Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Masalah finansial adalah hal yang krusial sehingga tidak bisa sembarangan. Dalam mengatur keuangan sehari-hari, kamu harus mencatat uang yang masuk dan keluar sehingga bisa menentukan kebutuhan mana yang lebih dipertimbangkan lagi. Jika pada masa dahulu biasanya digunakan catatan manual dengan buku kas, sekarang sudah tersedia banyak aplikasi catatan keuangan yang lebih efisien.

Aplikasi Pencatatan Keuangan Image via play.google.com

Aplikasi catatan keuangan sangat praktis digunakan di mana saja dan kapan saja. Kamu hanya perlu mengunduh serta mengisi data akun saja sehingga file catatan keuangan bisa tersimpan rapi bahkan dicadangkan pada akun Google. Ingin beralih dari buku kas fisik ke aplikasi catatan keuangan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Monefy

Selain berperan sebagai pencatat keuangan super simple, Monefy adalah salah satu aplikasi pengatur keuangan paling recommended untuk kamu. Ia akan membantu mencegah penggunanya menghamburkan uang secara percuma dengan fiturnya yang interaktif. Setiap mencatat pengeluaran harian, maka akan ada laporan keuangan bulanan untuk kamu beserta selisih yang telah dikeluarkan dari pendapatan.

Monefy telah dipercaya oleh jutaan pengguna yang ingin keuangannya lebih tertata karena memperoleh laporan yang rutin dari aplikasi catatan keuangan. Soal cadangan data dan keamanannya kamu bisa menghubungkan akun Google Drive dan Dropbox ketika menggunakan Monefy.

Wallet

Seperti namanya, aplikasi keuangan ini berperan sebagai dompet bagi penggunanya untuk mengatur keuangan agar lebih stabil. Melalui Wallet, kamu bisa menghubungkan akun bank sehingga pengeluaran dan pemasukan bisa sekaligus sinkron. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah membuat rencana anggaran untuk menabung dan menghemat pengeluaran sekaligus lho.

Wallet akan memberikan laporan mendetail mengenai anggaran yang paling sering dan juga jarang kamu gunakan. Menariknya lagi, ada fitur batas penggunaan kredit agar pengeluaran tidak melewati limit bulanan yang telah disisihkan.

Money Lover

Aplikasi pengatur keuangan selanjutnya adalah Money Lover. Ya, namanya memang terkesan unik karena seolah menggambarkan bahwa penggunanya adalah pencinta uang. Money Lover juga termasuk salah satu aplikasi pencatatan keuangan terbaik yang berhasil memenangkan beberapa penghargaan karena kualitas layanannya lho.

Kamu akan diingatkan mengenai tagihan yang akan datang karena Money Lover memiliki sistem pengingat yang efektif. Jika menginginkan fitur lanjutan, kamu bisa menghubungkan informasi debit dan kartu kredit ke aplikasi Money Lover untuk mempermudah sinkronisasi.

1Money

Tidak perlu diragukan lagi, 1Money memang wajib diunduh untuk kamu yang sedang mencari aplikasi catatan keuangan yang efektif. Dengan menggunakan aplikasi ini, tidak sulit lagi untuk mengetahui kemana perginya uang yang kamu miliki. Apalagi catatan harian untuk keuangan akan ditampilkan melalui grafik yang interaktif.

Selain sangat praktis, 1Money bisa mengonversikan berbagai mata uang sehingga cocok digunakan untuk pengguna Internasional sekalipun. Aplikasi ini akan menjamin catatan keuangan penting seperti hutang dan tabungan yang kamu miliki dimanajemen dengan baik.

Bluecoins

Ingin aplikasi pengelola keuangan yang memiliki segudang fitur? Kalau begitu kamu wajib install Bluecoins agar pengelolaan dan pencatatan keuangan sehari-hari tertata. Apalagi aplikasi dengan ukuran 15 MB ini menawarkan user interface yang sangat intuitif dan berbeda dari mayoritas aplikasi pencatat keuangan lain.

Bluecoins mempunyai sistem pencatatan dan laporan yang bisa menganalisa dengan baik. Kamu bisa mengetahui ringkasan grafis laporan keuangan dan pengingat. Jutaan user telah mengandalkan Bluecoins untuk memperoleh laporan anggaran yang lebih baik. Kamu sudah coba aplikasi keuangan ini atau belum?

iSaveMoney

Masih ada kok rekomendasi aplikasi catatan keuangan yang wajib diunduh di smartphone kesayangan kamu. Dirilis tahun 2016, iSaveMoney telah berhasil membantu jutaan penggunanya dalam mengelola anggaran setiap bulan.

Aplikasi buatan DigitLeaf ini sangat cocok bagi yang sedang dalam rencana menabung. Ia akan berfungsi sebagai money planner agar uangmu tidak keluar dengan sia-sia. Seperti layaknya aplikasi keuangan paling recommended lainnya, iSaveMoney akan membantu kamu menganalisa anggaran yang tepat agar kamu semakin hemat.

Catatan Keuangan Harian

Nah, kalau aplikasi yang satu ini adalah aplikasi pencatat keuangan paling ringan untuk kamu pengguna Android. Bagaimana tidak karena Catatan Keuangan Harian berukuran 3.5 MB saja sehingga sudah digunakan oleh jutaan user. Namun di balik ukurannya yang praktis tersebut tersedia fitur utama yang sangat worth it untuk membantu pencatatan keuangan mulai dari pengeluaran belanja, hutang, hingga tabungan.

Aplikasi Catatan Keuangan Harian ini memiliki user interface yang sangat simple sehingga tidak akan membingungkan untuk pengguna baru sekalipun. Tanpa memberatkan sistem smartphone, aplikasi pencatat ini juga punya fitur laporan serta ekspor data lho.

Catatan Keuangan

Tidak kalah populer, aplikasi Catatan Keuangan langsung menunjukkan fungsi utama hanya dari namanya saja. Diluncurkan pada tahun 2019, Catatan Keuangan sudah membantu ratusan ribu penggunanya dalam urusan pengelolaan dan pencatatan anggaran. Karena dibuat dengan sangat simple dan ringan, 6 MB, aplikasi pengatur keuangan ini punya penawaran lain seperti gambaran grafik dalam laporan pengeluaran dan pemasukan kamu.

Catatan Keuangan bisa diandalkan jika kamu ingin melakukan monitoring catatan per hari, minggu, bulan, dan tahun. File laporan yang disediakan oleh aplikasi pengatur keuangan ini bisa dipilih dengan 3 format mulai dari pdf, excel, hingga csv.

Money Manager

Sebagai aplikasi pengelola keuangan yang baik, Money Manager mengedepankan efisiensi dalam mencatat sekaligus mengelola keuangan penggunanya. Dari pertama kali membukanya saja kamu sudah setuju bahwa expense & income tracker di dalamnya bisa dikatakan intuitif. Belum lagi ada bagan-bagan terpisah yang mempermudah catatan transaksi harian untuk dibaca.

Money Manager memang masuk dalam jajaran aplikasi pencatatan keuangan terbaik yang recommended sehingga tak heran telah tersedia dalam 11 bahasa untuk mempermudah penggunaannya. Anti rumit dan tanpa batasan, aplikasi catatan keuangan yang satu ini bahkan bisa kamu akses secara gratis dan tanpa iklan. Bagi yang menyukai tampilan aplikasi unik dan menarik, Money Manager cocok untuk kamu.

Fast Budget

Daftar rekomendasi kali ini ditutup oleh aplikasi catatan keuangan bernama Fast Budget. Telah diunduh oleh jutaan pengguna Android di Google Play Store, Fast Budget juga menerima puluhan ribu ulasan positif sehingga kamu tidak perlu ragu lagi menggunakannya untuk manajemen anggaran harian hingga tahunan.

Aplikasi ini menawarkan menu yang tampak profesional. Terlebih pihak pengembang juga menyediakan opsi sinkronisasi dan perlindungan informasi berupa PIN agar tidak sembarang orang bisa melihat catatan keuangan kamu. Menariknya, Fast Budget mendukung hingga 90 mata uang lho.

Nah, lengkap sudah rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan untuk pengguna Android. Meski masih banyak aplikasi catatan dan pengelola keuangan yang bisa diunduh secara bebas, namun kamu bisa mencobanya dari beberapa aplikasi di atas yang sudah terjamin kinerjanya. Mencatat segala aktivitas keuangan memang sangat penting agar kita bisa mengatur finansial dengan baik. Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya.