Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Sudah dua kali pergantian tahun, pandemi Covid-19 masih menyelimuti negara kita. Oleh sebab itu kebijakan Work From Home dan School From Home juga belum berhenti diberlakukan. Bagi sebagian orang, bekerja dan belajar dari rumah bukanlah masalah besar karena lebih efisien waktu dan tenaga.

XAXAXAXAImage via play.google.com

Namun ketika anak-anak bersekolah via daring atau online, keefektifannya akan berkurang karena para pelajar yang sudah terbiasa belajar tatap muka tidak bisa fokus ketika harus belajar menggunakan media daring. Belum lagi jika terdapat materi yang sulit dipahami, tentu akan menjadi kendala besar untuk pelajar dan mahasiswa.

Tenang, berikut ini kami menyajikan informasi mengenai aplikasi belajar online khusus untuk membantu kamu belajar lebih maksimal dari rumah.

Quipper

Biasanya pelajar SMP dan SMA sangat bingung mempersiapkan diri ketika ujian sekolah. Apalagi bagi pelajar SMA yang ingin melanjutkan studi ke Universitas dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN, tentu bukan hal mudah menemukan metode yang tepat dalam belajar. Nah, untuk itulah Quipper hadir sebagai solusinya.

Quipper memiliki jutaan pengguna dari berbagai negara dengan konsep bimbingan belajar bersama guru berpengalaman terbaik. Aplikasi belajar online yang satu ini menyiapkan catatan belajar khusus untuk kamu agar lebih siap dan mengerti dalam proses pembelajaran. Untuk lebih mempermudah penggunaan, Quipper juga menyediakan catatan belajar terlengkap lho.

Ruangguru

Kalau yang satu ini sih sudah pasti kamu tidak asing lagi. Bagaimana tidak karena brand ambassador dari Ruangguru sendiri adalah pemuda pemudi berprestasi yang sudah tentu lebih meyakinkan penggunanya. Selain bisa diakses melalui smartphone, aplikasi ini juga menyediakan akses via laptop dan PC.

Menariknya Ruangguru sangat disiplin dan bersedia menjadi teman pengingat yang baik dengan menyediakan fitur jadwal belajar. Semua metode juga telah disediakan di dalam aplikasi ini mulai dari konsep video, quiz, hingga rangkuman. Selain itu, ada pula fitur unik yang dinamakan Adapto untuk menyesuaikan video belajar dengan tingkat pemahaman kamu sendiri. Sangat efisien bukan aplikasi belajar daring ini?

Pahamify

Untuk para pelajar SMA, aplikasi Pahamify sangat bersahabat dengan jadwal dan kurikulum lho. Hanya dari satu aplikasi saja, kamu bisa belajar secara efektif agar bisa fokus memperdalam materi mengenai Ujian Mandiri untuk masuk Perguruan Tinggi, SNMPTN, SBMPTN, PTS, hingga PAS.

Developer aplikasi ini memang menargetkan pengguna yang ingin belajar sungguh-sungguh untuk persiapan UTBK. Di dalamnya ada Rockstar Teacher sebagai pendamping belajar interaktif dengan para muridnya. Kamu juga bisa melakukan tes minat dan bakat, diskusi, hingga konseling psikolog dari Pahamify. Apalagi untuk kamu yang berjiwa ambis, jangan lupa manfaatkan fitur Study Plan ya.

Skolla

Skolla adalah salah satu aplikasi belajar online yang direkomendasikan untuk semua jenjang pendidikan. Dalam hal mendukung para pelajar untuk memahami materi dengan lebih baik, Skolla memberikan akses modul yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Sementara untuk melatih keterampilan pada setiap mata pelajaran, Skolla memiliki segudang video pembelajaran dan bank soal. Nah, jika kamu memiliki kendala dalam memahami materi, ada juga fitur Konsul kok. Jangan lupa rajin berlatih dengan berbagai jenis Tryout seperti Tryout Instan, Tryout Serial, dan Tryout Terjadwal.

Zenius

Zenius adalah salah satu aplikasi belajar online yang banyak dipilih oleh pelajar Indonesia di kala pandemi. Aplikasi ini sangat recommended karena ratusan ribu alumninya telah tersebar di berbagai Universitas favorit seperti UI, UGM, ITB, dan lainnya. Lebih dari itu, alumninya juga berhasil di berbagai perusahaan ternama lho.

Zenius mempunyai pilihan paket belajar daring yang sangat menarik seperti Zenius Optima dan Zenius Aktiva. Untuk semua video konsep, kamu juga akan diberikan bebas akses. Soal kualitas para tutor juga kamu tidak usah ragu karena akan dibimbing oleh tutor-tutor terbaik di bidangnya.

Rumah Belajar

Untuk mempermudah akses materi pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan aplikasi belajar daring dengan nama Rumah Belajar. Platform e-learning ini memuat pilihan jenjang pendidikan yang lengkap mulai dari PAUD hingga SMA/SMK.

Tidak kalah intuitif dengan aplikasi belajar online yang lainnya, Rumah Belajar menyediakan banyak konten pembelajaran yang interaktif dengan banyak versi. Kamu bisa memilih basis audio, teks, video, gambar, hingga animasi sesuai dengan keinginan. Di dalamnya juga tersedia fitur yang lengkap mulai dari Kelas Maya, Sumber Belajar, Laborarorium Maya, Peta Budaya, dan lainnya. Sudah coba gunakan belum?

Aku Pintar

Ingin mengetahui kemampuanmu lebih dalam atau mengenal kepribadian agar tidak salah pilih jurusan? Aplikasi Aku Pintar adalah platform yang tepat untuk kamu. Aplikasi ini telah menemani proses belajar ratusan ribu pelajar SMP dan SMA sehari-hari dengan metode yang sama sekali tidak membosankan.

Kamu dipersilahkan melakukan tes minat dan bakat dengan bebas dan gratis di aplikasi ini pada menu Minat Pintar. Sementara untuk daily quiz, ada slot hingga 1000 latihan soal jenjang SMP hingga SMA/SMK. Yang membuat aplikasi ini semakin istimewa adalah fitur Info Pintar dan Komunitas Pintar agar kamu tidak bosan mengejar pendidikan.

Clearnote

Bagi para pelajar ambis, akun studygram pasti sangat memikat. Jika kamu termasuk salah satu tipe pelajar ambis, aplikasi belajar daring Bernama Clearnote wajib diunduh pada smartphone kesayangan. Bukan tanpa alasan, namun aplikasi ini disebut sebagai gudang catatan dari para user yang sama-sama berstatus sebagai pelajar.

Clearnote hampir menyerupai sosial media karena dipenuhi catatan yang rapi dan menarik untuk semua bidang ilmu. Melalui aplikasi ini, kamu bahkan bisa saling follow dan melakukan QnA lho. Sangat seru bukan?

EDUON

Aplikasi belajar daring yang satu ini memang tergolong masih berumur muda karena baru saja dirilis tahun lalu. Namun jangan diremehkan begitu saja karena EDUON sudah berhasil dibanjiri ulasan positif karena membantu proses pembelajaran para siswa.

Bagi pelajar SD hingga SMA, pihak EDUON telah menyediakan video materi yang tidak kalah detail dengan aplikasi belajar online lainnya. Setelahnya kamu bisa mengerjakan latihan soal atau mengulas kembali materi dengan rangkuman eksklusif yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Cerdasional

Kamu lebih suka aplikasi dengan user interface yang unik? Kalau begitu Cerdasional cocok untuk diunduh. Aplikasi ini memiliki tampilan seperti games seru yang membawa latihan soal, quiz, game, dan segudang bacaan informatif seperti kata mutiara pendidikan, panduan pramuka, hingga bacaan mengenai topik Internasional.

Masa pandemi memang menjadikan kegiatan belajar mengajar jadi sedikit terhambat. Namun untungnya tersedia banyak aplikasi belajar online yang bisa diandalkan agar para pelajar tetap bisa menerima materi lebih komprehensif. Beberapa rekomendasi aplikasi di atas memang sangat recommended dan telah terbukti membantu banyak siswa untuk lebih konsentrasi menerima pembelajaran sesuai jenjang pendidikannya. Kalau kamu sendiri, lebih suka aplikasi yang mana?