Cara Cek Bansos PKH Lewat HP 2023

Pada bulan Juli, Agustus, dan September 2023, pemerintah telah menetapkan rencana penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dengan tujuan menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem hingga mencapai nol persen pada tahun 2024. PKH dianggap sebagai inisiatif krusial yang memberikan dukungan signifikan bagi kesejahteraan keluarga yang membutuhkan bantuan.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH), yang akrab disingkat sebagai PKH, merupakan program bantuan sosial bersyarat yang ditujukan kepada Keluarga Miskin (KM) yang telah ditetapkan sebagai penerima manfaat PKH.

Cara Cek Bansos PKH Lewat HP 2023Image Credit : Dinsos Buleleng

Sebagai langkah percepatan dalam penanggulangan kemiskinan, Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH sejak tahun 2007. Program Perlindungan Sosial ini, yang dikenal secara internasional sebagai Conditional Cash Transfers (CCT), telah terbukti berhasil dalam mengatasi masalah kemiskinan, terutama kemiskinan kronis, di berbagai negara.

Sebagai program bantuan sosial bersyarat, PKH memberikan akses kepada keluarga miskin, terutama ibu hamil dan anak-anak, untuk memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga diperluas untuk melibatkan penyandang disabilitas dan lanjut usia, dengan menjaga tingkat kesejahteraan sosial sesuai dengan konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Melalui PKH, keluarga miskin didorong untuk memanfaatkan pelayanan sosial dasar seperti kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan. Program ini juga memberikan akses kepada berbagai program perlindungan sosial lainnya, yang menjadi program komplementer secara berkelanjutan. PKH diarahkan untuk menjadi pusat penanggulangan kemiskinan yang mengintegrasikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Penerima manfaat PKH diwajibkan untuk terdaftar dan aktif mengikuti fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat. Kewajiban di bidang kesehatan melibatkan pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemberian asupan gizi dan imunisasi, serta pemantauan berat badan anak balita dan anak prasekolah. Sementara itu, kewajiban di bidang pendidikan mencakup pendaftaran dan memastikan kehadiran anggota keluarga PKH di satuan pendidikan sesuai dengan jenjang sekolah dasar dan menengah. Komponen kesejahteraan sosial juga mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia mulai usia 60 tahun.

Jenis Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan

Bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) terdiri dari dua jenis, yakni Bantuan Tetap dan Bantuan Komponen, yang disalurkan sesuai dengan ketentuan berikut:

Bantuan Tetap untuk Setiap Keluarga

  1. Bantuan Reguler: Rp. 550.000,- per keluarga per tahun
  2. Bantuan PKH AKSES: Rp. 1.000.000,- per keluarga per tahun

Bantuan Komponen untuk Setiap Jiwa dalam Keluarga PKH (maksimal untuk 4 jiwa)

  1. Bantuan untuk Ibu Hamil: Rp. 2.400.000,- per jiwa
  2. Bantuan untuk Anak Usia Dini: Rp. 2.400.000,- per jiwa
  3. Bantuan untuk Anak SD: Rp. 900.000,- per jiwa
  4. Bantuan untuk Anak SMP: Rp. 1.500.000,- per jiwa
  5. Bantuan untuk Anak SMA: Rp. 2.000.000,- per jiwa
  6. Bantuan untuk Disabilitas Berat: Rp. 2.400.000,- per jiwa
  7. Bantuan untuk Lanjut Usia: Rp. 2.400.000,- per jiwa
Bantuan komponen ini diberikan maksimal untuk 4 jiwa dalam satu keluarga. Adanya dua jenis bantuan ini diharapkan dapat memberikan dukungan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan keluarga penerima manfaat PKH, guna meningkatkan kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak dasar mereka.

Jika Anda ingin mengetahui apakah Anda memenuhi syarat sebagai penerima manfaat dalam Program Keluarga Harapan atau ingin tahu cara menerima bantuan ini, berikut adalah panduan sederhana yang dapat Anda ikuti menggunakan ponsel atau HP melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Mengecek Status Penerima Bantuan PKH Lewat HP

Berikut adalah cara sederhana untuk memeriksa status penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) melalui ponsel pintar (HP) pada tahun 2023:

  1. Buka situs resmi Kementerian Sosial atau kunjungi cekbansos.kemensos.go.id melalui peramban (browser) di ponsel Anda.
  2. Isi informasi tentang wilayah tempat Anda tinggal, sesuai dengan kategori yang tersedia.
  3. Masukkan nama Penerima Manfaat PKH sesuai dengan data yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda.
  4. Ketikkan kode keamanan yang muncul di layar untuk verifikasi.
  5. Klik tombol "CARI DATA" dan tunggu sebentar hingga proses pencarian selesai.
  6. Hasil pencarian akan ditampilkan, menunjukkan nama Anda dan status sebagai penerima bantuan PKH.
Dengan langkah-langkah cara cek phk lewat hp yang sederhana ini, Anda dapat dengan mudah memeriksa status penerimaan bantuan PKH melalui ponsel pintar Anda, memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat penerima manfaat.

Syarat dan Ketentuan untuk Mendapatkan Bantuan PKH

Berikut adalah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk menjadi penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH):

  1. Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  2. Tidak Ada Anggota Keluarga yang Bekerja sebagai ASN, di BUMN, atau Menjadi Pejabat Pemerintah Desa/Kelurahan
  3. Diakui sebagai Keluarga Kurang Mampu oleh Pejabat Tingkat RT hingga Kelurahan
  4. Penerima manfaat PKH hanya berhak mendapatkan bantuan selama lima tahun secara berturut-turut
  5. Penggunaan Dana Sesuai Tujuan Program

Jadwal Pencairan Bantuan PKH

Berikut adalah jadwal pencairan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk tahun 2023, yang dilakukan dalam empat tahap setiap tahun:

  • Tahap 1: Januari-Maret
  • Tahap 2: April-Juni
  • Tahap 3: Juli-September
  • Tahap 4: Oktober-Desember
Saat ini, kita berada di Tahap 4. Jika Anda belum menerima bantuan pada bulan September atau Oktober, kemungkinan besar pencairan akan dilakukan pada bulan November. Perlu diingat bahwa tanggal pencairan dapat bervariasi di setiap wilayah, dan penerima manfaat disarankan untuk memantau informasi resmi dari pihak terkait atau instansi terkait guna mendapatkan informasi yang lebih akurat dan tepat waktu.

Besar Bantuan dalam Program PKH

Dalam Program Keluarga Harapan, besaran bantuan yang disediakan bervariasi sesuai dengan kelompok penerima, termasuk ibu hamil/nifas, anak usia dini, pendidikan anak SD/sederajat, pendidikan anak SMP/sederajat, pendidikan anak SMA/sederajat, penyandang disabilitas berat, dan lanjut usia.

PKH mencerminkan upaya konkret dari pemerintah untuk memberikan dukungan kepada masyarakat yang memerlukan akses ke layanan dasar dan untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di Indonesia.

Demikian cara cek penerima PKH yang bisa kami sajikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi cara cek PKH online dengan mudah.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn