Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M32

Samsung tidak diragukan lagi adalah salah satu merek smartphone teratas di dunia. Meskipun saat ini banyak bermunculan smartphone dengan harga yang kompetitif dari vendor asal China, namun Samsung belum kehilangan kejayaannya karena terus berinovasi terutama di segmen high-end dan mid-range.

HP Samsung
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Lazada JD.ID
Spesifikasi Samsung Galaxy M32
  • Rilis Juli 2021
  • Layar 6.4 inci Super AMOLED 90Hz ~411 ppi
  • Chipset MediaTek Helio G80
  • GPU Mali-G52 2EEMC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 20 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 3.300.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M32 dan Harganya

Sebagai tanggapan, Samsung bertaruh pada keberhasilan jajaran seri M-nya yang ditujukan untuk pembeli dengan budget terbatas. Salah satu perangkat terbaru dari seri ini adalah Galaxy M32 yang menghadirkan spesifikasi cukup menggoda. Di Indonesia sendiri Samsung Galaxy M32 dibanderol dengan harga 3 jutaan saja.

Berbekal budget yang tidak menguras kantong tersebut, kalian akan mendapatkan beberapa kelebihan Galaxy M32 beserta beberapa kekurangan yang mungkin bisa ditoleransi jika komponen tersebut bukan pertimbangan utama kalian. Nah, untuk itu kalian harus mengetahui lebih lanjut apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M32.

Kelebihan Samsung Galaxy M32

Galaxy M32 terlihat menjanjikan karena mengemas layar AMOLED internal Samsung, pengaturan quad-camera, dan baterai besar. Tapi apakah itu memiliki peluang melawan kompetitornya? Mari kita cari tahu secara mendalam sehingga kalian tidak salah pilih.

1. Layar AMOLED dengan Kerapatan 411 ppi

Samsung Galaxy M32 menampilkan layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel alias Full HD+. Menariknya, ini adalah panel internal dari display Samsung, yang merupakan pemimpin global dalam layar AMOLED seluler. Layar tersebur memiliki rasio aspek 20:9 dan kerapatan piksel 411 ppi untuk tampilan yang akurat dan jelas.

Berkat sifatnya yang memancarkan, panel AMOLED dapat secara selektif mematikan piksel individu untuk menghasilkan warna hitam pekat. Dengan lampu latar eksternal seperti LED, layar OLED menghadirkan warna yang murni dan cerah sehingga kalian bisa menikmati visualisasi dengan nyaman.

Samsung mengklaim layar pada Galaxy M32 memiliki kecerahan puncak 800 nits. Kaim Samsung ini dibarengi dengan tawaran pengaturan cepat untuk refresh rate cukup memuaskan. Kalian bisa beralih antara kecepatan refresh 60 Hz dan 90 Hz serta memilih antara profil warna Vivid dan Natural.

2. Konfigurasi Quad Kamera

Galaxy M32 memiliki pengaturan quad-camera yang terdiri dari kamera utama 64 MP, sensor ultra-wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor depth 2 MP.v Kamera utama 64 MP pada smartphone ini menggunakan pixel binning untuk menghasilkan bidikan 16 MP. Pada umumnya konfigurasi yang demikian bisa diandalkan untuk memotret di siang hari karena hasil bidikan memberikan cukup banyak detail.

Kamera depan 20 MP pada Galaxy M32 juga bisa membantu kalian untuk menangkap banyak detail dengan warna yang akurat. Samsung juga telah meluncurkan mode potret yang berfungsi dengan baik. Bahkan ada mode beautification yang bisa memangkas lemak dari wajah chubby kalian agar terlihat lebih tirus.

Pindah ke perekaman video, ponsel ini memiliki kemampuan rekaman maksimal 1080p dengan frame rate 30. Jika kalian pengguna Android yang suka memotret, Galaxy M32 adalah pilihan yang bijak.

3. Baterai Berkapasitas Tinggi 5.000 mAh

Membawa kapasita baterai jumbo memang bukan hal yang mengherankan bagi smartphone M-series milik Samsung. Sama seperti para saudaranya, kali ini Galaxy M32 mengemas baterai hingga 5.000 mAh yang cukup untuk bertahan seharian.

Meskipun Samsung sesungguhnya telah meluncurkan versi global dengan kapasitas baterai yang lebih besar, namun kalian tetap bisa mengandalkan daya tahan baterai tersebut agar tak perlu lekas mengisi daya. Sebagai gantinya Samsung memberikan dukungan teknologi fast charging 25W untuk Galaxy M32 di Indonesia yang bisa membantu kalian mengisi daya dengan cepat.

4. Ruang Penyimpanan Besar dan Dukungan Ekspansi MicroSD

Mempunyai layar memadai dan baterai besar, tentu tidak lengkap apabila Samsung tidak menyertakan kapasitas penyimpanan yang besar pula. Untungnya Galaxy M32 telah dibekali RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Bagi kalian yang gemar mendownload film atau aplikasi produktif, kabar baiknya Samsung Galaxy M32 mempunyai slot microSD yang bisa menampung hingga 1TB. Sangat mengesankan bukan?

5. Masih Menyertakan Jack Audio 3.5 mm

Mayoritas smartphone terbaru saat ini sudah menghilangkan earjack 3.5 mm sehingga membuat kecewa para pengguna Android. Padahal konektivitas yang satu ini sangat digemari untuk mendengarkan audio di ruang publik dengan nyaman. Untung saja Samsung Galaxy M32 memilikinya sehingga kalian bisa mengandalkan fitur tersebut sepenuhnya untuk menonton film, bermain game, atau mendengarkan musik.

6. Bobot Ringan

Kelebihan lain yang akan kalian dapatkan dari smartphone ini adalah bobotnya yang ringan. Meskipun membawa baterai besar, Samsung Galaxy M32 hanya memiliki bobot secara keseluruhan sebesar 180 gram saja. Memang perangkat ini bukan termasuk smartphone dengan desain ultra-thin, namun bobotnya yang ringan disenangi karena mudah digunakan dengan satu tangan.

Kekurangan Samsung Galaxy M32

Jangan dulu terburu-buru memilih Samsung Galaxy M32 sebagai daily driver kalian. Pasalnya, ada beberapa kekurangan dari perangkat ini yang harus diketahui.

1. Performa Kalah Saing

Kekurangan pertama dari Samsung Galaxy M32 ada di sektor dapur pacu. Galaxy M32 dibekali dengan SoC MediaTek Helio G80 octa-core, RAM hingga 6GB, dan penyimpanan 128GB. Kapasitas penyimpanannya memang termasuk unggul namun banyak dari kalian mungkin tidak menyadari bahwa Samsung telah memasang chipset serupa di Galaxy A32. Atau kalian juga bisa menemukan chipset ini di vendor lain yang lebih murah.

Karena penyimpanan eMMC, tentu kecepatan baca dan tulis Galaxy M32 lebih lambat daripada perangkat yang lain. Tidak seperti pesaingnya, perangkat ini tidak mendukung UFS 2.1 yang secara signifikan lebih cepat. Inilah sebabnya mengapa kalian akan menemukan fakta bahwa ketika menginstal dan membuka aplikasi di Galaxy M32 akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

2. Kemampuan Rekaman Video Hanya 1080p

Dari segi videografi, Samsung Galaxy M32 hanya mendukung video 1080p pada 30fps dan tidak mendukung resolusi 1080p pada 60fps atau 4K. Akibatnya, video yang direkam menggunakan kamera Galaxy M32 akan tampak goyah karena kurangnya stabilisasi video. Untuk mengimbanginya, kalian bisa menggunakan rekaman ultra-wide dalam 1080p pada 30fps yang akan menghasilkan video jauh lebih stabil. Namun jika ditilik berdasarkan rentang harganya, Samsung Galaxy M32 masih kalah saing dibanding para kompetitornya yang sudah menawarkan kualitas rekaman 4K.v

3. Hanya Mempunyai Speaker Mono

Kekurangan terakhir Samsung Galaxy M32 ada pada sektor audionya. Memang benar bahwa perangkat ini dilengkapi jack audio 3.5mm untuk output yang lebih asyik dan nyaman. Namun sebagai gantinya, kalian harus rela mendapatkan speaker mono yang berarti tidak ‘wah’ sama sekali ketika digunakan untuk menonton film atau bermain game tanpa earjack.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M32 yang wajib kalian ketahui. Secara keseluruhan, perangkat ini cukup affordable untuk dimiliki karena bisa diandalkan mengingat daya tahan baterai dan fitur-fitur unggulan yang membantu aktivitas sehari-hari.