Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G tak kalah menawan dari suksesornya, Galaxy M32. Dibanderol dengan harga 3 jutaan saja, perangkat ini resmi dirilis pada April lalu.

Samsung Galaxy M33 5G
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G
  • Rilis April 2022
  • Layar 6.6 inci TFT LCD 120Hz
  • Chipset Exynos 1280 (5 nm)
  • GPU Mali-G68
  • Eksternal Tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 8/128 GB
  • Kamera Belakang 50 MP (wide), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan 8 MP (wide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast charging 25W
  • Harga Rp 4.000.000 - 4.200.000
Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G dan Harganya
Secara khusus, Galaxy M33 5G membawa keunggulan khas seri M milik Samsung dengan beberapa peningkatan yang signifikan. Mari mengenal lebih jauh kelebihan dan kekurangannya agar kalian tidak salah pilih sebelum meminang Galaxy M33 5G.

Kelebihan Samsung Galaxy M33 5G

Bicara tentang kelebihan, Galaxy M33 5G menawarkan beberapa keunggulan menarik berikut ini.

Performa Unggul

Galaxy M33 5G diotaki oleh chipset besutan Samsung, Exynos 1280. SoC 5G powerful yang satu ini menjadi salah satu jagoan mid-range milik Samsung dengan membawa clock speed hingga 2.4 GHz dan didukung pula oleh pengolah grafis GPU Mali-G68. Komponennya berjalan pada proses manufaktur 5 nanometer sehingga sangat bisa diandalkan untuk efisiensi kinerja.

Samsung menyediakan dua varian konfigurasi penyimpanan untuk menyokong performa Galaxy M33 5G dengan pilihan RAM 6/8 GB yang sama-sama dipasangkan dengan memori internal 128 GB. Khawatir akan menemui patah-patah atau lag? Tenang, Galaxy M33 5G sudah dibekali dukungan RAM virtual hingga 16 GB lho. Masih kurang? Kalian bisa memanfaatkan slot microSD untuk ekspansi penyimpanan eksternal maksimal 1 TB. Menarik bukan?

Baterai Awet dan Tahan Lama

Samsung M Series dikenal dengan ketahanan baterainya meskipun ramah di kantong. Galaxy M33 5G pun tidak terlepas dari kelebihan yang satu ini karena ia mengemas baterai 5.000 mAh. Dengan kapasitas jumbo ini, tentu Galaxy M33 5G siap menemani semua aktivitas harian kalian. Apalagi Samsung turut menyertakan dukungan teknologi pengisi daya cepat hingga 25W pada perangkat ini sehingga kalian dapat mengisi ulang tanpa menunggu lama.

Quad Kamera

Daya tarik selanjutnya ada pada sektor kamera. Di bagian punggungnya, Galaxy M33 5G mengusung empat buah lensa kamera atau setup quad-kamera yang mencakup sensor utama 50 MP didampingi oleh kamera ultrawide 5 MP dan dua buah kamera 2 MP sebagai depth sensor dan kamera makro. Untuk kamera depannya, Galaxy M33 5G menyediakan sensor selfie dengan resolusi 8 MP yang tersemat pada notch Infinity-U display.

Samsung Galaxy M33 5G cocok untuk para pembuat konten karena memiliki kemampuan video recording hingga resolusi 4K pada 30 frame per detik. Selain itu, tersedia pula resolusi Full HD 1080 piksel pada 30 fps.

Layar 120 Hz

Galaxy M33 5G mengusung layar lebar dengan rentang ukuran 6.6 inci. Resolusinya tentu saja sudah Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) sehingga tampilan konten pada layar akan terasa menyenangkan. Samsung juga mengklaim bahwa display Galaxy M33 5G memiliki kepadatan piksel hingga 400 ppi yang menjadikan gambar sangat tajam.

Namun highlight utama layar Galaxy M33 5G sesungguhnya adalah pada refresh rate tinggi yang dibawanya, yakni mencapai angka 120 Hz. Hal ini akan sangat berguna untuk navigasi atau scrolling dengan mulus. Dengan rasio body ke layar sebesar 82.5%, layarnya sudah diberi proteksi berupa Corning Gorilla Glass 5 agar terjaman soal ketahanannya.

Konektivitas Lengkap

Keunggulan Galaxy M33 5G selanjutnya adalah tersedianya konektivitas lengkap termasuk masih membawa audio jack 3.5 mm dan dukungan Dolby Atmos. Samsung menyertakan dukungan fitur NFC, OTG, Bluetooth 5.1, dan Wi-Fi 5. Deretan sensornya pun siap membantu menemani aktivitas kalian mulai dari sensor sidik jari hingga giroskop yang sangat bermanfaat saat bermain game.

Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Ditilik secara keseluruhan, Galaxy M33 5G memang cocok untuk penggunaan jangka panjang. Namun kalian tidak boleh lupa untuk mempertimbangkan beberapa kekurangannya berikut ini.

Tanpa Power Adapter

Sangat disayangkan Galaxy M33 5G ikut dalam jajaran ponsel Samsung yang memiliki paket penjualan minimum tanpa charger. Artinya, kalian harus menyediakan dana tambahan untuk membeli kepala charger Samsung 25W secara terpisah.

Layar TFT

Apakah kalian yakin ingin merogoh kocek 3 juta lebih untuk smartphone dengan layar TFT? Bagi sebagian pengguna, jenis panel display mungkin tidak terlalu penting. Namun untuk kalian yang sangat mempertimbangkan kualitas visualisasi layar dari jenis layar, tentu saja panel TFT pada Galaxy M33 5G menjadi salah satu kekurangan yang harus dipertimbangkan kembali.

Speaker Mono

Samsung juga enggan membekali Galaxy M33 5G dengan output audio unggul di kelasnya. Pasalnya, perangkat ini hanya menawarkan pengalaman minim dari speaker mono saja untuk digunakan ketika ingin mendengarkan audio secara langsung. Padahal, dengan harga yang sama kalian memiliki banyak opsi smartphone lain dengan tawaran speaker stereo dan segudang keunggulan yang menggiurkan.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy M33 5G yang wajib kalian ketahui. Semoga informasi ini dapat membantu dalam menentukan daily driver paling tepat untuk kalian tahun ini.