Review Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo 2

Seri GT dari Realme dikenal menghadirkan desain yang tidak biasa dengan spesifikasi unggulan untuk penggunaan yang nyaman sehari-hari. Realme GT Neo 2 adalah anggota ketiga dari seri GT setelah Realme GT asli dan Realme GT Master Edition. Perangkat ini termasuk Android kelas menengah yang solid. Ia memiliki beberapa perubahan penting dari Realme GT asli tetapi tetap membawa tema desain umum khas seri-nya.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Realme GT Neo 2
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.62 inci AMOLED 120Hz HDR10+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • GPU Adreno 650
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 12/256 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 65W
  • Harga Rp 6.500.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme GT Neo 2 dan Harganya

Selain itu, Realme GT Neo 2 dikenal sebagai sebagai smartphone yang lebih besar daripada yang lain dalam keluarga GT, baik dalam ukuran tubuh maupun beratnya. Kalian bisa mendapatkan Realme GT Neo 2 dengan merogoh kocek 6 jutaan.

Di Indonesia Realme menghadirkan 2 variasi warna pada GT Neo 2, yakni warna Neo Green dan Neo Blue. Sejauh ini, Realme memang berani mendobrak standar desain dan pilihan desain. Jika kalian termasuk pengguna yang menyukai nuansa ‘berani’, maka pilihan Neo Green cocok untuk digunakan sehari-hari. Nah, sebelum itu mari ketahui beberapa kelebihan dan kekurangan Realme GT Neo 2 berikut ini.

Kelebihan Realme GT Neo 2

Realme GT Neo 2 mengemas spesifikasi kelas menengah atas yang solid ke dalam desain yang ringkas dengan beberapa komponen yang menonjol. Mulai dari layar hingga performa, inilah kelebihan Realme GT Neo 2 yang wajib kalian ketahui.

Layar AMOLED FHD+ dengan Kecepatan Refresh Tinggu

Hal terbaik tentang Realme GT Neo 2 yang pertama adalah layar AMOLED Full HD+ berukuran 6.62 inci.Realme dengan susah payah menekankan bahwa panel Samsung E4 yang digunakan adalah yang terbaik di kategorinya, dan hanya Apple dan Sony yang dapat memperoleh komponen yang lebih baik dari raksasa Korea Selatan itu.

Dari panel yang mengesankan tersebut otomatis kalian akan mendapatkan output yang jernih dan akurat. Lebih menarik lagi, ada kombinasi kombo dari kecepatan refresh 120Hz dan touch sampling rate yang diklaim mencapai angka 600Hz. Adanya komponen yang menonjol ini berarti ia bisa merespon sentuhan jari pada layar sekitar 65% lebih cepat daripada Realme GT dan Poco F3 yang juga terkenal dengan touch sampling rate tinggi.

Tak main-main, Realme memberikan kualitas cakupan 100% DCI-P3 dan kecerahan hingga 1.300 nits. Segala komponen unggul dari layar ini sangat cocok untuk kalian para gamers mobile. Namun karena ia juga mendukung HDR10+ itu berarti kalian juga bisa dengan puas menjelajahi dan menonton konten favorit dengan nyaman.

Karena menggunakan panel AMOLED berkualitas, tak heran Realme GT Neo 2 mengusung sensor sidik jari in-display yang tentu saja diklaim akurat dan responsif.

Kombinasi Chipset Unggul dan Penyimpanan Jumbo

Snapdragon 870 yang digunakan di Realme GT Neo 2 adalah chip kelas menengah yang sangat mumpuni. Kalian mungkin tidak asing lagi dan pernah melihatnya digunakan pada smartphone lain seperti di Poco F3.

Chipset dengan fabrikasi 6nm dan mendukung koneksi 5G ini menggunakan CPU Qualcomm Kryo 585. Core utamanya memiliki clock 3,2 GHz sedangkan Core 3x Kryo 585 Gold berjalan pada 2,42 GHz. Untuk bermain game, tersedia GPU Adreno 650 yang menawarkan performa gaming mulus bahkan di game dengan grafis intensif.

Chipset ini juga terkenal karena menawarkan tingkat kinerja unggul. Hal tersebut tidaklah mengherankan karena usut punya usut, pada dasarnya chipset ini adalah Snapdragon 865 yang di - overclock , yang merupakan chip yang digunakan di sebagian besar smartphone andalan tahun 2020.

Performa yang powerfull dari Snapdragon 870 dipadukan dengan pilihan RAM 8 atau 12GB (dengan 7GB RAM virtual tambahan yang tersedia untuk sistem). Dengan begitu kalian akan mendapatkan smartphone yang bisa diandalkan untuk menjalankan game dengan kecepatan tinggi dan frame rate super smooth. Kapasitas RAM jumbo tersebut masing-masing dipasangkan dengan varian 128GB dan 256GB.

Warisan Sistem Kamera dari Realme GT

Sistem kamera Realme GT Neo 2 sama dengan Realme GT sebelumnya mulai dari sensor hingga lensa yang sama. Sekali lagi semuanya berpusat pada sensor wide Sony IMX682 64MP dengan aperture f/1.8 yang sama. Ia memasok bidikan 16MP yang tajam melalui teknik pixel-binning biasa.

Realme GT Neo 2 juga menyediakan Mode Street Photography dari Master Edition. Melalui mode ini, kalian bisa memotret dalam format RAW dan berbagai filter lainnya. Sebagai informasi untuk pengguna baru seri GT, pada dasarnya Mode Street Photography menawarkan fokus instan dan memberikan fokus kontrol level mm yang memuncak.

Itu berarti kalian bisa dengan bebas memptret dalam banyak mode berbeda seperti 16mm, 24mm, 50mm, dan 120mm. Dipadukan bersama kamera utama 64MP, tak ayal hasil foto yang didapatkan akan maksimal. Sedangkan untuk kemampuan rekaman video, kalian bisa mengandalkan kualitas 4K pada 60fps yang diklaim oleh Realme GT Neo 2.

Baterai Besar

Realme GT Neo 2 di Indonesia menawarkan kapasitas baterai besar hingga 4.300 mAh sehingga bisa menemani aktivitas kalian seharian. Tak perlu ragu dengan teknologi pengisi dayanya karena Realme telah menyertakan SuperDart Charge 65W yang diklaim bisa mengisi daya full dalam waktu 36 menit saja.

Memiliki Dual Stereo Speaker

Dari segi kualitas audio, kalian akan mendapatkan speaker stereo ganda yang mendukung audio Dolby Atmos dan Hi-Res. Kualitas speakernya tentu saja sangat bagus, tidak seperti RealMe GT Master Edition yang diperkenalkan tanpa speaker stereo. Output audio dari speaker perangkat smartphone dengan sistem dual speaker stereo menjadi cukup keras untuk ruangan berukuran kecil hingga sedang sehingga bisa memberikan kenyamanan saat menonton film.

Kekurangan Realme GT Neo 2

Datang dengan segudang kelebihan, masih ada beberapa celah kekurangan Realme GT Neo 2 yang harus kalian pertimbangkan berikut ini.

Tidak Mendukung Ekspansi MicroSD

Salah satu smartphone terbaru Realme ini tidak memiliki dukungan slot microSD yang artinya kalian harus puas dengan kapasitas yang disediakan. Meski varian RAM 12GB terdengar besar, namun ia hanya dipasangkan dengan penyimpanan internal 256GB. Apalagi bagi pengguna yang super produktif, tentu saja kapasitasnya bisa dengan mudah terisi penuh.

Belum Mengantongi IP Rating

Pada situs resminya, Realme sama sekali tidak memberikan keterangan apapun mengenai resistensi body Realme GT Neo 2. Meski dibanderol di atas 5 juta, ternyata perangkat ini belum mengantongi IP rating yang artinya masih rentan terhadap percikan, air, maupun debu. Padahal smartphone yang dibanderol lebih murah sudah memiliki proteksi lebih untuk body maupun layar.

Sejauh ini, kelebihan Realme GT Neo 2 lebih dominan dan sangat affordable untuk dimiliki sehingga kalian tak perlu ragu memilih perangkat ini. Dengan harga 6 jutaan, spesifikasi unggulannya sangat cocok untuk pencinta Android yang mencari paket lengkap smartphone serba bisa.