Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Persaingan smartphone menengah ke atas semakin panas dengan kehadiran Galaxy A73 5G dari Samsung. Di Indonesia, perangkat smartphone dengan harga banderol 7 jutaan ini membuat banyak pengguna setia Android penasaran atas keunggulan yang dibawanya.

Samsung Galaxy A73 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.7 inci Super AMOLED Plus 120Hz
  • Chipset Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • GPU Adreno 642L
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 8/256 GB
  • Kamera Belakang 108 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan 32 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 7.800.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G dan Harganya
Agar tidak salah pilih, mari simak deretan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A73 5G selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A73 5G

Samsung Galaxy A73 5G didapuk sebagai ponsel 5G paling mahal dalam keluuarga A Series sehingga banyak yang menantikan keistimewaannya. Berikut ini beberapa kelebihan yang akan kalian dapatkan jika memilih Galaxy A73 5G sebagai daily driver.

Desain Ramping

Sudah menjadi rahasia umum bahwa smartphone masa kini mempunyai dimensi yang semakin bongsor. Namun berbeda halnya dengan Galaxy A73 5G karena Samsung mengusung desain ramping yang sangat solid untuk digenggam. Ponsel yang satu ini membawa dimensi 163.7 x 76.1 x 7.6 mm dengan bobot hanya 181 gram saja.

Build quality Samsung Galaxy A73 5G memang terjamin karena mengantongi sertifikasi IP67 untuk ketahanan air dan debu. Seperti halnya smartphone menengah ke atas milik Samsung yang lain, Galaxy A73 5G pun menawarkan varian warna Awesome yang eye-catching. Kalian bisa memilih salah satu di antara Awesome Grey, Awesome White, dan Awesome Mint.

Layar Super AMOLED 120 Hz

Meskipun bobotnya ringan dan ramping, Samsung Galaxy A73 5G tetap mengadopsi tren terkini dengan ukuran layar besar yang memiliki rentang 6.7 inci. Display besar ini menggunakan panel Super AMOLED beresolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dengan tipe layar Infinity-O khas Samsung. Tak lupa, ada motion smoothness alias kecepatan refresh tinggi hingga 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz pada layarnya sehingga navigasi yang akan kalian dapatkan senantiasa mulus.

Layar kaya warna ini memiliki dukung sensor fingerpint in-display serta membawa kerapatan piksel tinggi dengan angka mencapai 393 ppi. Artinya, tidak perlu ragu mengenai kualitas visual yang ditampilkan. Samsung juga telah menyematkan proteksi berupa Corning Gorilla Glass 5 agar kalian bisa menggunakannya tanpa rasa was-was terhadap goresan atau retakan.

Performa Kuat

Pada sektor dapur pacu Samsung Galaxy A73 5G diotaki oleh Snapdragon 778G 5G besutan Qualcomm. Kalian tentu tidak asing lagi dengan chipset yang satu ini karena dikenal andal dalam menangani berbagai tugas harian yang berat mulai dari game hingga multitasking. Ia memiliki CPU Octa-core dengan kecepatan maksimum 2.4 GHz melalui proses fabrikasi 6 nanometer. Adapun komponen pengolah grafisnya ditangani oleh GPU Adreno 642L dengan frekuensi 490 MHz.

Samsung Galaxy A73 5G memang punya klaim kinerja yang mantap. Hal tersebut juga tidak lepas dari hadirnya kapasitas penyimpanan lapang RAM 6/8GB yang dipasangkan bersama memori internal 128/256GB. Menariknya lagi, Samsung masih menyediakan slot microSD yang memiliki daya tampung hingga 1 TB pada perangkat ini.

Kamera Unggul di Kelasnya

Dibanderol di atas 6 jutaan, tentu saja Samsung Galaxy A73 5G menawarkan konfigurasi kamera unggul yang didukung oleh OIS. Ya, kalian dapat menikmati setup kamera beresolusi besar yang dipimpin oleh kamera utama 108 MP dengan teknologi pixel binning 9-in-1. Ia didampingi oleh kamera sekunder ultrawide 12MP dan dua buah sensor 5MP sebagai depth sensor dan kamera makro. Pada bagian depan, tersemat pula kamera selfie 32MP yang dipenuhi berbagai fitur mendukung.

Samsung mengklaim bahwa baik kamera depan maupun kamera belakang ponsel ini dapat digunakan untuk merekam video mencapai resolusi 4K pada 30 fps.

Baterai Besar

Samsung Galaxy A73 5G mengemas baterai berkapasitas 5.000 mAh yang tentunya dapat diandalkan seharian penuh. Dengan bodinya yang ramping dan ringan, kapasitas jumbo ini tergolong sebuah keunggulan yang sayang untuk dilewatkan.

Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

Sebagai mid-ranger, agak sulit bagi Samsung Galaxy A73 5G untuk mengungguli para pesaingnya. Beberapa kekurangan berikut ini akan menjawab rasa penasaran kalian.

Fast Charge Hanya 25W

Sangat disayangkan jika Android yang menyentuh angka 7 jutaan hanya dibekali dukungan fast charge 25W saja. Padahal para kompetitornya sudah menawarkan teknologi pengisi super kebut hingga 120W dengan harga yang sama lho. Apalagi Samsung Galaxy A73 5G juga tidak menyertakan kepala charger dalam paket penjualannya yang semakin membuat calon pembeli piker-pikir kembali.

Jack Audio 3.5mm Absen

Bagi sebagian pengguna, jack audio 3.5mm sangat nyaman digunakan karena tidak perlu membeli secara terpisah earbud. Namun jika kalian tidak masalah mengenai absennya port audio yang satu ini, tentu Samsung Galaxy A73 5G tetap worth it to buy.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A73 5G yang wajib kalian catat. Apakah sudah yakin memilihnya sebagai ponsel baru tahun ini?