Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03

Samsung menyambut tahun 2022 dengan meluncurkan Samsung Galaxy A03 yang menempati segmen entry-level. Membawa feel lebih unggul, ponsel ini langsung mendapat perhatian pengguna setia Android di Indonesia. Apalagi harga banderolnya yang hanya 1 jutaan saja membuat banyak orang yang penasaran mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03.

Samsung Galaxy A03
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A03
  • Rilis Januari 2022
  • Layar 6.5 inci PLS TFT
  • Chipset Octa-core (2x1.6 GHz & 6x1.6 GHz)
  • GPU -
  • Eksternal Tersedia, microSDXC
  • Internal 3/32 GB, 4/32 GB
  • Kamera Belakang 48 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
Selengkapnya : Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A03
Untuk mengenal Samsung Galaxy A03 lebih jauh, mari membahas kelebihan dan kekurangannya secara lengkap dalam tulisan ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A03

Jangan remehkan kemampuan Samsung Galaxy A03 dalam menjalankan tugas harian. Pasalnya, ponsel ini memiliki deretan kelebihan berikut.

Layar Lebar

Kelebihan pertama yang wajib kalian jajal dari Samsung Galaxy A03 adalah layar berentang luas dengan ukuran 6.5 inci. Memang resolusi yang ditawarkannya masih sebatas HD Plus saja (720 x 1600 piksel) namun panel PLS TFT yang tersemat di bagian depan ini cocok digunakan untuk menonton berbagai film favorit kalian.

Selain resolusi standar tersebut, Samsung Galaxy A03 membawa rasio aspek 20:9 dengan kerapatan piksel layar hingga 270 ppi. Meski bukan yang terbaik di kelasnya, spesifikasi display ini tergolong baik dan affordable.

Setup Kamera Oke

Konfigurasi kamera Samsung Galaxy A03 juga tak kalah menarik dibanding para rivalnya dengan sensor utama beresolusi 48 MP yang didampingi oleh sensor depth 2 MP. Samsung mengklaim resolusi rekaman video perangkat ini hingga Full HD (1080 piksel) pada 30 frame per detiknya baik di bagian depan maupun belakang.

Samsung tampaknya juga tak ingin melewatkan kesempatan untuk menggaet perhatian penggemar fotografi dengan menghadirkan digital zoom hingga 10x. Hadirnya fitur tersebut akan sangat membantu ketika ingin memotret dari jarak yang jauh.

Baterai Awet dan Tahan Lama

Baterai Samsung Galaxy A03 adalah salah satu komponen kelebihan yang banyak dicari oleh pengguna Android. Kalian akan memperoleh daya baterai 5.000 mAh yang siap menemani aktivitas seharian penuh dengan penggunaan regular. Apalagi mengingat resolusi layar yang hanya HD Plus saja, maka tak heran Samsung Galaxy A03 mampu bertahan lama.

Chipset Bertenaga

Samsung memilih untuk tidak menyematkan MediaTek pada ponsel terjangkaunya yang satu ini. Dapur pacu Samsung Galaxy A03 diisi oleh chipset Unisoc Tiger T606. SoC ini membawa prosesor Octa-core dengan kecepoatan maksimum hingga 1,6 GHz melalui proses fabrikasi 12 nanometer. Pengolahan grafisnya ditangani oleh GPU Mali G57 MP1 sehingga dapat menampilkan visualisasi yang tidak kalah smooth.

Kapasitas Penyimpanan Lapang

Performa lancar dari Samsung Galaxy A03 tentu saja tidak terlepas dari hadirnya kapasitas penyimpanan lapang yang dimilikinya. Samsung menyediakan dua varian yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan, yakni kombinasi antara RAM 3/4 GB yang dipasangkan bersama memori internal sebesar 32/64 GB. Seperti smartphone entry-level lain, Samsung Galaxy A03 juga masih menyediakan triple slot yang memudahkan penggunaan untuk dual SIM dan ekspansi microSD berkapasitas maksimum 1 TB.

Kekurangan Samsung Galaxy A03

Ada beberapa hal yang membuat Samsung Galaxy A03 harus dipertimbangkan kembali sebelum benar-benar fix dipilih sebagai smartphone baru kalian tahun ini. Pasalnya, Samsung Galaxy A03 memiliki kekurangan sebagai berikut.

Sensor Kurang Lengkap

Sebagai ponsel kelas entry, tak heran Samsung Galaxy A03 menawarkan spesifikasi yang agak ‘tanggung’. Dari segi kelengkapan sensor misalnya, perangkat ini masih kalah saing dari para rivalnya. Kalian hanya akan menemukan sensor cahaya, akselerometer, dan proxi saja. Artinya, Samsung tidak menyertakan sensor biometri berupa sidik jari pada Galaxy A03. Untuk keamanan perangkat, Samsung Galaxy A03 mengandalkan sandi, pola, atau bisa pula face unlock.

Kamera Depan 5 MP

Samsung Galaxy A03 juga cukup membuat kecewa dalam hal kamera selfienya. Meskipun kamera utama beresolusi besar, ternyata Samsung hanya menyematkan kamera depan beresolusi 5 MP. Padahal, ponsel entry-level biasanya menawarkan sensor kamera depan 8 MP untuk hasil jepretan yang standar dan lebih solid.

Menggunakan microUSB

Jangan senang dulu karena kehadiran baterai berkapasitas besar pada Samsung Galaxy A03. Pasalnya, ponsel yang satu ini tidak didukung oleh teknologi pengisi daya cepat atau pun port USB Type-C. Ya, kalian hanya akan mendapatkan pengisi daya microUSB dengan daya maksimum 10W saja yang tentu masih terhitung kalah saing. Dengan harga yang sama, banyak tersedia pilihan smartphone masa kini yang sudah memiliki dukungan fast charge minimal 18W.

Bodi Relatif Tebal

Samsung tidak mengikuti trend slim and thin pada ponsel yang satu ini. Samsung Galaxy A03 terlihat agak bongsor dengan berat 196 gram dan ketebalan mencapai angka 9.1 mm.Untuk sebagian pengguna, dimensi ini akan terasa kurang nyaman.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A03. Dengan mempertimbangkan deretan kelebihan serta kekurangan di atas, apakah sudah yakin memilih ponsel yang satu ini?