Review Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 Plus

Berikut ulasan kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 Plus
Infinix Smart 6 Plus resmi memasuki pasar Indonesia pada Agustus lalu dan berada di tengah sengitnya persaingan ponsel entry-level. Namun Infinix tentu saja memiliki strategi sendiri dengan menghadirkan beberapa fitur unggulannya seperti layar lapang hingga kapasitas RAM yang masih bisa diperluas lagi.

HP Infinix
Dapatkan harga terbaik :
Shopee Tokopedia Lazada
Spesifikasi Infinix Smart 6 Plus
  • Rilis Agustus 2022
  • Layar 6.82 inci IPS LCD
  • Chipset MediaTek Helio G25 (12 nm)
  • GPU PowerVR GE8320
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 3/64 GB
  • Kamera Belakang 8 MP, 0.3 MP (depth)
  • Kamera Depan 5 MP
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Rp 1.400.000
Selengkapnya : Spesifikasi Infinix Smart 6 Plus dan Harganya
Sebelum kalian meminangnya jadi daily driver pilihan menggantikan smartphone lama, pertimbangkan kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 Plus berikut ini.

Kelebihan Infinix Smart 6 Plus

Sebagai smartphone entry-level, beberapa aspek unggulan Infinix Smart 6 Plus berhasil menarik perhatian pengguna Android terutama bagi yang menginginkan smartphone berdaya baterai awet. Untuk lebih mengenal perangkat ini, simak deretan kelebihannya berikut.

Layar Besar

Kelebihan pertama ini langsung bisa terlihat hanya dari preview produknya saja. Bagaimana karena Infinix menyematkan panel IPS berukuran 6.82 inci yang memiliki resolusi HD Plus (720 x 1600 piksel). Untuk ponsel berharga 1 jutaan, tentu saja kecerahan hingga 500 nits yang diklaim oleh Infinix Smart 6 Plus terasa memudahkan untuk penggunaan di luar ruangan. Cocok dengan sebutan “Sunligt Display” yang disematkan oleh Infinix pada perangkat ini.

Tak hanya itu saja, layar Infinix Smart 6 Plus juga mengusung rasio layar ke bodi yang cukup besar, yakni 91.1%. Berdesain waterdrop dan memiliki bezel tipis merupakan dua kombinasi yang pas untuk ponsel entry-level masa kini.

Dibekali Sensor Fingerprint

Siapa bilang smartphone murah tidak bisa memiliki sensor sidik jari? Infinix Smart 6 siap diandalkan dalam hal sistem biometri dengan turut menawarkan sensor fingerprint belakang dan face unlock. Kendati belum mengusung tipe side-fingerprint atau sidik jari samping, hal ini masih dinilai worth it mengingat harganya yang tidak membuat kantong jebol. Padahal, beberapa pesaingnya di segmen yang sama belum dibekali sensor ini.

Menggunakan Android 12 Go Edition

Infinix Smart 6 Plus mengusung sistem operasi Android 12 Go Edition yang membuatnya dapat berjalan dengan lebih luwes. Navigasi dari sistem operasi baru yang ringan ini dinilai lebih efisien karena menawarkan berbagai fitur baru. Menurut klaimnya, OS ini bekerja lebih smooth hingga 30% dibandingkan pendahulunya lho.

Baterai Awet dan Tahan Lama

Konsumsi daya yang digunakan oleh Infinix Smart 6 Plus tergolong tidak besar karena resolusi layarnya hanya HD Plus saja. Namun menariknya Infinix tetap menyertakan kapasitas daya besar berukuran 5.000 mAh dengan klaim bisa bertahan dalam mode stand by hingga 64 hari dan ketahanan 16 jam lamanya untuk bermain game. Ia juga dapat bertahan hingga 31 jam untuk panggilan telepon, 96 jam untuk mendengarkan music, dan 11 jam untuk tayangan YouTube.

Jika ingin memperpanjang durasi pakai perangkat ini, kamu dapat memanfaatkan Ultra Power Mode. Alhasil, meskipun daya baterai tinggal 5% saja kalian tetap bisa menggunakannya hingga 15 jam lamanya.

Kapasitas Penyimpanan Besar

Kelebihan Infinix Smart 6 Plus selanjutnya adalah kapasitas penyimpanan besar dengan ukuran RAM 3 GB yang dipasangkan bersama memori internal sebesar 64 GB. Hal yang membuat Infinix Smart 6 Plus lebih unggul dari pesaingnya adalah kemampuan untuk menambah ruang RAM hingga 6 GB karena perangkat ini memiliki dukungan RAM Extension atau RAM virtual.

Tidak cukup sampai di situ saja, Infinix Smart 6 Plus juga memiliki slot micro SD khusus yang dapat menampung hingga 512 GB.

Kekurangan Infinix Smart 6 Plus

Setelah membahas kelebihan Infinix Smart 6 Plus, jangan lupa untuk mempertimbangkan pula mengenai kekurangan yang dibawa oleh perangkat ini. Beberapa kekurangannya adalah sebagai berikut.

Kemampuan Kamera Minim

Infinix Smart 6 Plus adalah salah satu ponsel yang memiliki resolusi kamera rendah. Kemampuannya tergolong minim di kelas entry-level karena hanya dibekali kamera utama 8 MP beserta lensa AI dan sebuah sensor single selfie di bagian depan beresolusi 5 MP. Konfigurasi yang kurang menggiurkan ini tentu masih kalah saing dengan rivalnya di rentang harga yang sama namun telah membawa 3 kamera belakang.

Belum Mendukung Fast Charge

Meskipun kapasitas dayanya tergolong besar hingga 5.000 mAh, namun kalian harus sedikit bersabar saat mengisi ulang baterai. Pasalnya, Infinix belum menyertakan dukungan teknologi fast charging melainkan hanya adaptor charger 10W saja yang mampu mengisi ulang penuh dalam waktu kurang dari 4 jam. Apakah hal ini bukan masalah untuk kalian?

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 Plus yang tidak boleh dilewatkan. Secara keseluruhan, ponsel yang satu ini sangat layak untuk dipilih. Dengan harga berkisar 1.3 juta, ia mampu menjadi daily driver andalan bagi kalian yang memiliki aktivitas padat. Namun untuk pengguna yang mengharapkan keunggulan fotografi, tentu saja Infinix Smart 6 Plus bukan pilihan yang tepat.

Abu Noura. Menulis blog sejak 2010. Tech Enthusiast. Senang merekomendasikan produk gadget terbaik. LinkedIn