Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G

Setelah sukses dengan Galaxy S20 FE sebagai perangkat paling terjangkau di jajaran Galaxy S20, Samsung memperkenalkan Galaxy S21 FE 5G ke Indonesia sebelum dihadirkannya Galaxy S22. Perangkat ini ditempatkan di segmen kelas menengah atas dan ditujukan untuk menawarkan perangkat premium dengan fitur unggulan namun harga yang relatif terjangkau.

Samsung Galaxy S21 FE 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Jd.id Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G
  • Rilis Januari 2022
  • Layar 6.4 inci Dynamic AMOLED 2X 120Hz HDR10+
  • Chipset Exynos 2100 (5 nm)
  • GPU Mali-G78 MP14
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB, 8/256 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 8 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Ion 4500 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 9.000.000 - 10.000.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy S21 FE 5G dan Harganya

Seperti pendahulunya, Galaxy S21 FE ditawarkan dalam beberapa warna eye-catchy untuk menarik generasi muda. Kalian bisa memboyong perangkat ini pulang dengan merogoh kocek mulai dai 8 jutaan saja kok. Namun sebelumnya ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE 5G

Meskipun Samsung baru saja meluncurkan deretan S22 yang lebih mumpuni, namun kehadiran Galaxy S21 FE 5G melengkapi seri sebelumnya yang masih menarik minat pengguna setia. Selain desain baru dan body rampingnya, mari menilik apa saja kelebihan dari Samsung Galaxy S21 FE 5G.

Desain Simple dengan Warna Menawan

Samsung Galaxy S21 FE 5G mengadopsi desain yang sama dengan saudaranya dengan Contour Cut pada punggungnya. Meskipun spesifikasi body-nya menggunakan kerangka plastik, namun perangkat ini tidak terasa murahan karena membuat finishing matte yang disukai oleh mayoritas pengguna smartphone Android.

Samsung Galaxy S21 FE 5G juga memiliki frame aluminium di sekelilingnya sehingga tetap membawa sisi premium seri ini. Meskipun begitu ponsel yang satu ini hanya berbobot sekitar 177 gram saja lho.

Untuk pilihan warnanya, bisa dikatakan bahwa Samsung berhasil mengikuti mode trend terkini yang menghadirkan pilihan warna pastel. Kalian bisa memilih salah satu di antara varian White, Lavender, Graphite, dan Olive.

Layar Dynamic AMOLED dengan High Refresh Rate

Layar Dynamic AMOLED pada Galaxy S21 FE 5G lebih besar daripada S21 Standar. Ya, dengan ukuran 6.4 inci tentu saja kalian bisa menikmati berbagai visualisasi di atas layar dengan nyaman. Apalagi Samsung tidak lupa membekalinya refresh rate tinggi 120Hz sehingga akan lebih smooth untuk aktivitas digital.

Dengan resolusi 2400 x 1800 piksel dan ukuran 6.4 inci, maka layarnya hanya sedikit lebih kecil dari generasi sebelumnya tetapi mempertahankan rasio aspek 20:9 yang sama. Layar Galaxy S21 FE 5G telah mendukung HDR10+ dan memiliki perlindungan Corning Gorilla Glass Victus sehingga menjamin ketahanan yang bisa diandalkan sebagai daily driver.

Hadirnya layar Dynamic AMOLED pada Galaxy S21 FE 5G membuat perangkat ini mengemas sensor sidik jari dalam layar. Meskipun bukan sensor ultrasonic seperti halnya flagship Samsung yang lebih mahal, namun sensor optiknya diklaim akan sangat responsif untuk melindungi smartphone kalian.

Sensor Kamera Tajam

Galaxy S21 FE 5G dilengkapi dengan tiga lensa kamera di bagian punggunya yang bisa membantu kalian memotret setiap momen dengan hasil yang tajam. Resolusinya memang tidak banyak berubah pada Galaxy S21 FE jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, setidaknya dari segi hardware.

Ponsel baru ini memiliki kamera utama 12MP, ditambah dengan lensa ultrawide 12MP dan lensa telefoto 8MP. Sementara lensa selfie yang tersemat di notch depan layar memiliki resolusi 32MP yang diimbangi bersama sudut andang 81 derajat.

Ponsel ini mengunggulkan dukungan optical image stabilization serta 3x optical zoom dan 30x hybrid zoom yang langsung menjadi kombinasi andalan di setiap seri Galaxy S. Jangan lupa bahwa Galaxy S21 FE 5G membawa keunggulan video recording yang mencapai resolusi 4K pada 30 atau 60 frame per detik.

Dukungan Software Terdepan

Samsung Galaxy S21 FE 5G dikirimkan dengan Samsung One UI 4.0 yang didasarkan pada Google Android 12. Samsung menawarkan 4 pembaruan OS Android dan 5 tahun pembaruan keamanan untuk ponsel teratas mereka termasuk yang satu ini.

Hal tersebut menjadi keunggulan yang patut dipertimbangkan mengingat saudaranya yang lebih dahulu diluncurkan masih didasarkan pada Android 11. Meskipun dianggap ‘terlambat’ hadir, setidaknya Galaxy S21 FE 5G menawarkan dukungan software terdepan di kelasnya.

Performa Bersaing

Samsung Galaxy S21 FE 5G dihadirkan dengan prosesor Exyonos milik Samsung untuk pasar Indonesia. Seperti halnya seri Galaxy S21, ia hadir ditenagai oleh Exynos 2100 64-bit dengan prosesor Octa-core. Sebagai informasi, untuk pasar Eropa Galaxy S21 FE 5G memiliki dapur pacu yang dibantu oleh Snapdragon 888.

Jika kalian adalah penggemar Qualcomm, tidak perlu risau dengan performa Exynos 2100. Chipset ini memiliki satu inti Arm Cortex-X1 dengan clock 2.9GHz, tiga inti CPU Cortex-A78 pada 2.8GHz, dan empat inti Cortex-A55 yang berjalan pada 2.2GHz. Pada dasarnya ini merupakan pengaturan yang sama dengan kompetitornya SoC Snapdragon 888 sehingga percayakan saja kinerja perangkat ini sehari-hari.

Chipset pada perangkat ini terintegrasi dengan kemampuan cepat modem 5G yang memiliki kemampuan sub-6GHz sehingga tak ayal efisiensinya sangat bersaing untuk segmennya. Kalian bisa memilih kombinasi pas dari kapasitas penyimpanan sesuai budget yang dimiliki dengan variasi 8/128 GB atau 8/256 GB. Masih ragu dengan jaminan performa Galaxy S21 FE 5G?

Baterai Tahan Lama

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE 5G yang sekali lagi sulit untuk diabaikan adalah baterai yang tahan lama. Dengan kekuatan daya 4.500mAh, maka tak ada lagi kekhawatiran mengenai ponsel yang haus daya dan selalu ingin dicharger berulang kali dalam satu hari.

Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G

Jangan lekas terlena dengan kelebihan yang ditawarkan oleh Galaxy S21 FE 5G. Pertimbangkan beberapa kekurangan Galaxy S21 FE 5G berikut ini.

Hanya Didukung Fast Charge 25W

Untuk smartphone dengan harga di atas 5 juta, dukungan fast charge 25W tentu dinilai kurang bersaing. Padahal telah banyak pesaingnya di segmen menengah menawarkan kecepatan charge hingga 65W lho. Meski Samsung Galaxy S21 FE 5G telah memiliki teknologi fast wireless charging 15W, namun tidak semua pengguna megenal teknologi tersebut. Apakah menurut kalian hal ini masih menjadikan Galaxy S21 FE 5G worth it to buy?

Tidak Memiliki Jack Audio

Siapa nih penggemar berat port jack audio 3.5mm pad smartphone? Penting untuk dicatat bahwa Samsung Galaxy S21 FE 5G tidak memilikinya sehingga kalian harus rela menggunakan earbud. Memang benar bahwa beberapa perangkat Android segmen menengah masih menyediakan jack audio, namun Samsung tampaknya menghapus fitur favorit mayoritas pengguna tersebut pada beberapa rilis produk menengah dan flagship terbarunya. Jika masih ingin mendengarkan audio melalui kabel headphone, jangan lupa untuk membeli konektor ya.

Itu dia sederet kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 FE 5G yang wajib dicatat sebelum memilihnya sebagai smartphone terbaru kalian. Perangkat yang satu ini memang tangguh karena memiliki perpaduan antara style desain kekinian dengan spesifikasi teknis yang mumpuni. Meski ada beberapa kekurangan yang mewarnai, namun hal tersebut bisa ditoleransi.