Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y33s

Berikut kelebihan Vivo Y33s dan kekurangannya lengkap dengan info harga dan spesifikasi

Hadir di Indonesia sejak tahun 2014, Vivo terus mengembangkan inovasinya terutama di segmen mid-range. Baru-baru ini Vivo juga telah meluncurkan smartphone yang masuk dalam seri Y andalannya, yakni Vivo Y33s. Perangkat yang satu ini memiliki keunggulan yang menggiurkan untuk kalian pengguna setia Android.

HP Vivo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo Y33s
  • Rilis Oktober 2021
  • Layar 6.58 inci IPS LCD ~401 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • GPU Mali-G52 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8 GB + 4 GB/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga Rp 3.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y33s dan Harganya

Meskipun Vivo Y33s kurang hype di pasar Indonesia, namun pada pasar global terutama di India sebagai wilayah pasar perdananya, Vivo berhasil menempatkan dirinya dengan baik sehingga laris manis. Jika ditilik dari deretan spesifikasinya, Vivo Y33s cocok bagi para pengguna produktif.

Bagaimana tidak karena dengan budget 3 jutaan saja sesungguhnya Vivo telah menawarkan paket lengkap smartphone ini untuk bisa diandalkan sebagai daily driver.

Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Vivo Y33s? Mari simak informasinya secara lengkap berikut ini.

Kelebihan Vivo Y33s

Smartphone yang dibanderol dengan harga murah memang akan lebih cepat menarik perhatian ketimbang smartphone menengah dan flagship kelas atas. Oleh sebab itu dibutuhkan usaha yang lebih besar jika ingin meluncurkan smartphone di harga 3 jutaan. Tilik kelebihan dari Vivo Y33s agar kalian mengetahui apakah perangkat ini sudah sesuai dengan selera kalian.

Layar Lebar dengan Resolusi Full HD+

Item pertama dalam daftar persyaratan smartphone baru yang pertama kali dikenali adalah layarnya. Vivo Y33s menjalankan layar besar 6.58 inci yang cocok untuk browsing newsfeeds, untuk bermain game online terbaru, multi-tasking, mengedit foto, dan banyak lagi.

Layarnya bukan berada di level HD saja melainkan menjalankan resolusi 1080 x 2408 piksel yang disebut FHD+ oleh standar modern. Oleh sebab itu Vivo menjamin tampilan display yang detail dan tajam, sehingga dapat merender banyak teks, dan gambar resolusi tinggi yang menyesuaikan lebih banyak dari layar HD.

Tampilan pada layar tersebut telah disetel dengan gamut warna P3, sehingga akurat dalam rendisi warna. Selain itu, ia juga membantu menyaring cahaya biru sehingga otot mata tidak mudah tegang setelah melihat layar smartphone berjam-jam.

Masih belum puas dengan kelebihan layar Vivo Y33s karena setara dengan competitor di segmennya? Nah, tenang saja karena Vivo turut serta memberikan tampilan yang tajam karena tingkat kerapatannya mencapai 401 ppi. Apalagi rasio layar ke body-nya adalah 90.6% yang berarti bezel Vivo Y33s tidak terlalu tebal.

Desain Fresh

Selain komponen layar, tentu saja desain juga menjadi pertimbangan ketika ingin mengganti smartphone baru. Pada masa kini, para vendor ternama sedang berlomba-lomba menghadirkan desain yang segar dipandang dengan body ramping yang nyaman digenggam. Vivo pun tak ingin ketinggalan dalam hal ini.

Vivo Y33s membawa bobot hanya 182 gram saja dan ketebalan 8mm dengan 2 variasi warna (Midday Dream dan Mirror Black) yang matching dan segar khas tampilan Vivo dan saudaranya, yakni Oppo. Aksen dan gradasinya sangat cocok untuk anak muda yang memperhatikan detail warna dan tampilan pada perangkat hariannya.

Kapasitas Baterai Jumbo

Kelebihan ketiga dari Vivo Y33s adalah kapasitas baterainya yang tinggi. Rasanya tentu percuma jika smartphone terbaru tidak dilengkapi dengan baterai yang memadai. Oleh sebab itu Vivo melengkapi perangkat ini dengan baterai total 5.000 mAh yang termasuk besar di segmennya. Dengan begini kalian tak perlu khawatir lagi bila membawa serta Vivo Y33s bepergian. Apalagi Vivo juga telah menyertakan fitur Vivo Energy Guardian yang bisa diandalkan unttuk memaksimalkan efisiensi pemakaian daya baterai sehari-hari.

Performa Cukup Mumpuni di Kelasnya

Performa yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi dan game terbaru tentu saja harus menjadi titik perhatian pada smartphone di harga 3 jutaan. Vivo Y33s menjalankan prosesor octa-core Helio G80 yang dikombinasikan bersama dengan RAM 8GB.

Jumlah RAM ini adalah kapasitas standar untuk perangkat ini yang juga terlihat pada smartphone varian premium. Dengan kapasitas tersebut, Vivo Y33s memiliki tenaga yang cukup untuk menjalankan aplikasi terbaru dan lebih banyak fitur yang menuntut lebih banyak kinerja.

Vivo bahkan mengatakan bahwa perangkat ini hadir dengan teknologi yang disebut Extended RAM. Kalian akan memperoleh ekstra RAM 4GB dengan menggunakan penyimpanan onboard sebagai tambahan RAM.

Tak lupa, kapasitas penyimpanan internal adalah komponen kunci lainnya dan Vivo Y33s hadir dengan ROM 128GB yang sekaligus menyediakan perluasan penyimpanan menggunakan kartu microSD. Kalian bisa menamabhkan hingga 1 TB dengan slot tersebut sehingga memiliki lebih banyak ruang untuk berbagai file.

Kombinasi Kamera Menawan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y33s adalah kombinasi kamera yang menawan. Pasalnya, Vivo menyediakan tiga kamera yang dipasang di bagian belakang. Sorotan terbesarnya adalah sensor utama 50MP yang tentu saja bisa membantu kalian untuk menghasilkan jepretan dengan detail jelas.

Selain itu, ada dua kamera lain untuk membantu tugas yang lebih spesifik. Pelengkap tersebut adalag kamera bokeh 2MP dengan depth of field yang halus dan kamera Super Makro 2MP untuk membantu mendekatkan dengan objek potret. Vivo mengklaim sensornya bisa sedekat 4cm dengan bantuan kamera ini. Sementara kamera dalam notch di bagian depan dapat digunakan untuk selfie dan video call dengan jelas karena didukung oleh sensor 16MP.

Kamera Vivo Y33s dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat melakukan hal-hal detail seperti mengurangi noise pada foto dengan cahaya rendah. Kalian bisa mengandalkan fitur Super Night Camera yang diklaim dapat mengambil foto yang bagus dalam skenario cahaya rendah menggunakan detail yang diambil dari banyak frame.

Mode Super Night Selfie yang dimiliki oleh kamera perangkat ini berkombinasi dengan smart AI untuk mengurangi dan mencerahkan wajah saat di malam hari. Namun semua fitur perangkat lunak ini tidak terbatas hanya pada foto. Vivo juga menjagokan fitur Ultra Stable Video yang bisa merekam video dengan halus dan stabil menggunakan stabilisasi gambar elektronik kamera belakang sehingga hasilnya tidak goyah.

Kekurangan Vivo Y33s

Tidak lengkap membicarakan kelebihan tanpa mengetahui kekurangan dari perangkat ini. Oleh sebab itu mari mengulik apa saja kekurangan Vivo Y33s yang penting untuk kalian ketahui.

Layar LCD dan Refresh Rate Hanya 90Hz

Dengan harga 3 jutaan saja, Vivo Y33s idealnya membawa refresh rate paling tidak 120Hz. Namun sayangnya Vivo hanya menyertakan refresh rate 90Hz saja pada layar LCD-nya. Padahal di segmennya telah banyak yang menawarkan layar AMOLED sekaligus refresh rate tinggi. Nah, apakah komponen ini menjadi pertimbangan kalian dalam memilih smartphone baru?

Fast Charge Hanya 18W

Tampaknya Vivo memiliki strategi yang hampir serupa dengan Samsung yang jarang menawarkan teknologi fast charge tinggi di smartphone entry-level dan mid-range besutannya. Pada Vivo Y33s kalian hanya akan mendapatkan dukungan kecepatan isi ulang daya hingga 18W yang artinya kalah cepat dibandingkan pesaingnya.

Itulah kelebihan dan kekurangan Vivo Y33s yang wajib kalian pertimbangkan sebelum memilihnya sebagai perangkat harian. Jika menginginkan smartphone dengan desain menarik dan ramping yang disertai sensor kamera dan performa mumpuni, maka Vivo Y33s adalah smartphone yang tepat.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn