Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6

Reno adalah jajaran perangkat kelas atas yang berfokus pada kamera dari OPPO. Biasanya, ponsel ini secara estetika menyenangkan dan memiliki spesifikasi smartphone di atas rata-rata dan hadir dengan label harga kelas menengah ke atas.

HP Oppo
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Oppo Reno6
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.4 inci AMOLED 90Hz ~411 ppi
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU Adreno 618
  • Internal 8/128 GB
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 44 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4310 mAh, Fast charging 50W
  • Harga Rp 5.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno6 dan Harganya

Menariknya, Reno6 dapat disebut sebagai pembaruan berulang untuk Reno5 5G karena sebagian besar spesifikasi dan faktor bentuk hampir identik. Seri Reno dari Oppo memang tidak pernah bosan menjadi topik perbincangan yang hangat. Di bulan Juli lalu Oppo telah meluncurkan Reno6 yang selanjutnya disusul oleh Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G dengan spesifikasi yang di-upgrade.

Dibanderol dengan harga 5 juta, Oppo Reno6 menghadapi persaingan ketat dari peluncuran terbaru dari Xiaomi 11T dan perangkat lainnya. Menghabiskan budget yang tidak sedikit tersebut, apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo Reno6 yang akan kalian dapatkan? Mari simak informasinya dalam tulisan ini.

Kelebihan Oppo Reno6

Oppo Reno6 memamerkan desainnya yang menawan dengan tampilan yang disebut sebagai Reno Glow. Menariknya rangkaian desain ini menghasilkan cover belakang yang diklaim melalui proses sprektum berlian. Karena itulah tampilan belakangnya mempunyai aksen berbeda ketika terkena cahaya. Selain desain cover cantik ini, kalian akan mendapatkan beberapa kelebihannya sebagai berikut.

1. Membawa Desain Slim dan Ringan

Tak diragukan lagi Oppo Reno6 terkenal sebagai smartphone stylish khas smartphone masa kini. Perangkat dari seri andalan Oppo yang satu ini memiliki ketebalan 7.8 mm saja dengan keseluruhan bobotnya tercatat hanya 173 gram. Kalian tentu bisa membayangkan betapa slim dan ringannya Oppo Reno6 saat digunakan. Para pesaingnya rata-rata membawa ketebalan dan bobot di atasnya sehingga ini adalah nilai jual yang patut diapresiasi dari Oppo.

2. Layar AMOLED Full HD+

Display Oppo Reno6 sama menariknya dengan sektor desain. Bagian depan perangkat ini dibalut oleh panel AMOLED berukuran 6.4 inci yang memiliki resolusi Full HD+. Bukan tipe waterdrop, Oppo justru memilih untuk menampilkan layar punch hole sehingga kalian bisa menikmati rentang layar dengan memuaskan untuk scrolling sosial media atau menonton film.

Dibandingkan dengan HD+ alias 720p, resolusi FHD berguna untuk melihat konten 1920 x 1080 piksel tanpa mengkhawatirkan masalah penskalaan. Jika kalian menyukai kualitas tinggi saat bermain game atau menonton film, sudah pasti lebih memilih resolusi Full HD+.

Meskipun ukurannya agak berbeda dengan versi 5G, namun Oppo Reno6 memiliki tampilan yang sama. Ketika sedang berada di luar ruangan, kalian bisa mengandalkan kecerahan 750 nits untuk bisa melihat isi layar dengan mudah di bawah terik matahari. Bahkan resolusi 1080p yang disertakan pada panel AMOLED-nya juga menjanjikan untuk membuat tampilan film yang tajam dan memuaskan.

3. Ruang Penyimpanan Besar dengan Dukungan Ekspansi MicroSD

Karena harganya yang tidak tergolong murah, tentu Oppo Reno6 menawarkan kapasitas ruang yang bisa diandalkan untuk menyimpan banyak file dan aplikasi. Kalian akan mendapatkan kombinasi yang pas dari perangkat ini sehingga tak perlu risau mengenai kapasitasnya. Terdapat perpaduan antara RAM 8GB dan memori internal seluas 128GB yang masih bisa diperluas dengan opsi slot microSD.

Jika menilik versi perangkat 5G dari Reno6 kalian memang lebih diuntungkan karena ia memiliki dua opsi RAM 8/12GB dan penyimpanan internal 128/256GB. Sayangnya, saudaranya tersebut tidak ada opsi untuk memperluas penyimpanan karena Oppo tidak menyediakan slot kartu microSD. Oleh sebab itu memilih Reno6 biasa bisa menjadi opsi yang tepat bagi kalian penggemar smartphone berkapasitas penyimpanan besar.

4. Kemampuan Fotografi Menawan

Belum cukup puas dengan beberapa kelebihan di atas? Maka kalian harus mencoba menghasilkan potret menawan dari konfigurasi kameranya. Di sektor inilah kalian juga akan melihat beberapa perbedaan mengejutkan antara Oppo Reno6 dan Reno6 5G. Pasalnya, dengan Oppo Reno6 5G, kalian akan memiliki tiga kamera dengan kamera utama 64 MP.

Sementara perangkat Oppo Reno 4G hadir dengan resolusi kamera utama namun membawa pengaturan quad kamera. Ia ditemani oleh lensa ultra-wide beresolusi 8MP, sensor depth 2MP, dan sensor monokrom 2MP. Melalui konfigurasinya yang ciamik ini, Oppo memberikan kebebasan untuk merekam video 4K sehingga hasil dokumentasi video yang didapatkan sesuai harapan kalian.

Oppo Reno6 sendiri membawa tag line “Every Emotion, In Potrait” untuk menunjukkan bahwa ia memiliki kemampuan fotografi yang menggugah. Highlight-nya terdiri dari Bokeh Flare Potrait dan AI Video dengan pilihan Nighttime dan Daytime. Oppo mengunggulkan Live HDR dan Ultra Night Video agar kalian bisa merekam dengan kapasitas cahaya yang disesuaikan secara otomatis.

5. Baterai Besar dengan 50W Flash Charge

Oppo telah mengimbangi kualitas layar perangkat ini bersama kapasitas daya yang besar berukuran 4.310 mAh sehingga sanggup menemani aktivitas kalian seharian. Daya tersebut mendapat dukungan dari 50W Flash Charge untuk mengisi ulang daya secepat kilat. Oppo mengklaim hanya dengan 5 menit waktu charging, kalian sudah bisa menggunakan perangkat hingga 3 jam untuk menonton video.

6. Performa yang Bisa Diandalkan

Karena perangkat ini tidak mendukung jaringan 5G seperti saudaranya, maka chipset yang disematkan pun berbeda. Namun performa dari perangkat ini bisa kalian andalkan untuk penggunaan ringan hingga sedang karena dapur pacu tersebut diisi oleh Qualcomm Snapdragon 720G.

Qualcomm Snapdragon 720G (8nm) adalah SoC berbasis ARM cepat mid-range yang sebagian besar ditemukan pada tablet Android dan smartphone. Ia mengintegrasikan delapan inti (octa-core) yang dibagi menjadi dua cluster. Sebuah cluster kinerja cepat berisi dua core ARM Cortex-A76 dengan clock hingga 2,3 GHz (Kryo 465 Gold) dan cluster efisiensi daya dengan enam core ARM Cortex-A55 kecil hingga 1,8 GHz (Kryo 465 Silver). Untuk smartphone yang dibanderol dengan harga 5 jutaan, performanya memang bisa diadu.

Kekurangan Oppo Reno6

Meskipun menawarkan banyak kelebihan yang menggiurkan perlu diingat bahwa kalian juga harus mempertimbangkan beberapa kekurangan Oppo Reno6. Nah, mari simak kekurangan perangkat ini yang wajib untuk diketahui.

1. Refresh Rate Hanya 90Hz

Jika kalian melihat rilis terbaru beberapa merek ternama lainnya terutama Xiaomi, budget 5 jutaan yang kalian sediakan akan memberi kualitas kecepatan refresh tinggi. Pada umumnya di range harga tersebut setidaknya ada penawaran refresh rate 120Hz untuk tampilan yang super smooth saat dinavigasikan.

2. Speaker Belum Stereo

Kekurangan selanjutnya dari Oppo Reno6 adalah segi output audio. Sangat disayangkan bahwa Oppo belum menyematkan dukungan stereo yang disenangi oleh mayoritas gamers. Padahal performa dari Oppo Reno6 sangat mendukung untuk game grafis intens serta pemutaran streaming resolusi tinggi yang cocok disandingkan bersama speaker stereo.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno6 yang wajib kalian ketahui untuk dipertimbangkan lebih lanjut lagi. Salah satu pendatang baru ini cocok bagi pencinta smartphone serba bisa yang stylish.