Review Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10

Xiaomi telah meluncurkan beberapa smartphone terbarunya yang laris manis tahun ini. Salah satunya adalah Redmi 10, sebagai suksesor dari Redmi 9. Seperti perangkat lain di segmennya, Redmi 10 membawa material plastic matte di bagian belakang sehingga tidak terlihat terlalu menonjol di antara kompetitornya. Selain itu, Redmi 10 juga memiliki total empat kamera di bagian belakang yang saat ini menjadi tren.

HP Xiaomi
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Redmi 10
  • Rilis September 2021
  • Layar 6.5 inci LCD 90Hz ~405 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G88 (12nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Internal 4/64 GB, 6/128 GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 2.000.000 - 2.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Redmi 10 dan Harganya

Kelebihan Redmi 10

Meski dibanderol dengan harga mulai dari 1 jutaan saja, namun Redmi 10 dijadikan sebagai andalan di kategori harga rendah dari Xiaomi. Dengan beberapa fitur penting Redmi 10 berpotensi menonjol di antara yang lainnya. Baik untuk game atau hanya penggunaan biasa, perangkat ini dapat memenuhi semua kebutuhan kalian dengan budget yang terjangkau. Ada beberapa kelebihan Redmi 10 yang menarik untuk dibahas berikut ini.

Layar Full HD+ dengan Refresh Rate 90Hz

Redmi 10 menampilkan panel depan berukuran 6.5 inci dengan resolusi 1080p. Karena ukurannya yang besar inilah, perangkat ini termamsuk salah satu smartphone terbaik yang terbukti menawarkan kualitas film yang baik. Baik itu serial Netflix atau visual game, kalian akan menemukan pengalaman yang mulus dari smartphone ini. Apalagi tingkat ketajamannya juga tinggi karena menawarkan kepadatan 405 ppi.

Menariknya, terdapat kecepatan refresh 90 Hz yang menjadi nilai jual perangkat ini. Xiaomi telah menyertakan setting Adaptive Sync sehingga kalian bisa beralih antara 45/60/90 Hz terhadap visualisasi di atas layar. Sebagai bonusnya, Redmi 10 bahkan memiliki Mode Sunlight yang akan membantu penggunaan di siang hari.

Karena perlindungan Corning Gorilla Glass 3, layar Redmi 10 akan terlindungi dari kemungkinan buruk saat menggunakannya. Kalian bisa mengandalkan smartphone praktis ini dengan nyaman karena membawa ketebalan 8.9 mm dan berat 181 gram saja.

Sensor Kamera Fotogenic

Xiaomi hampir selalu membanggakan kameranya yang luar biasa. Tak jauh berbeda, kali ini Redmi 10 hadir dengan kamera quad yang dipimpin oleh kamera utama 50MP. Sedangkan 3 kamera sekunder lainnya adalah sensor yang pas di titik harga terjangkau dengan kamera ultra-wide 8MP yang memiliki bidang pandang 120 derajat, sensor 2MP makro, dan 2MP sensor depth.

Kapasitas Daya Tinggi

Selain kelebihan berupa layar berukuran lebar, tentu tidak lengkap jika tidak terdapat kapasitas daya yang memadai. Oleh sebab itu Xiaomi telah menyematkan kapasitas daya hingga 5.000 mAh pada perangkat ini sehingga kalian bisa menggunakannya dengan puas seharian.

Agar tidak perlu menunggu lama saat mengisi ulang daya, Redmi 10 didukung oleh fast charging 18W. Tidak hanya itu saja, Xiaomi telah menambahkan dukungan reverse charge hingga 9W yang sangat membantu untuk berbagi daya. Dengan kata lain, maka kalian bisa memanfaatkannya saat situasi genting di kala travelling. Di antara para pesaingnya untuk perangkat dengan harga 1 jutaan, tidak banyak yang bisa memberikan fitur ini.

Penyimpanan Besar

Salah satu komponen yang menentukan minat pembelian dalam memilih produk smartphone adalah ruang penyimpanan yang ditawarkan. Melalui sub-brand Redmi, Xiaomi memang telah dikenal memanjakan pengguna dengan penyimpanan yang lapang. Untuk Redmi 10 sendiri kalian bisa memilih salah satu diantara 2 variasi penyimpanan dengan RAM 4/6GB dan ROM 64/128GB. Jika menginginkan ruang yang lebih besar, Xiaomi telah menyediakan opsi ekspansi microSD dengan daya tampung microSD hingga 512GB.

Menariknya melalui situs resmi, Xiaomi mencatat bahwa Redmi 10 turut mengikuti jejak saudaranya yang bisa melakukan perluasan kapasitas RAM. Pada perangkat ini, Xiaomi telah menyertakan konfigurasi opsional berupa penambahan RAM hingga 2GB. Hal tersebut tidak terlepas karena adanya penggunaan MIUI 12.5 yang mendukung Memory Extension. Bagaimana? Kalian tertarik untuk mencobanya?

Speaker Stereo

Di tengah kemajuan zaman yang pesat, banyak vendor smartphone menawarkan kualitas audio yang baik agar kegiatan seperti game atau menonton film tetap terasa nyaman. Hal ini juga diterapkan oleh Xiaomi pada Redmi 10. Dengan speaker stereo, maka audio yang dihasilkan lebih natural dan jernih. Maka tak heran banyak pengguna Android menyukai sistem stereo dibandingkan speaker mono biasa.

Chipset Bertenaga di Kelasnya

Xiaomi mengklaim bahwa perangkat ini adalah smartphone yang menjadi debut pertama bagi MediaTek Helio G88 di pasar global. Karena memiliki proses fabrikasi 12nm dan clock speed hingga 2GHz, maka kalian tak perlu khawatir mengenai performanya sebagai perangkat harian.

Prosesor Octa-core tersebut sangat cocok dipasangkan dengan layar Full HD+ yang dibawa oleh Redmi 10 dan mendukung refresh rate 90Hz. Apalagi kinerja pemrosesan grafisnya ditangani oleh Arm Mali-G52 untuk tampilan yang lancar dan tidak mengecewakan.

Kekurangan Redmi 10

Smartphone yang dibanderol dengan harga mulai dari 1 jutaan pada umumnya memiliki kekurangan yang wajar. Namun bisa jadi kekurangan tersebut adalah pertimbangan penting kalian dalam memilih smartphone baru. Mari simak beberapa kekurangan Redmi 10 berikut ini.

Kualitas Video Hanya 1080p

Meskipun membawa konfigurasi kamera yang mengesankan, namun Redmi 10 hanya bisa melakukan perekaman video sampai 1080 piksel saja. Baik kamera depan dan belakang, perangkat ini memiliki kemampuan 1920x1080 pada kecepatan 30 fps. Saat ini tentu ada banyak pilihan smartphone terkini yang bisa merekam video dengan kualitas yang lebih. Namun sayangnya Redmi 10 hanya mempunyai kemampuan yang terbatas dalam hal videografinya.

Tidak Memiliki Slot MicroSD

Sudah menjadi rahasia umum bahwa smartphone dengan memori internal tinggi harganya jauh lebih mahal daripada smartphone dengan memori internal lebih kecil. Daripada membeli smartphone dengan penyimpanan tinggi, maka banyak pengguna Android menyukai perangkat yang memiliki slot microSD untuk ekspansi penyimpanan.

Selain itu, kartu SD hanya membutuhkan daya yang sangat kecil. Artinya, menggunakan kartu SD pada smartphone tidak akan membuang banyak daya. Selain portable dan sangat efisien, microSD adalah poin plus. Oleh sebab itu fakta bahwa Redmi 10 tidak mendukung ekspansi penyimpanan microSD tentu saja sangat mengecewakan.

Tidak Support NFC dan Jaringan 5G

Dalam sub-brand Redmi, ada beberapa smartphone yang memiliki harga tidak jauh berbeda menawarkan jaringan 5G dan konektivitas NFC. Kali ini, Xiaomi tidak menyertakan keduanya pada Redmi 10 sehingga bisa dikatakan sebagai kekurangan yang menjadi pertimbangan utama sebelum membelinya.

Pengguna smartphone Android tentu menginginkan fitur-fitur unggulan dan terkini yang bisa digunakan dan diakses saat memerlukannya. Apalagi di masa depan smartphone yang hanya mendukung jaringan 4G akan kalah saing dengan smartphone terbaru yang lebih canggih dan menawarkan deretan fitur lengkap namun tidak menguras kantong.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan Redmi 10 yang bisa kalian jadikan referensi. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun kelebihan yang dimiliki oleh smartphone murah ini menjadikannya sebagai pilihan yang affordable untuk menemani aktivitas sehari-hari.