Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 8i

Realme telah menambah keramaian di segmen smartphone terjangkau dengan beberapa perangkat kompetitif. Pada bulan September, vendor yang berkembang dengan pesat tersebut meluncurkan smartphone baru bernama 8i yang merupakan perangkat paling terjangkau di seluruh seri Realme 8. Realme sendiri mengklaim bahwa smartphone ini dirancang untuk para gamer dan fotografer.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Realme 8i
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.6 inci IPS LCD 120Hz
  • Chipset Mediatek Helio G96 (12 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 4/64 GB, 6/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.700.000 - 3.100.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 8i dan Harganya

Di Indonesia sendiri perangkat ini belum dihadirkan secara resmi dan disebut-sebut akan diluncurkan pada akhir November. Realme 8i hadir dengan warna silky yang memberikan tampilan baru yang menyegarkan. Perangkat ini ditawarkan dalam dua pilihan warna di pasar global, yakni Space Black dan Space Purple. Karena memiliki fitur cat gradien dan desain reflektif yang terlihat keren dan unik, Realme 8i cocok bagi kalian yang berjiwa muda.

Sembari menunggu hadir dan meluasnya Realme 8i secara resmi di Indonesia, mari ketahui lebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Realme 8i

Pada pembuka di atas telah disinggung bahwa Realme 8i dipasarkan untuk gamer dan fotografer mobile. Oleh sebab itu secara garis besar keunggulan yang dibawa smartphone ini tentu berasal dari sektor kamera dan performa SoC. Dengan harga kurang dari 200 Euro atau tidak lebih dari 3 jutaan, Realme menyajikan berbagai keunggulan yang sayang untuk dilewatkan. Daripada terus-terusan penasaran, simak informasi mengenai kelebihan Realme 8i yang wajib diketahui.

Layar Full HD+ Disertai Refresh Rate Tinggi

Kelebihan pertama pada perangkat ini ada pada display-nya. Di bagian depan, ruangnya ditempati oleh layar full HD+ berukuran 6.6 inci dengan resolusi 1080x2412 piksel. Realme 8i membawa tampilan punchhole dan kalian akan mendapatkan kecerahan puncak 600 nits.

Layar Realme 8i mendukung kecepatan refresh 120 Hertz yang sangat lancar. Ini berarti layar yang dimilikinya dapat menampilkan 120 gambar individual per detik. Hasilnya, semua animasi dan pengguliran tampak semulus mentega dan menghasilkan kinerja yang lancar. Untuk menghemat sedikit baterai, layar tersebut juga secara otomatis beralih ke 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz atau 90Hz, tergantung skenario di atas layar yang sedang kalian gunakan.

Realme 8i kompatibel dengan WideVine L1 sehingga kalian dapat memanfaatkannya untuk streaming HD secara maksimal melalui layanan OTT seperti Netlix.

Perpaduan Chipset Andal dan Penyimpanan Jumbo

Realme 8i menggunakan chipset MediaTek Helio G96 yang mendukung refresh rate 120Hz dan memberikan performa hemat daya. MediaTek Helio G96 adalah prosesor octa-core yang hanya mendukung kartu SIM 4G LTE dan bukan 5G, tidak seperti rekan-rekannya Realme 8 5G. Jika kalian bukan termasuk pengguna yang mengikuti trend 5G, maka konfigurasi dari perangkat ini bukanlah masalah yang besar.

Apalagi Realme 8i juga menyediakan kapasitas penyimpanan jumbo yang penting untuk anak muda. Di pasar global, Realme 8i menawarkan variasi RAM 4/6GB dengan penyimpanan internal 64/128GB. Menariknya lagi, Realme turut menyediakan Extended RAM hingga 5GB. Jika masih kekurangan ruang, kalian bisa menambah kapasitas penyimpanannya dengan memperluas melalui kartu microSD.

Realme 8i dapat digunakan dalam mode dual SIM dan penting untuk disebutkan bahwa dua kartu SIM kalian masih dapat dimasukkan ketika memori diperluas melalui kartu microSD. Jadi kalian tidak harus memilih antara dual SIM dan ekspansi memori yang biasa disebut slot hybird.

Baterai Berkapasitas Tinggi

Hal lain yang akan kalian dapatkan dari Realme 8i adalah baterai berkapasitas tinggi yang bisa diandalkan untuk menemani aktivitas seharian. Pasalnya, Realme telah membekali smartphone ini dengan kapasitas total 5.000 mAh. Dengan layar refresh rate tinggi, kalian tentu membutuhkan kemampuan daya yang besar.

Di saat-saat genting, Realme 8i menyediakan Super Power-Saver yang memang berguna dan membuatnya bisa untuk memperpanjang masa pakai baterai setelah turun hingga 5%. Maka memilih Realme 8i adalah keputusan ideal.

Kombinasi Kamera Bersaing di Segmennya

Smartphone ini dilengkapi dengan pengaturan tiga kamera di bagian belakang. Realme 8i menggunakan sensor kamera utama Samsung S5KJN1 50MP yang bekerja bersama lensa 2MP B&W dan lensa makro 2MP. Untuk selfie, kalian akan mendapatkan kamera depan 16MP.

Dalam cahaya redup, kalian bisa mengambil gambar dalam mode malam dan mode reguler sehingga hasilnya lebih baik dan seperti yang diharapkan. Selain itu kalian juga bisa merekam video dalam resolusi 1080p dan 720p. Dalam mode film, Realme 8i memberikan kebebasan untuk mengatur fokus otomatis dan ISO secara manual.

Meskipun resolusi utamanya turun dari pendahulunya, namun sektor kamera Realme 8i tetap worth it bagi yang gemar memotret banyak objek.

Kekurangan Realme 8i

Selain membawa kelebihan yang menawan, perangkat entry-level juga memiliki beberapa kekurangan yang wajar mengingat harganya yang tidak menguras kantong. Lantas, apa saja kekurangan Realme 8i? Berikut ini informasinya untuk kalian.

Menggunakan Panel LCD

Teknologi layar sedikit banyak juga memberikan pengaruh pada masa pakai baterai. Meskipun mengusung kecepatan layar yang mulus dan baterai besar, namun Realme 8i masih menggunakan panel LCD. Sudah bukan rahasia lagi bahwa layar LCD menguras baterai jauh lebih cepat daripada layar AMOLED.

Hal ini dikarenakan lampu latar LCD selalu menyala di belakang semua piksel sementara layar AMOLED hanya menyala piksel yang perlu dinyalakan. Oleh sebab itu kalian akan dengan mudaj kehabisan daya ketika menggunakan perangkat ini dibanding smartphone yang memilih panel AMOLED.

Fast Charger Hanya 18 Watt

Adalah sebuah keuntungan bagi Realme 8i yang sudah memilih USB Type-C untuk efisiensi konektivitas. Di sisi lain, baterai besar perangkat ini hanya memiliki dukungan pengisi daya cepat dengan kekuatan maksimal 18 W. Padahal saudaranya yang lain sudah menggunakan versi 30W. Apakah kalian tidak masalah dengan hal ini?

Tidak Memiliki Kamera Ultra-wide

Kamera belakang utama saat ini pada smartphone juga dikenal sebagai kamera wide. Sensor ini menawarkan bidang pandang yang lebih luas daripada kamera digital konvensional. Untuk mendampinginya dan mendapatkan bidang pandang lebih luas, smartphone saat ini telah memasukkan pula kamera ultra-wide ke susunan kamera belakang. Namun sangat disayangkan bahwa Realme 8i tidak menawarkan hal tersebut.

Padahal lensa ultra-wide angle menawarkan sudut pandang lebih besar dari 90 derajat. Sederhananya, kalian dapat menangkap lebih banyak bidang pandang dari lingkungan sekitar dengan kamera ultra-wide angle dibandingkan dengan kamera biasa yang tersedia saat ini.

Speaker Masih Mono

Kendati layarnya diklaim sangat cantik dalam hal resolusi dan ukuran, output audionya tidak bisa menyaingi para kompetitornya alias biasa-biasa saja. Kalian tidak bisa berekspektasi tinggi terhadap kualitas suara dari Realme 8i karena belum memiliki speaker stereo.

Demikian kelebihan dan kekurangan Realme 8i sebagai perangkat terbaru yang akan dihadirkan secara resmi di Indonesia akhir bulan nanti. Apakah kalian sudah ada planning untuk membelinya atau justru ada smartphone entry-level incaran lain?