Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22

Samsung Galaxy M22 resmi masuk di pasar Indonesia pada akhir September lalu. Dibanderol dengan harga 2 jutaan, smartphone ini bisa kalian pesan melalui e-commerce resmi Samsung atau retail terdekat. Ditilik dari deretan spesifikasinya, Galaxy M22 memang membawa keunggulan yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Dengan kata lain, Samsung agak ‘memoles’ perangkat ini sehingga bisa bersaing dengan layak diantara kompetitornya.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy M22
  • Rilis September 2021
  • Layar 6.4 inci Super AMOLED 90Hz ~274 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 13 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 2.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M22 dan Harganya

Hal menarik dari Samsung Galaxy M22 adalah kalian bisa memperoleh potongan harga yang lumayan menggiurkan dalam skema flash sale yang dilakukan oleh Samsung seperti biasanya pada setiap perangkat terbaru.

Situs web resmi Samsung menyatakan bahwa Galaxy M22 hadir dengan varian Hitam, Putih, dan Biru Muda. Suka atau tidak suka dengan desain Samsung, kalian tentu akan menyadari desain matching yang tampak akrab. Pasalnya, desain pola horizontal pada panel belakang smartphone ini telah ada di beberapa smartphone sebelumnya dari merek yang sama. Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M22? Simak informasi berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy M22

Ada beberapa nilai jual yang menonjol dari Samsung Galaxy M22. Kalian akan mendapati teknologi layar Super AMOLED dengan kecepatan refresh layar 90Hz, konfigurasi yang kuat, kapasitas baterai yang besar, menyediakan konektivitas berkelanjutan bagi generasi muda untuk tugas harian, dan sebagainya.

Layar Super AMOLED

Sebenarnya memang tidak mengherankan bagi perangkat di rentang harga 2 jutaan mengusung layar Super AMOLED. Namun tentu hal ini menjadi kelebihan dari Samsung Galaxy M22 yang patut diakui. Di bagian display kalian akan melihat layar Super AMOLED berukuran 6.4 inci dengan kecepatan refresh 90Hz di atasnya.

Karena memiliki klaim kecerahan 600 nits, tak perlu risau saat menggunakannya di saat terik siang hari atau di malam hari. Dengan tampilan Infinity-U dan rasio aspek 20:9, Samsung Galaxy M22 menawarkan rentang dan dimensi tak kalah memuaskan sehingga bisa menjadi andalan kalian sehari-hari.

Kombinasi Kamera Memuaskan

Bagian ini adalah kelebihan paling menarik bagi para pencinta fotografi. Pasalnya, beberapa fitur yang memuaskan ada pada Samsung Galaxy M22. Muncul dengan quad-camera di punggungnya kalian akan menemukan sensor wide 48 MP sebagai kamera utama perangkat ini.

Dengan mode fokus otomatis, kalian bisa menangkap objek tajam dengan mudah tanpa kewalahan. Tak hanya itu saja, kamera utama tersebut juga dilengkapi teknologi OIS, sehingga memiliki kemampuan menangkap gambar yang distabilkan. Karena tidak semua smartphone di segmen ini menawarkan kelebihan OIS, Samsung mengambil langkah tersebut untuk menarik perhatian.

Kamera sekundernya juga meningkatkan kualitas foto karena masing-masing telah dilengkapi sensor ultra-wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor depth 2 MP. Dengan kombinasi yang memuaskan ini, tak ayal Samsung Galaxy M22 banyak digemari oleh kawula muda.

Tidak berniat kalah saing, Samsung telah menyematkan kamera selfie 13MP di notch kecil di bagian depan. Meskipun bukan resolusi paling besar di segmennya namun sudah cukup memenuhi standar agar hasil selfie dan kualitas video call kalian tetap memuaskan.

Kapasitas Tinggi Baterai

Sebelum hadirnya Galaxy M22, seri yang satu ini memang telah dikenal lebih dulu sebagai deretan smartphone berdaya tinggi. Dengan kapasitas 5.000 mAh, Samsung telah menawarkan kelebihan yang sulit untuk diabaikan bagi pengguna yang produktif. Padahal jika dilihat dari segi bobotnya, Samsung Galaxy M22 hanya mencatatkan berat 186 gram saja sehingga tidak sulit digunakan dengan satu tangan.

Untuk mendukung kapasitas yang tinggi ini kalian akan mendapatkan teknologi fast charging hingga 25W. Tidak lebih dari durasi 2 jam, maka baterai sudah terisi ulang penuh.

User Interface Ramah Pengguna

Jika kalian membeli Galaxy M22 hanya karena Samsung memiliki reputasi yang baik, maka perangkat ini bisa memberikan lebih dari yang diharapkan. Samsung menawarkan OS Android 11 yang didampingi oleh penambahan One UI Core 3.1 untuk memperkaya level performa. Kombinasi ini terbukti menjadi sumber yang lebih baik untuk memberi kalian kelancaran setiap tugas.

Bukan hanya ringan saja, tetapi One UI memiliki Samsung juga memberikan berbagai fitur memuaskan yang bisa ditangani dengan baik. Namun karena OS Android 12 telah rilis, kalian bisa melakukan update kapan saja saat menginginkannya.

Penyimpanan Lapang dan Memiliki Slot MicroSD

Vendor ternama di kancah global ini telah berbaik hati dengan menyediakan penyimpanan yang lapang untuk berbagai file mulai dari dokumen hingga aplikasi. Dengan budget 2 jutaan, Samsung Galaxy M22 membawa ruang RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB untuk penggunaan yang lancar. Jika kalian masih merasa kapasitas tersebut belum cukup, tenang saja karena ada slot microSD yang bisa dimanfaatkan untuk menampung hingga 1TB.

Mendukung NFC

Kelebihan yang satu ini memang sulit untuk dilewatkan begitu saja. Karena telah mendukung konektivitas NFC, tentu saja kalian bisa berbagi informasi antar perangkat smartphone secara nirkabel tanpa ribet. Sangat menarik bukan?

Kekurangan Samsung Galaxy M22

Diantara deretan kelebihan di atas, kalian tentu telah menebak apa saja kekurangan yang dimiliki oleh perangkat ini. Karena dibanderol dengan harga 2 jutaan, tentu saja beberapa hal di bawah ini bisa dikatakan sebagai kekurangan dari Galaxy M22.

Performa yang Tertinggal di Kelasnya

Galaxy M22 mengandalkan chipset MediaTek Helio G80 yang dibangun pada proses 12nm. Chipset ini memiliki total delapan inti CPU, dua di antaranya adalah inti ARM Cortex-A75 berkinerja tinggi dengan clock 2.0GHz sementara enam lainnya adalah core efisiensi energi Cortex-A55 yang beroperasi hingga 1,8GHz.

Dengan clock speed hanya 2GHz saja, tentu ada banyak alternatif atau pilihan lain bagi pengguna yang menginginkan performa matang saat bermain game mobile atau menjalankan aplikasi yang berat. Meskipun GPU yang dibawa bisa diandalkan untuk pemrosesan grafis yang memuaskan, namun performanya masih di bawah rata-rata diantara para kompetitornya.

Hanya Beresolusi HD+

Kekurangan yang satu ini memang langsung tampak ketika Samsung merilis daftar spesifikasi Galaxy M22. Sangat disayangkan panel Super AMOLED pada perangkat ini hanya dibekali resolusi HD+ saja. Di saat smartphone yang dibanderol dengan harga 1 jutaan sudah memiliki resolusi Full HD+, Galaxy M22 justru mengecewakan penggemar Samsung dengan HD+.

Tidak Memiliki Proteksi Layar

Saat menggunakan perangkat ini di area manapun kalian harus berhati-hati agar tidak tergores atau bahkan jatuh dari genggaman. Pasalnya, Samsung tidak menyertakan proteksi layar pada Galaxy M22 sehingga akan rentan terhadap gangguan yang menyebabkan layar cepat rusak. Hal ini adalah kekurangan yang harus kalian pertimbangkan karena ada banyak pilihan smartphone lain di harga yang sama menyertakan perlindungan layar.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M22 sebagai bahan referensi sebelum membeli smartphone terbaru. Apakah kalian masih tertarik dengan perangkat yang satu ini?