Review Kelebihan dan Kekurangan Vivo V23e

Sebagai ponsel Vivo kelas menengah, bisa dibilang Vivo V23e dapat diandalkan dalam penggunaan sehari-hari. Terutama berkat kinerjanya yang mulus, masa pakai baterai yang lama, dan dukungan multi-kamera, Vivo V23e sukses menggaet perhatian pengguna Android. Di Indonesia perangkat ini dibanderol dengan harga 3 jutaan saja lho. Bahkan harganya bisa semakin murah jika kalian membelinya via e-commerce dengan skema diskon.

Vivo V23e
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Vivo V23e
  • Rilis November 2021
  • Layar 6.44 inci AMOLED
  • Chipset Mediatek Helio G96 (12 nm)
  • GPU Mali-G57 MC2
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/128 GB
  • Kamera Belakang 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan 50 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 4050 mAh, Fast Charging 44W
  • Harga Rp 4.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Vivo V23e dan Harganya

Sama seperti saudaranya di seri V, Vivo V23e turut membanggakan sektor kamera mumpuni. Sebelum sistem Zeiss pada X-series ditawarkan oleh Vivo, bagi pengguna Android dengan budget ramah di kantong tentu saja Vivo V23e tak kalah worth it. Sebelum membelinya mari telusuri apa saja kelebihan dan kekurangannya agar tidak menyesal.

Kelebihan Vivo V23e

Vivo V23e ditawarkan untuk kamu yang sedang mencari smartphone tangguh dengan harga terjangkau. Mulai dari tampilan hingga kinerjanya, berikut ini kelebihan Vivo V23e yang wajib kamu ketahui.

1. Sensor Kamera Mumpuni

Kelebihan yang ditonjolkan oleh perangkat ini sejak pertama kali diluncurkan adalah sensor kamera. Mengusung tag line Inspire Every Portrait, Vivo V23e memiliki kamera selfie yang tajam hingga 50MP AF Night Portrait. Sensornya menawarkan Super Night Selfie yang membuat selfie malam hari lebih cerah dan jernih dibandingkan menggunakan Auto Mode.

Dengan fitur eye-autofocus, V23e dapat melacak mata dan menggunakannya untuk memfokuskan subjek. Fitur tersebut tidak dipungkiri sangat membantu dalam menghasilkan selfie yang bagus dengan ketajaman dan rentang dinamis yang baik.

Sementara untuk kamera belakangnya Vivo V23e menawarkan 3 sistem yang terdiri dari kamera utama 64MP yang dibekali beragam fitur. Ia didampingi dengan kamera super-wide 8MP dan kamera super makro 2MP.

Kamera super wide-angle akan memudahkan untuk menghasilkan foto dengan area luas yang sulit dijangkau oleh kamera utama. Sedangkan kamera super makro bisa digunakan untuk memotret objek dari dekat dengan detail yang masih terlihat. Kombinasi yang mumpuni tersebut dijamin akan membantu menghasilkan foto yang layak posting di sosial media.

2. Layar AMOLED Full HD+

Vivo V23e mengusung layar AMOLED besar berukuran 6.44 inci. Karena ini adalah layar AMOLED, kalian akan mendapatkan fitur Always on display, pemindai sidik jari di bawah layar, dan area yang lebih terang dan lebih gelap dibandingkan dengan LCD standar.

Panel AMOLED Vivo V23e mendukung Widevine L1 yang memungkinkan pemutaran Full HD di Netflix sehingga bisa diandalkan sebagai daily driver. Trend pasar saat ini memang membuat para produsen semakin rajin menghadirkan smartphone berpanel AMOLED agar bisa bersaing di segmen yang semakin ramai. Apakah kalian termasuk penggemar AMOLED?

3. Performa Bersaing di Kelasnya

Keunggulan lain yang akan didapatkan dari perangkat ini ada di sektor dapur pacu. Vivo V23e memiliki performa multitasking yang diklaim lancar berkat dukungan chipset MediaTek Helio G96 (12nm). Ya, Pada versi terbaru ini, Vivo mengganti Snapdragon 720G dengan Helio G96 yang agak mirip atau bisa dibilang sedikit lebih baik dari Helio G95 secara performa.

Chipset tersebut menawarkan 2 inti utama dengan clock 2,05 GHz sedangkan sisanya 6 core tetap pada 2.0GHz. Sedangkan untuk grafis, ponsel ini mendapat bantuan dari Mali-G57 MC2. Selain itu, Vivo V23e menawarkan dukungan Extended RAM yang dapat membuat sistem ‘peminjam’ kapasitas bebas dari penyimpanan internal menjadi Virtual RAM.

Artinya dari Vivo V23e kalian akan memperoleh kapasitas RAM 8GB dan tambahan RAM Extended 4GB yang secara otomatis aktif. Nantinya RAM virtual tersebut akan digunakan oleh sistem smartphone apabila RAM standar sudah habis. Sangat menarik bukan?

Sementara untuk kapasitas penyimpanan internal Vivo V23e memiliki ruang hingga 128GB sehingga cukup membantu agar bisa menjalankan multi-tasking tanpa lag yang mengganggu. Jika masih menginginkan ruang penyimpanan lebih, ada juga kok slot microSDXC untuk penambahan ruang eksternal hingga 512GB.

4. Baterai Besar dengan FlashCharge 44W

Salah satu komponen penting yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone adalah kapasitas daya baterai. Jangan khawatir soal ketahanan daya karena Vivo V23e dibekali baterai 4.050 mAh dan FlashCharge tinggi, yakni 44W. Keduanya bisa diandalkan untuk menemani aktivitas kalian seharian dan mengisi ulang daya tanpa memakan waktu yang lama.

5. Desain Trendi dan Slim

Percaya atau tidak, desain dan bobot smartphone juga berpengaruh dalam menarik minat pembeli lho. Vivo sangat memahami hal tersebut sehingga selalu menghadirkan smartphone baru yang eye-catching dan slim.

Dihadirkan dalam dua varian warna yakni Moonlight Shadow dan Sunshine Coast, Vivo V23e hanya mengemas berat 172 gram dan ketebalan maksimal 7.41mm saja. Cover belakang Vivo V23e menggunakan Dual-Layer Coating Technique dan Satin AG Glass sehingga ada jaminan bahwa perangkat ini akan terasa halus saat digenggam dan tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Kekurangan Vivo V23e

Deretan kelebihannya di atas memang membuat siapa pun tergoda dan merasa bahwa Vivo V23e sangat sulit diabaikan. Namun mari kita bahas beberapa aspek yang menjadi kekurangannya berikut ini.

1. Refresh Rate Standar 60Hz

Jangan dulu senang dengan panel AMOLED yang membalut Vivo V23e. Usut punya usut, Vivo belum menyertakan high refresh rate sehingga kalian akan memperoleh refresh rate 60Hz saja dari perangkat ini. Hal ini tentu menjadi aspek kekurangan mengingat para rivalnya minimal membawa kecepatan refresh 90 Hz.

Untuk aktivitas di atas layar sehari-hari, kecepatan refresh sangat berpengaruh. Apalagi jika kalian adalah gamer mobile dan aktif scrolling sosial media maka refresh rate dan kecepatan sampel sentuh yang rendah akan membuat pergerakan kurang smooth di layar. Namun jika hal tersebut bukanlah masalah, maka ketiadaan high refresh rate tentu bukan masalah yang besar.

2. Tidak Ada Jack Audio 3.5mm

Tampaknya Vivo juga telah mengikuti trend untuk menghilangkan port jack audio 3.5mm pada perangkat ini. Padahal mayoritas pengguna smartphone Android sangat menyukai konektivitas tersebut karena sangat praktis. Jika ingin tetap memilih Vivo V23e sebagai smartphone sehari-hari, maka kalian harus menyiapkan adaptor atau earbud untuk bisa mendengarkan musik atau suara di tempat umum.

3. Tidak Memiliki Speaker Stereo

Masih bersinggungan dengan audio, Vivo V23e tidak dibekali dengan speaker stereo sehingga kalian harus puas dengan layanan Hi-Res yang disediakan. Bagi sebagian orang, speaker stereo termasuk pertimbangan penting karena suara yang dihasilkan akan berimbas kepada pengalaman audio yang lebih baik. Apakah kalian tidak masalah dengan kekurangan yang satu ini?

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo V23e. Sesuai tagline yang dibawanya, ponsel cantik ini menyasar pengguna yang fokus pada sektor fotografi. Jika kalian suka menghasilkan konten atau mengabadikan momen, maka Vivo V23e sangat worth it to buy. Namun sebaliknya, perangkat dengan harga 3 jutaan ini tidak cocok untuk kalian para player yang mencari smartphone untuk bermain game.