Review Kelebihan dan Kekurangan Realme C11 (2021)

Meskipun memiliki nama yang sama, Realme C11 (2021) bukanlah suksesor dari Realme C11 2020. Keduanya memang terlihat familier karena desain seri C dari Realme tidak banyak berubah. Pastinya kali ini Realme menawarkan deretan spesifikasi yang diperuntukkan bagi kalian pencinta smartphone entry-level serba bisa.

HP Realme
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Realme C11 (2021)
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.52 inci IPS LCD ~269 ppi
  • Chipset Unisoc SC9863A (28nm)
  • GPU IMG8322
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 2/32 GB
  • Kamera Belakang 8 MP (wide)
  • Kamera Depan 5 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Realme C11 (2021) dan Harganya

Saat pertama kali diluncurkan, harga banderol perangkat ini hanya berkisar di angka 1.2 juta saja. Namun untungnya skema flash sale dan diskon dari berbagai e-commerce akan memberikan potongan harga yang menguntungkan dibanding membeli langsung di store offline. Kalian bisa memilih salah satu dari dua varian warna yang dihadirkan oleh Realme, yakni Iron Grey dan Lake Blue.

Nah, dengan budget ramah di kantong tersebut, sebenarnya apa saja tawaran yang dihadirkan oleh Realme C11 (2021)? Mari simak informasinya pada tulisan ini selengkapnya.

Kelebihan Realme C11 (2021)

Jika dicermati, spesifikasi Realme C11 (2021) tidak ‘wah’ dan belum cukup menantang di kelasnya. Apalagi mengingat segmen yang ia tempati penuh kompetisi, Realme perlu mengerahkan tenaga untuk memilih nilai jual utama pada perangkat ini. Walaupun demikian, kalian bisa mengandalkan beberapa kelebihan Realme C11 (2021) berikut ini sebagai daily driver yang patut diacungi jempol.

Layar Berukuran Besar

Tak diragukan lagi, memiliki smartphone dengan layar berukuran besar adalah hal yang menyenangkan saat ini. Dari berbagai pilihan yang tersedia, Realme C11 (2021) sangat recommended karena harganya yang bersahabat. Kalian akan memperoleh display dengan tampilan water drop berukuran 6.5 inci yang membawa resolusi HD+ (720 x 1500 piksel).

Tampilan pada layarnya sudah tidak asing lagi karena perangkat di seri C yang lain pun mengusung konsep serupa. Realme C11 (2021) memilih panel IPS LCD dengan kerapatan 269 ppi yang artinya cukup standar dan memuaskan untuk menonton film favorit dikala waktu senggang.

Kapasitas Baterai 5.000 mAh

Memiliki layar yang berukuran besar saja tentu belum cukup untuk memuaskan pengguna dengan intensitas pemakaian smartphone yang lama. Oleh sebab itu Realme C11 (2021) menawarkan kapasitas daya yang sesuai agar kalian tak perlu begitu sering mengisi ulang daya. Dengan ukuran 5.000 mAh, smartphone ini siap dioperasikan seharian.

Hal tersebut juga yang sekaligus membuat Realme C11 (2021) mengusung tag line andalannya, “Baterai Cadas, Tanpa Batas” untuk menunjukkan bahwa nilai jual yang bisa dibanggakan oleh perangkat ini adalah sektor daya. Apalagi Realme C11 (2021) juga memiliki fitur penghemat daya yang dinamakan Ultra Saving Mode. Nah, dengan begitu masa penggunaan Realme C11 (2021) pun akan semakin lama.

Memiliki Desain Splash-resistant

Siapa sangka bahwa Realme C11 (2021) juga mengunggulkan segi desainnya. Kualitas anti cipratan air yang dirancang oleh Realme diklaim telah mengikuti pengujian berulang ratusan ribu kali yang ketat sehingga kalian tidak perlu risau jika suatu saat smartphone ini terkena cipratan air. Penawaran Realme yang satu ini memang jarang ditemukan di smartphone dengan harga 1.2 jutaan sehingga sangat sayang untuk diabaikan.

Penyimpanan Besar dengan Dukungan Slot MicroSD

Realme C11 (2021) cukup berani menawarkan kapasitas penyimpanan yang standar dan menyaingi kompetitornya. Dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB, smartphone ini bisa membantu kalian untuk menyimpan banyak file. Namun jika kapasitas tersebut dirasa masih kurang, Realme telah menyediakan dukungan slot microSD untuk ekspansi penyimpanan eksternal kalian.

Kekurangan Realme C11 (2021)

Karena Realme C11 tahun ini bukan versi lain yang ‘ditingkatkan’ dari tahun sebelumnya, maka tak heran jika spesifikasi teknisnya agak berbeda. Bahkan keduanya bersaing merebutkan hati pengguna setia Realme dengan masing-masing keunggulan. Lantas, apa saja kekurangan dari Realme C11 (2021) yang harus diketahui? Mari membahas beberapa kekurangan tersebut secara terperinci.

Kamera Utama Tunggal 8MP

Kalian harus memikirkan kembali jika akan membeli ponsel yang punya keunggulan berbasis kamera. Pasalnya, model Realme C11 (2021) tidak dilengkapi dengan kamera glossy. Kehadiran kamera utama beresolusi 8 MP tunggal akan mengecewakan kalian karena tidak ada dukungan kamera sekunder.

Yang kalian miliki hanyalah kamera utama yang tidak sepadan yang akan menghadirkan gambar dengan bahan kabur. Sebaiknya lebih baik jika Realme dapat menyediakan setidaknya lensa 13 MP seperti saudaranya. Namun sebagai penggantinya kalian akan mendapatkan fitur gambar HDR dan Panorama dengan senter LED.

Di sisi lain, kalian juga sulit untuk mengambil foto yang lebih baik dengan kamera selfie 5MP. Meskipun tidak ada masalah dengan kualitas perekaman video 1080p, kalian bisa mengandalkan kemampuan kameranya untuk merekam video. Namun perlu diingat bahwa kameranya tanpa kehadiran OIS atau gyro-EIS sehingga hasilnya jauh dari video yang stabil.

Performa Lambat

Penting untuk diketahui bahwa ponsel Realme C11 (2021) tidak cocok untuk gamer, tetapi untuk penggunaan sehari-hari tentu bisa berfungsi dengan baik. Sebagai gantinya, kalian akan senang melihat bahwa ia hadir dengan OS Android 11 terbaru. Tanpa ragu, kalian akan menikmati OS yang cukup menyenangkan karena bisa menyesuaikan tampilan.

Namun performa Realme C11 (2021) terbilang lawas dan ketinggalan jaman karena ditenagai oleh Chipset Unisoc SC9863A yang memiliki fabrikasi 28nm. Prosesor octa-core ini terintegrasi dengan unit grafis IMG8322, yang artinya kalian tidak bisa mendapatkan pengalaman visual yang luar biasa.

Karena anggaran terbatas, Realme C11 (2021) tidak akan dapat menghasilkan rendering visual dan kinerja berkualitas tinggi. Setelah mengunduh beberapa aplikasi atau video, kinerjanya mungkin menghadapi tantangan berupa lag atau macet. Oleh sebab itu tidak disarankan untuk membuka banyak halaman web secara bersamaan karena kecepatan clock 4x 1,6 GHz max tidak memberikan kinerja yang lebih baik dan lebih cepat pada smartphone ini.

Tidak Mempunyai Fingerprint Sensor

Mengenai sistem biometri, Realme C11 (2021) tidak memberikan penawaran berupa sensor sidik jari yang biasanya ada di punggung untuk smartphone terjangkau. Selain mengandalkan PIN dan Pola, kalian hanya bisa menggunakan fitur face unlock yang telah difasilitasi oleh kamera 5MP pada notch layarnya. Jika kalian mengharapkan smartphone terbaru yang dilengkapi oleh sensor sidik jari untuk efisiensi keamanan, maka Realme C11 (2021) bukanlah pilihan yang tepat.

Pengisi Daya MicroUSB 10W

Soal kapasitas daya memang Realme C11 (2021) bisa diadu. Namun tidak demikian dengan pengisi dayanya. Kali ini Realme tidak berbaik hati menyediakan USB Type-C atau pun pengisi daya cepat minimal 18W sebagaimana pesaing di segmennya. Kalian hanya akan mendapatkan dukungan pengisi daya microUSB dengan kemampuan 10W yang berarti masih lambat untuk isi ulang daya baterainya yang besar.

Itulah kelebihan dan kekurangan Realme C11 (2021) sebagai anak baru di seri C yang terkenal ramah di kantong. Setelah membaca informasi di atas, apakah kalian masih mengincar smartphone ini?