan tidak ada bagian mana pun yang diblokir untuk penggunanya. Isinya dikembangkan dalam bentuk permainan yang seru sehingga akan merangsang daya ingat otak ketika mulai belajar bahasa Korea. Kamu juga bisa mengikuti tes menulis, membaca, dan mendengarkan dengan terjemahan yang bisa diakses secara offline lho.

Write It! Korean

For your information, huruf dalam alphabet Korea ada banyak sehingga untuk memahaminya tidak cukup hanya dalam satu hari saja. Kamu harus mempelajari bagian huruf vocal dasar dan rangkap serta huruf konsonan dasar dan rangkap agar selanjutnya bisa membaca tulisan dalam bahasa Korea dengan lancar.

Untuk membantu menghilangkan rasa kesulitan kamu, aplikasi Write It! Korean hadir dengan fokus utama menyediakan pelajaran mengenai Hangul. Setelah mengenal apa saja bagian huruf dalam bahasa Korea, kamu akan mengikuti challenge menulis bahasa Korea dengan keyboard yang telah disediakan di dalam aplikasi. Setelah mengikuti setiap Lesson yang ada hingga tuntas, dijamin kamu akan hapal di luar kepala mengenai Hangul.

Belajar Bahasa Korea – Awabe

Kalau aplikasi belajar bahasa Korea yang satu ini sih andalan para wisatawan yang ingin mengunjungi Negeri Ginseng. Ya, tidak lain tidak bukan karena di dalamnya terdapat segudang topik percakapan yang bisa dipraktikkan ke warga lokal sebagai wisatawan yang baru saja berkunjung ke Korea Selatan.

Jangan ragu untuk mengunduhnya karena kamu akan mempelajari ratusan kosa kata umum dan frase yang biasanya akan sangat membantu dalam berbagai konteks percakapan. Aplikasi dari Awabe ini sangat ringan dengan ukuran 18 MB. Selain itu, ia mengusung tampilan yang praktis sehingga akan membantu proses belajar bahasa Korea yang sedang kamu lakukan.

Belajar Bahasa Korea – Poro Hangugeo

Kamu tidak akan menyesal mengunduh aplikasi besutan Poro Hangugeo ini karena telah memperoleh rating tertinggi di Google Play Store dengan jutaan user. Karena isinya yang sangat lengkap, jangan kaget mendapati fakta bahwa ukuran aplikasinya cukup besar dibanding beberapa aplikasi sebelumnya, yakni 55 MB.

Keunggulan belajar bahasa Korea melalui aplikasi ini adalah memahami dengan baik konteks percakapan yang sedang belangsung dengan terjemahan yang membantu kamu untuk berlatih. Apalagi di dalamnya juga tersedia games asyik dan cerita seru untuk dibaca. Selain itu, kamu juga bisa berlatih ujian TOPIK melalui aplikasi ini lho.

Learn Korean Communication

Sebelum menikmati kemegahan sekaligus takjub dengan kecanggihan negara Korea Selatan, kamu dapat mengandalkan Learn Korean Communication untuk mempelajari berbagai kosa kata dan percakapan. Ada lebih dari 16 topik basic yang bisa diakses melalui aplikasi belajar bahasa Korea. Ditambah lagi di dalamnya juga tersedia lebih dari 2.000 sample dialog yang bisa diakses secara offline.

Jika lebih menyukai user interface yang simple, maka tak salah Learn Korean Communication menjadi pilihan kamu. Jika lupa dengan cara baca beberapa huruf Hangul, tenang saja karena ada romanisasi yang akan membantu kamu untuk mengingatnya.

Tobo: Belajar Kosa Kata Korea

Butuh aplikasi sekaligus pengingat agar lebih konsisten belajar bahasa Korea? Kalau begitu kamu harus mengunduh Tobo. Setiap hari ia akan memberikan notifikasi pengingat untuk mengulas daily word agar hapalan kosa kata bertambah banyak.

Aplikasi ini memiliki fitur unggulan Quiz yang bertugas sebagai penambah vocabulary sekaligus word game. Setiap kata yang telah kamu ingat dan pelajari bisa disimpan sehingga akan sangat membantu ketika ingin review ulang materinya. Ya, tiga manu utama dari Tobo adalah Learn, Practice, dan Review.

Itulah 10 rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea agar kamu bisa bercakap-cakap dengan lancar dalam bahasa Korea. Tidak hanya dari aplikasi tersebut, belajar bahasa Korea juga sangat asyik dilakukan dengan metode visual konten seperti drama, film, atau siaran YouTube yang menggunakan bahasa Korea. Kamu sendiri lebih suka metode yang mana nih?