Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 8

Realme telah meluncurkan 6 smartphone baru termasuk seri Realme 8 dalam tiga bulan pertama di tahun 2021. Perusahaan ini dengan cepat meluncurkan smartphone baru untuk menawarkan fitur-fitur yang sedang tren namun pada titik harga yang bervariasi kepada pengguna.

HP Realme
Spesifikasi Realme 8
  • Rilis April 2021
  • Layar 6.4 inci Super AMOLED ~411 ppi
  • Chipset Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • GPU Mali-G76 MC4
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 16 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 30W
  • Harga Rp 3.600.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme 8 dan Harganya

Spesifikasi Realme 8 terbaru ini mirip dengan Realme 7. Ditambah lagi ponsel baru ini dibanderol sedikit lebih mahal dari suksesornya tersebut dengan harga resmi mulai dari 3 jutaan saja. Meskipun tidak setiap pengguna menyukai ide tagline besar yang dipampang pada bagian belakang perangkat, namun Realme tetap menyertakannya pada perangkat ini.

Selain komponen desain yang nyentrik tersebut, apa lagi yang akan kalian dapatkan dari Realme 8? Mari membahasnya secara lengkap pada tulisan berikut.

Kelebihan Realme 8

Realme 8 menawarkan beberapa kelebihan yang tidak kalah menggiurkan di balik harganya yang terjangkau. Brand yang satu ini memang kerap memberikan kejutan unik yang menjadi perbincangan khalayak ramai. Berikut ini beberapa kelebihan dari Realme 8 yang akan kalian dapatkan.

Desain Berani dan Bodi Ramping

Sebagian besar perubahan pada Realme 8 terjadi di bagian luar. Realme telah memilih desain baru dan sentuhan akhir yang berani pada Realme 8. Pada skema warna Cyber Black atau Cyber Silver, merek 'Dare To Leap' tersebar di seluruh bagian belakang yang tidak biasanya ada di perangkat lain.

Masing-masing variannya juga menawarkan hasil akhir yang berbeda pula. Kalian akan menemukaj lapisan perak yang memiliki tampilan yang lebih edgy, sedangkan warna hitam terlihat lebih halus. Jika kalian suka hal-hal yang nyentrik dan menarik perhatian, Realme 8 adalah pilihan yang tepat.

Dengan berat 7.99mm dan 177 gram, maka Realme 8 adalah salah satu dari jajaran smartphone yang ramping dan gesit yang bisa kalian temui di kisaran harga 3 juta.

Layar AMOLED Full HD+

Layar Realme 8 adalah panel Full HD+ berjenis Super AMOLED dengan ukuran besar mencapai 6,4 inci. Ia juga menawarkan rasio aspek 20:9 yang tinggi dan kecepatan pengambilan sampel sentuh yang diklaim oleh Realme 180Hz.

Ini merupakan peningkatan dalam hal teknologi layar dibandingkan dengan panel LCD biasa yang lebih menggiurkan. Apalagi layarnya lebih cerah saat digunakan di luar ruangan dengan kecerahan puncak 1000 nits. Kalian tetap bisa membaca pesan teks dan scrolling sosial media bahkan di bawah terik matahari siang.

Karena panel AMOLED-nya, Realme 8 juga memiliki warna-warna cerah dan hitam pekat yang membuat mode gelap dan pembacaan malam hari jauh lebih baik dan tidak terlalu melelahkan mata. Jika belum puas dengan keunggulan layar ini, kalian harus mengetahui bahwa Realme telah membekali layar perangkat ini dengan kepadatan 409 ppi. Ya, artinya hal-hal teknis seperti detail konten tidak akan menjadi masalah.

Selain itu, kehadiran panel AMOLED cantik di Realme 8 menjadi alasan sistem biometri terkini yang bisa kalian nikmati. Cukup letakkan jari di layar sejenak maka sensor sidik jari in-display akan bisa membacanya dengan akurat.

Sensor Kamera yang Oke

Realme 8 memiliki pengaturan quad-camera di bagian belakang. Susunannya terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan sensor depth monokrom 2MP. Seperti kebanyakan smartphone lainnya, dalam mode pemotretan default kamera 64MP pada perangkat ini menggunakan teknologi pixel binning untuk menghasilkan gambar 16MP.

Untuk kalian yang gemar memotret banyak objek bisa memanfaatkan berbagai sensor tersebut yang dikendalikan melalui aplikasi kamera Realme dengan tata letak yang intuitif. Ada banyak mode berbeda yang mudah diakses seperti mode Malam, Mode Starry, Mode Slowmo, Mode Film, Mode Pro, dan banyak lagi.

Agar kinerja dari aplikasi kameranya semakin maksimal, Realme 8 juga menyediakan dukungan perekaman video tingkat tinggi dengan stabilisasi UIS. Melalui kamera belakang, kalian bisa merekam hingga 4K pada 30fps sementara lewat kamera depan Realme memberi dukungan 1080p pada 30fps.

Baterai Besar dengan DartCharge 30W

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Realme 8 berasal dari sisi daya baterai. Memang sudah selayaknya bagi Realme untuk membekali perangkat ini dengan kapasitas daya yang tinggi mengingat layar dan performanya akan menguras daya daripada komponen perangkat di bawahnya.

Dengan ukuran 5.000 mAh, Realme 8 sanggup menemani aktivitas kalian seharian asalkan penggunaannya standar. Jika kehabisan daya, tidak perlu memakan durasi yang lama untuk isi ulang karena terdapat fast charger 33W yang bisa diandalkan.

Sudah Mendukung NFC

Sebagai upaya melengkapi fitur Realme 8 agar semakin menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman, Realme telah menyediakan dukungan NFC pada perangkat ini. Kalian bisa berbagi data hingga melakukan pembayaran digital dengan mudah dan tanpa bersentuhan fisik lagi.

Penyimpanan Jumbo

Kelebihan terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah kapasitas penyimpanan jumbo. Realme 8 memiliki kapasitas tunggal RAM besar hingga 8GB dan ruang internal 128GB. Tak hanya itu saja, kalian bisa menambahkan kapasitasnya melalui slot microSD karena Realme 8 mengusung 3 slot yang bisa dimanfaatkan.

Kekurangan Realme 8

Setelah mengetahui kelebihan Realme 8, mungkin tidak sedikit dari kalian yang setuju bahwa smartphone ini sangat worth it to buy. Namun jangan lupa bahwa Realme 8 juga memiliki beberapa kekurangan berikut ini.

Chipset Masih Kalah Saing di Kelasnya

Chipset G-series MediaTek telah mendominasi pasar kelas menengah berkat kinerja GPU-nya yang tinggi. Untuk itu Realme konsisten menggunakannya terutama pada seri kali ini dengan menghadirkan Helio G95. Sebagai informasi, Helio G95 adalah chipset yang populer di pasar kelas menengah sebagai jaminan atas performa smartphone.

Prosesor ini didasarkan pada proses FinFET 12 nm dan muncul dengan 2x inti ARM Cortex-A76 besar hingga 2,05 GHz dan 6x inti ARM Cortex-A55 kecil dan hemat daya dalam dua kelompok. Meskipun cukup baik dalam hal core namun fabrikasi 12nm adalah arsitektur yang ketinggalan jaman.

Jika dibandingkan dengan pesaing terbesarnya, Snapdragon 732G, kalian akan mengetahui bahwa chipset tersebut didasarkan pada proses 8nm Samsung. Oleh sebab itu teknologi fabrikasi 12nm adalah salah satu kelemahan terbesar dari prosesor di Realme 8. Akibatnya, tidak hanya chipset menjadi hangat tetapi masa pakai baterai juga biasa-biasa saja alias kurang efisien.

Kecepatan Refresh Hanya 60Hz

Realme membuat kesalahan besar dengan mengecewakan pengguna setianya di sektor layar. Rasanya tentu agak menyedihkan saat mengetahui bahwa panel AMOLED di Realme 8 hanya dibekali kecepatan refresh standar 60Hz saja. Langkah yang ‘mundur satu langkah’ dari para pesaingnya ini harus kalian pertimbangkan jika mendambakan smartphone baru yang memiliki kinerja layar maksimal.

Itulah deretan kelebihan dan kekurangan Realme 8 yang bisa kalian dapatkan dengan budget 3 jutaan saja. Apakah kalian tertarik memilikinya atau malah sudah menargetkan merek yang lain?